Determinanst of A Customer’s Decision to Choose A Murabaha Contract at Indonesian Sharia Bank
DOI:
https://doi.org/10.24256/joins.v4i2.3384Keywords:
Internal Factors, External Factors, Customer's Decision to Use Murabahah contractAbstract
References
Al Mausu’ah Al Fiqhiyyah Al Kuwaytiyyah, Jilid XXXVI
Antonio, Muhammad Syafi’I. .Islamic Banking: Bank Syariah Dari Teori Ke Praktek, Cet.1. Jakarta: Gema Insani Press, 2001.
Asrori Muhammad. Psikologi dan Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima, 2009.
Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2011.
Ikatan Bankir Indonesia. Memahami Bisnis Bank Syariah Jakarta: PT Gramedia, 2014.
Karim, Adiwarman. Ekonomi Mikro Islam Edisi Tiga. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2008.
Lawrence, Pervin., dkk, Personality: Theory and Research terj. A. K. Anwar, Jakarta: Kencana, 2010
Mahmudah, Rifa’atul. Pengaruh Faktor Internal Dan Faktor Internal Terhadap Keputusan Pembelian Di Minimarket Lima-Lima Benowo. Surabaya: UNESA
Nugroho, Perilaku Konsumen, Jakarta: Prenada, 2003.
Rianto, Nur. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah, Bandung :Alfabeta, 2012.
Santosa, Purbayu Budi dan Ashari. Analisis Statistik dengan Microsoft Excel dan SPSS. Edisi I. Yogyakarta: ANDI, 2007.
Sekaran, Uma dan Bougie, Roger. Metode Penelitian Untuk Bisnis Pendekatan Pengembangan - Keahlian, Jakarta: Salemba Empat, 2017
Setiadi, Nugroho. Perilaku Konsumen, Jakarta: Prenada, 2003
Sihombing, Sabrina Oktaria dan Pongtuluruan, Feriadi. Pengidentifikasian Dimensi-Dimensi Budaya Indonesia: Pengembangan Skala dan Validasi. Banten: Universitas Pelita Harapan, 2013
Sinaga, Enny Keristiana., Matondang, Zulkifli., dan Sitompul, Harun. STATISTIKA: Teori dan Aplikasi Pendidikan, Medan: Yayasan Kita Menulis, 2019
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kulaitatif dan R&D,Cet.20.
Bandung: Alfabeta, 2014.
Sugiyono. Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta, 2013. Suharyat, Yayat. Hubungan Antara Sikap, Minat dan Perilaku Manusia,
Bekasi: UNISM
Suliyanto. Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS.
Yogyakarta: ANDI, 2009.
Susanto, Burhanuddin. Hukum Perbankan Syariah di Indonesia, UII Press, Yogyakarta, 2008.
Umar, Husein. Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003.
Undang-Undang RI No. 21 Tahun 2008 tentang perbankan syariah Wirdyanisngsih. Bank dan Asuransi Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana, 2005.
Agustin, Nike Diah. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Anggota Pada Pembiayaan Murabahah Di Btm Surya Madinah Tulungagung. Tulungagung: IAIN Tulungagung, 2018.
Amri, Khairul., Aini, Qurratul Intan., dan Julianty, Preferensi Nasabah Memilih Produk Pembiayaan Bank Aceh Syariah di Kota Banda Aceh, Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, Vol 9, No 1 Januari 2018
Andespa, Roni. “Strategi Pelayanan Bank Konvensional Dan Syariah: Prioritas Pelayanan Fisik Dan Empatiâ€, Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan, Volume 1, Nomor 2, 2016.
Anshori, Abdul Ghofur. “Sejarah Perkembangan Hukum Perbankan Syariah di Indonesia dan Implikasinya bagi Praktik Perbankan Nasionalâ€, Jurnal Ekonomi Islam Vol. II, No. 2, 2008.
Ghoni, Abdul. Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologi Terhadap Perilaku Konsumen, Jurnal Kajian Akuntansi dan Bisnis, Oktober 2012.
