MENJEMBATANI INKLUSI DAN KEBERLANJUTAN: TINJAUAN SISTEMATIS PRAKTIK KEPEMIMPINAN INKLUSIF DALAM LINGKUNGAN PENDIDIKAN

Authors

  • Fifin Wildanah Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Teguh Triwiyanto Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Elya Indah Rahmawati Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Putri Ellen Gracia Risamasu Universitas Cenderawasih, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/kelola.v10i2.8193

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis hasil penelitian terkini tentang kepemimpinan inklusif dalam berbagai konteks pendidikan dan organisasi. Studi ini dilakukan melalui telaah terhadap lima belas artikel internasional yang diterbitkan antara tahun 2020 dan 2025. Analisis difokuskan pada dimensi kepemimpinan inklusif, faktor pendukung dan penghambat, dampaknya terhadap individu dan organisasi, serta peran nilai dan konteks sosial dalam membentuk praktik kepemimpinan inklusif. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan sintesis tematik berdasarkan temuan masing-masing artikel. Ditemukan lima kategori fokus utama, yaitu: 1) dimensi dan faktor pendukung kepemimpinan inklusif, 2) dampak inklusivitas terhadap individu dan organisasi, 3) pengaruh nilai, budaya, dan konteks sosial, 4) implikasi terhadap kualitas pendidikan dan inovasi, serta 5) tantangan dan arah pengembangan ke depan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepemimpinan inklusif terbukti dapat meningkatkan keterlibatan, inovasi, komitmen organisasi, dan kualitas pembelajaran. Namun, implementasinya masih dipengaruhi oleh konteks sosial, budaya patriarki, dan terbatasnya pelatihan kepemimpinan formal. Artikel ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan inklusif bukan sekadar gaya manajerial, tetapi juga merupakan filosofi moral yang berorientasi pada keadilan, partisipasi, dan penghormatan terhadap keberagaman.

Downloads

Published

2025-10-16

Citation Check