Efektivitas Metode Pembelajaran Memorization Dalam Meningkatan Pemahaman Matematika Peserta Didik Di Kelas VII PMDS Putri Palopo

Authors

  • Hasni Hasni Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jtlr.v2i2.1826

Keywords:

Effectiveness, Memorization, Mathematics Learning

Abstract

Abstract[English]:

The main problem in this study is how effective the memorization learning method is in improving the mathematics understanding of students in class VII PMDS Putri Palopo. This research is experimental, has the character of "true experimental design" in the form of a "pretest-posttest control group". The population in this study were all students of class VII SMP PMDS Putri Palopo, totaling 195 people. The sample in this study was 38 students in class VIIA and 40 students in class VIIC. The results of the study used descriptive and inferential analysis techniques. The results showed that (1) The level of understanding of students seen from the learning outcomes before using the memorization learning method was still relatively insufficient (2) The implementation of the memorization learning method showed good results, it can be seen that at the beginning of the meeting this method faced several obstacles but, it occurred. increase in student activity at subsequent meetings. (3) Students 'understanding after the implementation of the memorization learning method has increased quite significantly, thus it can be concluded that learning using the memorization method is quite effective in increasing students' understanding at SMP PMDS Putri Palopo in mathematics learning.

Abstrak[Indonesia]:

Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah seberapa efektif metode pembelajaran memorization dalam meningkatkan pemahaman matematika peserta didik di kelas VII PMDS Putri Palopo. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, bersifat “true experimental design†dengan bentuk “pretest-postest control groupâ€. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP PMDS Putri Palopo yang berjumlah 195 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIA terdiri dari 38 orang dan peserta didik kelas VIIC terdiri dari 40 orang. Hasil penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat pemahaman peserta didik dilihat dari hasil belajar sebelum menggunakan metode pembelajaran memorization masih tergolong kurang (2) Pelaksanaan metode pembelajaran memorization menunjukkan hasil yang baik hal ini dapat dilihat bahwa pada awal pertemuan metode ini menghadapi beberapa hambatan namun, terjadi peningkatan aktivitas peserta didik di pertemuan-pertemuan berikutnya. (3) Pemahaman peserta didik setelah diterapkannya metode pembelajaran memorization mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode memorization cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik di SMP PMDS Putri Palopo dalam pembelajaran matematika.

References

Ahmad Muhtadi Anshor, Pengajaran Bahasa Arab Media dan Metode Metodenya, Yogyakarta:TERAS, 20090.

Andi Ika Prasasti, Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan menerapkan Strategi Kognitif dalam Pemecahan Masalah,Tesis, Makassar: UNM 2008.

Andriansyah Muhammad, Penerapan Model Memorization Terhadap Kemampuan Daya Ingat Gerak Siswa pada Pembelajaran Seni Tari di SMP Pasundan 4 Bandung. Bandung :Universitas Pendidikan Indonesia, 2016.

Bruce Joyce dkk, Models Of Teaching Model-model Pengajaran, Pustaka Pelajar.

Dame Rosida Manik, Penunjang Belajar untuk Matematika, Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Nasional, 2009.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2007.

Depdiknas, Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2008, Pasal 1.

Dewi Nuharini dan Tri Wahyuni, Matematika Konsep dan Aplikasinya, Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Nasional, 2008.

Henry Guntur Tarigan, Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandug: Angkasa,2008.

Husaini Usman dan R. Purnomo Setiady Akbar, Pengantar Statistika, Cet.1 dan 2; Jakarta: 2000.

Jhon M.Echols dan Hasan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, Cet.I; Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2000.

Marintan Nirmalasari, Pengembangan Model Memorization Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Mata Pelajaran Kimia SMA. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia, 2014.

M. Subana, Statistik Pendidikan, Cet.II Bndung: Pustaka Setia, 2005.

Nurdin, Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar, Disertasi, Surabaya: PPs UNESA, 2007

Ridwan, Belajar Mudah Penelitian untuk Gur-Karyawan dan Peneliti pemula , Cet.VIII ; Bandung : Alfabeta,2012.

Riduwan dan Sunarto, Pengantar Statistik untuk Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis,Cet.III; Bandung: Alfabeta, 2010.

Riduwan, Dasar-dasar Statistika, Cet.X; Bandung: CV Alfabeta, 2012.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung Alfabeta, 2014.

Sugiono, Metode Penelitian Administrasi, Ed, V; Bandung: Alfabeta, 1998

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Cet, VIII ; Jakarta : Rineka Cipta, 2006.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Cet. II; Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2004.

Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Educatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Ulin Nuha, Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab, Jogjakarta: DIVA Press, 2012.

Downloads

Published

2020-11-22

Citation Check