Determinanst of A Customer’s Decision to Choose A Murabaha Contract at Indonesian Sharia Bank

Authors

  • Puji Sri Kartika

DOI:

https://doi.org/10.24256/joins.v4i2.3384

Keywords:

Internal Factors, External Factors, Customer's Decision to Use Murabahah contract

Abstract

This study aims to analyze the determinants of customers in  choosing a murabahah contract at an Islamic bank.  This type of research is research quantitatively with a population of all BSI KCP Palopo Ratulangi customers.  Taking a sample of 80 respondents using Roscoe's theory and using purposive sampling.  The method used to test the hypothesis is the classical assumption test,hypothesis testing, multiple regression testing, and test of the coefficient of determination.  The analytical tool in this study uses assistance  SPSS versions 22 and 24. From the results of data processing it shows that simultaneously variable internal factors (psychological and personal) and variables external factors (culture and demography) have a positive and significant effect on the customer's decision in choosing a murabahah contract at an Islamic bank with a significance level of 0.000.  While partially variable factor internal (psychological and personal) positive and significant effect on the customer's decision in choosing a murabahah contract at an Islamic bank with significance level of 0.004 and the value of tcount>ttable (3.823>1.991), but the variable external factors (culture and demographics) have no positive and significant effect on the customer's decision in choosing a murabahah contract at an Islamic bank with a significance level of 0.21 and tcount<ttable (1.245<1.991).

References

Al Mausu’ah Al Fiqhiyyah Al Kuwaytiyyah, Jilid XXXVI

Antonio, Muhammad Syafi’I. .Islamic Banking: Bank Syariah Dari Teori Ke Praktek, Cet.1. Jakarta: Gema Insani Press, 2001.

Asrori Muhammad. Psikologi dan Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima, 2009.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2011.

Ikatan Bankir Indonesia. Memahami Bisnis Bank Syariah Jakarta: PT Gramedia, 2014.

Karim, Adiwarman. Ekonomi Mikro Islam Edisi Tiga. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2008.

Lawrence, Pervin., dkk, Personality: Theory and Research terj. A. K. Anwar, Jakarta: Kencana, 2010

Mahmudah, Rifa’atul. Pengaruh Faktor Internal Dan Faktor Internal Terhadap Keputusan Pembelian Di Minimarket Lima-Lima Benowo. Surabaya: UNESA

Nugroho, Perilaku Konsumen, Jakarta: Prenada, 2003.

Rianto, Nur. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah, Bandung :Alfabeta, 2012.

Santosa, Purbayu Budi dan Ashari. Analisis Statistik dengan Microsoft Excel dan SPSS. Edisi I. Yogyakarta: ANDI, 2007.

Sekaran, Uma dan Bougie, Roger. Metode Penelitian Untuk Bisnis Pendekatan Pengembangan - Keahlian, Jakarta: Salemba Empat, 2017

Setiadi, Nugroho. Perilaku Konsumen, Jakarta: Prenada, 2003

Sihombing, Sabrina Oktaria dan Pongtuluruan, Feriadi. Pengidentifikasian Dimensi-Dimensi Budaya Indonesia: Pengembangan Skala dan Validasi. Banten: Universitas Pelita Harapan, 2013

Sinaga, Enny Keristiana., Matondang, Zulkifli., dan Sitompul, Harun. STATISTIKA: Teori dan Aplikasi Pendidikan, Medan: Yayasan Kita Menulis, 2019

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kulaitatif dan R&D,Cet.20.

Bandung: Alfabeta, 2014.

Sugiyono. Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta, 2013. Suharyat, Yayat. Hubungan Antara Sikap, Minat dan Perilaku Manusia,

Bekasi: UNISM

Suliyanto. Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS.

Yogyakarta: ANDI, 2009.

Susanto, Burhanuddin. Hukum Perbankan Syariah di Indonesia, UII Press, Yogyakarta, 2008.

Umar, Husein. Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003.

Undang-Undang RI No. 21 Tahun 2008 tentang perbankan syariah Wirdyanisngsih. Bank dan Asuransi Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana, 2005.