Hasnih, Gunawan, dan Hasmin. “Pengaruh Lima Dimensi Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Di Kelurahan Ompo Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppengâ€, Jurnal Mirai Management, Volume 1 Nomor 2, 2016.
Jannah, Miftahul. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Pembiayaan Murabahah pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2009.
Khoiriyah, Rif’atul. Analisis Preferensi Nasabah Dalam Menggunakan Pembiayaan Akad Mu rabahah Dan Musyarakah Di BPRS Madinah Lamongan, Surabaya: UIN Sunan Ampel, 2018
Laili,Rahmatul. Analisis Faktor-Faktor Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Pembiayaan Murabahah Di BPRS Central Syariah Utama Surakarta, Surakarta: IAIN Surakarta, 2016.
Latif, Jamal. Pengaruh Persepsi Dan Preferensi Terhadap Perilaku Pedagang Nasabah KSPPS Cahaya Mitra Sejahtera, Semarang: UIN Walisongo, 2017.
Liza, Ida. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Pembiayaan Musyarakah, Lampung: UIN Raden Intan, 2017.
Maisyarah, Nur Umi. Sistem Penerimaan Pegawai Berbasis Kompetisi,
Lampung: UIN Raden Intan Lampung, 2013.
Munawaroh. Analisis Perilaku Nasabah Dalam Pengambilan Keputusan Terhadap Produk Pembiayaan, Lampung: UIN Raden Intan Lampung, 2017
Nadira, Rofika dan Susianto, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Dalam Memilih Pembiayaan Murabahah Pada Pt. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Medan Aksara, Jurnal FEB No.1 Vol.1 2020
Nafisah, Jauharotun. Pengaruh Faktor Demografi Terhadap Pendapatan Tenaga Kerja Sektor Primer Di Indonesia, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2017
Nur, Ahlan. Perbankan Dalam Perspektif al-Qur’an dan Hadist, Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4 No. 2 2017
Permana, Rangga Arna. Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Metode Pemasaran Produk Penantang Pasar Ditinjau dari Perspekif Ekonomi Islam, Lampung: UIN Raden Intang Lampung, 2014
Prabowo, Bagya Agung. “Konsep Akad Murabahah Pada Perbankan Syariah (Analisa Kritis Terhadap Aplikasi Konsep Akad Murabahah Di Indonesia Dan Malaysia)â€, Jurnal Hukum No. 1 Vol. 16, 2009.
Rahman, Aulia Fuad dan Rochmanika, Ridha.Pengaruh Pembiayaan Jual Beli, Pembiayaan Bagi Hasil, dan Rasio Non Performing Financing terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia, Universitas Brawijaya
Wahyuni, Aeni. Pengaruh Budaya, Psikologis Dan Pribadi Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Pembiayaan Murabahah Pada Bmt Bina Ummat Mandiri Tambang, Riau: UIN Sultan Syarif Kasim, 2013.
Zainuddin, Zulkifli., dkk. “Analisis Faktor Pengambilan Keputusan Nasabah Memilih Produk Perbankan Syariahâ€, Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol. 13, No.1, 2016.
Downloads
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who wish to publish and disseminate their papers with the Journal Of Institution And Sharia Finance shall agree to the publishing rights set by Journal Of Institution And Sharia Finance Authors understand that they shall assign publication right to as part of the process upon acceptance for publication. Authors agreed that they will transfer certain copyrights to Journal Of Institution And Sharia Finance. Consecutively, authors still retain some rights to use and share their own published articles without written permission from Journal Of Institution And Sharia Finance.
Authors granted Journal Of Institution And Sharia Finance. these following rights; (1) the right to publish and provide the manuscripts in all forms and media for the purpose of publication and dissemination, (2) the authority to enforce the rights in the manuscript, for example in the case of plagiarism or in copyright infringement.
Journal Of Institution And Sharia Finance will follow COPE’s Code of Conduct and Best Practice Guidelines for Journal Editors to protect the research results and takes allegations of any infringements, plagiarisms, ethical issues, and frauds should those issues arise. The manuscript is attributed as authors' work, and are properly identified.