Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Metematika Peserta Didik

Authors

  • Narmi Narmi Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Nilam Permatasari Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Edhy Rustan Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Aswar Anas Universitas Cokroaminoto Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jtlr.v2i2.1731

Keywords:

Problem Solving Ability, RME Approach

Abstract

Abstract[English]:

This research aims to: 1) determine students' mathematics learning activities with the Realistic Mathematic Education (RME) approach; (2) knowing students' math problem solving using the RME approach; (3) determine the effectiveness of the RME approach in terms of mathematical problem solving abilities. This type of research is a quasi experiment. The design of this research is the One-Group Pretest-Posttest Design. The population and sample were students of class VII MTs. Batusitanduk, who were taken from one class of four classes, namely class VII A, totaling 39 people. The data collection instruments used were tests and observation sheets. The results showed that 1) students' learning activities were 90.13% in the very active category; 2) descriptively, the ability to solve mathematics problems increased from 21.49 in the low category to 77.18 in the high category; and 3) the results of the hypoethical test showed that there was a significant difference between students' mathematical problem solving abilities after applying the Realistic Mathematic Education (RME) learning approach.

Abstrak[Indonesia]:

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui aktivitas belajar matematika siswa dengan pendekatanRealistic Mathematic Education (RME); (2)mengetahui pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakanpendekatan RME; (3) mengetahui efektivitas pendekatan RME ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Desainpenelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasidan sampel adalah siswa kelas VII MTs.Batusitandukyang diambil satu kelas dari empat kelas yang ada, yaitu kelas VIIA  yangberjumlah 39 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi.  Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) aktivitas belajar siswa sebesar 90,13% termasuk dalam kategori sangat aktif ; 2) secara deskriptif kemampuan pemecahan masalah matematika meningkat dari 21,49 berada pada kategori rendah, menjadi 77,18 berada pada kategori tinggi; dan 3) hasil uji hipoetsis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diterapkan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME).

References

Agus, Ria Noviana. (2016). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Matematik Education (RME) dengan Pemecahan Masalah ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. JIP. STKIP Kusuma Negara. https://osf.io/5bqcz/download

Ardhini Lestari A. (2014). Penerapan Pendekatan Realistic Matematic Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Soal Cerita Tentang Himpunan di Kelas VII MTsN Palu Barat. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/viewFile/3226/2281

Asri, Khairul. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Didaktik Matematika. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/index.php/DM/article/download/2080/2034

Eka Rianti, (2016). Penggunaan media dakon untuk meningatkan penguasaan kompetensi matematika tentang konsep perkalian pada siswa kelas II B SD Negri 11 Pemecutan. Akses 12 Desember 2019 from https://www.slideshare.net/NiEkarianti/ptk-media-dakon-dari-eka-rianti

S. Nasution. (2019). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Marhamah . Zukardi. Aisyah. (2014). Pengembangan Materi Ajar Pecahan dengan Pendekatan PMRI di SD Negeri 21 Palembang. JPM. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/584

Melly Andriani dan Mimi Hariyani. (2013). Pembelajaran Matematika SD/MI, Pekanbaru: Banteng Media.

Musta’anah. (2010). “Keefektivan Model Pembelajaran Realistic Matematic Education (RME) Berbantuan Kartu Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Matematik pada Materi Pokok Fungsi Kelas VIII Semester I MTs Negeri Sumber Kabupaten Rembang, Skripsi. Universitas Negeri Semarang, Semarang. http://lib.unnes.ac.id/3379/1/7660.pdf

M. Ilham Megantara. (2017). Efektivitas Pendekatan Realistic Matematic Education (RME) ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematisasi Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila. Vol 5 No.7 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/13827

Downloads

Published

2021-02-11

Citation Check