Agustin, Nike Diah. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Anggota Pada Pembiayaan Murabahah Di Btm Surya Madinah Tulungagung. Tulungagung: IAIN Tulungagung, 2018.

Amri, Khairul., Aini, Qurratul Intan., dan Julianty, Preferensi Nasabah Memilih Produk Pembiayaan Bank Aceh Syariah di Kota Banda Aceh, Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, Vol 9, No 1 Januari 2018

Andespa, Roni. “Strategi Pelayanan Bank Konvensional Dan Syariah: Prioritas Pelayanan Fisik Dan Empatiâ€, Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan, Volume 1, Nomor 2, 2016.

Anshori, Abdul Ghofur. “Sejarah Perkembangan Hukum Perbankan Syariah di Indonesia dan Implikasinya bagi Praktik Perbankan Nasionalâ€, Jurnal Ekonomi Islam Vol. II, No. 2, 2008.

Ghoni, Abdul. Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologi Terhadap Perilaku Konsumen, Jurnal Kajian Akuntansi dan Bisnis, Oktober 2012.

Hasnih, Gunawan, dan Hasmin. “Pengaruh Lima Dimensi Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Di Kelurahan Ompo Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppengâ€, Jurnal Mirai Management, Volume 1 Nomor 2, 2016.

Jannah, Miftahul. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Pembiayaan Murabahah pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2009.

Khoiriyah, Rif’atul. Analisis Preferensi Nasabah Dalam Menggunakan Pembiayaan Akad Mu rabahah Dan Musyarakah Di BPRS Madinah Lamongan, Surabaya: UIN Sunan Ampel, 2018

Laili,Rahmatul. Analisis Faktor-Faktor Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Pembiayaan Murabahah Di BPRS Central Syariah Utama Surakarta, Surakarta: IAIN Surakarta, 2016.

Latif, Jamal. Pengaruh Persepsi Dan Preferensi Terhadap Perilaku Pedagang Nasabah KSPPS Cahaya Mitra Sejahtera, Semarang: UIN Walisongo, 2017.

Liza, Ida. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Pembiayaan Musyarakah, Lampung: UIN Raden Intan, 2017.

Maisyarah, Nur Umi. Sistem Penerimaan Pegawai Berbasis Kompetisi,

Lampung: UIN Raden Intan Lampung, 2013.

Munawaroh. Analisis Perilaku Nasabah Dalam Pengambilan Keputusan Terhadap Produk Pembiayaan, Lampung: UIN Raden Intan Lampung, 2017

Nadira, Rofika dan Susianto, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Dalam Memilih Pembiayaan Murabahah Pada Pt. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Medan Aksara, Jurnal FEB No.1 Vol.1 2020

Nafisah, Jauharotun. Pengaruh Faktor Demografi Terhadap Pendapatan Tenaga Kerja Sektor Primer Di Indonesia, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2017

Nur, Ahlan. Perbankan Dalam Perspektif al-Qur’an dan Hadist, Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4 No. 2 2017

Permana, Rangga Arna. Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Metode Pemasaran Produk Penantang Pasar Ditinjau dari Perspekif Ekonomi Islam, Lampung: UIN Raden Intang Lampung, 2014

Prabowo, Bagya Agung. “Konsep Akad Murabahah Pada Perbankan Syariah (Analisa Kritis Terhadap Aplikasi Konsep Akad Murabahah Di Indonesia Dan Malaysia)â€, Jurnal Hukum No. 1 Vol. 16, 2009.

Rahman, Aulia Fuad dan Rochmanika, Ridha.Pengaruh Pembiayaan Jual Beli, Pembiayaan Bagi Hasil, dan Rasio Non Performing Financing terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia, Universitas Brawijaya

Wahyuni, Aeni. Pengaruh Budaya, Psikologis Dan Pribadi Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Pembiayaan Murabahah Pada Bmt Bina Ummat Mandiri Tambang, Riau: UIN Sultan Syarif Kasim, 2013.

Zainuddin, Zulkifli., dkk. “Analisis Faktor Pengambilan Keputusan Nasabah Memilih Produk Perbankan Syariahâ€, Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol. 13, No.1, 2016.

Downloads

Issue

Section

Articles

Citation Check