PERANAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III SD ISLAM DATOK SULAIMAN PALOPO

Authors

  • Kartila Kartila Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jtlr.v1i1.584

Abstract

This study aims to determine the implementation of scramble type cooperative learning models and to find out the learning interests of students who apply the model and to know the supporting factors and obstacles to the implementation of scramble type cooperative learning models in increasing student interest in social studies in Grade III Islamic Elementary School Datok Sulaiman Palopo. This study uses a type of qualitative descriptive research carried out in class III Islamic Elementary School Datok Sulaiman Palop. Data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. The results of this study indicate that the implementation of a scramble type cooperative model makes students directly active in learning activities

References

Ariyanto, Metta “Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble.†Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 3 No. 2 (Desember, 2016).

Asrori, M, Perkembangan Peserta Didik (Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru, Cet. I; Yogyakarta, 2015.

Aqib, Zainal, Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif), Cet. V; Bandung: Yrama Widya, 2015.

Baharuddin & Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran, Cet.V; Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.

Budiningsih, C. Asri, Belajar dan Pembelajaran, Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta, 2015.

Dalyono, M, Psikologi Pendidikan, Cet. VII; Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

Darmadi, Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa, Cet. I; Yogyakarta: Deepublish, 2017.

Huda, Miftahul, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Pragmatis, Cet. VI; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Johnson, Elaine B., Contextual Teaching dan Learning, Cet. VIII; Bandung: MLC, 2009.

Lefudin, Belajar dan Pembelajaran, Cet. I; Yogyakarta: Deepublish, 2014.

Rusman, Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru), Cet. V; Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Rustan, Edhy dan Muh. Said Bahru, “Penguatan Self Confidence dalam Pembelajaran Matematika melalui Metode Suggestopedia.†Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Vol. 6. No. 1 (2018).

S, Sholihatin Fitriyah dan Meini Sondang, “Pengaruh Permainan Scramble dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Kediri.†Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol. 3 No. 3 (2014).

S, Syamsu, Strategi Pembelajaran (Meningkatkan Kompetensi Guru), Cet. I; Makassar: Penerbit Aksara Timur, 2015.

S, Syamsu, Strategi Pembelajaran (Tinjauan Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan), Cet. I; Makassar: Nas Media Pustaka, 2017.

Sagala, Syaiful, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Cet. IV; Bandung: 2013.

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Cet. XX, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Saud, Udin Syaefuddin, Pengembangan Profesi Guru, Cet. VI; Bandung: Alfabeta, 2013.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Cet. VI; Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Slavin Robert E., Cooperrative Learning (Teori, Riset, dan Praktik), Cet. XV; Bandung: Nusa Media, 2015.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Suprijono, Agus, Cooperative Learning, Cet. XIII; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Susanto, Ahmad, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Cet. II; Jakarta: Kencana, 2013.

Werang, Basilius R., Manajemen Pendidikan di Sekolah, Cet. I; Yogyakarta: Media Akademi, 2015.

Yaumi, Muhammad, Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran, Cet. II; Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri, 2013.

Downloads

Published

2019-04-15

Citation Check