PERSEPSI GURU TERHADAP PROGRAM GURU PENGGERAK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE-KOTA PALOPO

Authors

  • Hanipa UIN Palopo, Indonesia
  • Sumardin Raupu UIN Palopo, Indonesia
  • Alimuddin UIN Palopo, Indonesia
  • Sarmila UIN Palopo, Indonesia
  • Nurfadilla UIN Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/kelola.v10i2.8195

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Persepsi terhadap Program Guru Penggerak di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk Mengetahui persepsi guru di SMA Negeri Se-Kota Palopo dalam aspek perencanaan; (2) Untuk mengetahui persepsi guru di SMA Negeri Se-Kota Palopo dalam aspek pelaksanaan; (3) Untuk mengetahui persepsi guru di SMA Negeri Se-Kota Palopo dalam aspek evaluasi Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMA Negeri Se-Kota Palopo yang berjumlah 306 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan rumus yamane dengan jumlah sampel 173 orang guru. Data diperoleh melalui instrumen penelitian berupa kuesioner. Hasil penelitian secara analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa: (1) Persepsi guru dalam aspek perencanaan yang meliputi analisa peluang dan tujuan berada pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 87%; (2) Persepsi guru dalam aspek pelaksanaan yang meliputi profesional, transparan, akuntabel, terbuka, kolabortif dan berkelanjutan berada pada kategori sangat baik dengan memperoleh persentase sebesar 86%; (3) Persepsi guru dalam aspek evaluasi yang meliputi konteks, input, proses dan produk berada pada kategori sangat baik dengan memperoleh persentase sebesar 85%.

Kata Kunci,: Persepsi Guru, Program Guru Penggerak

Downloads

Published

2025-10-16

Citation Check