PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN MELALUI PENERAPAN METODE STRUKTUR ANALITIK SINTETIK (SAS) DI KELAS I SDN 61 TONDOK ALLA KECAMATAN TELLUWANUA KOTA PALOPO

Nunu Rahmadani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tindakan penerapan metode Stuktural Analitik Sintetik (SAS) dalam keterampilan menulis permulaan pada siswa kelas I SDN 61 Tondok Alla Kecamatan Telluwanua Kota Palopo) dan; 2) Mengetahui apakah penerapan metode Stuktural Analitik Sintetik (SAS) dapat meningkatkan keterampilan menulis permulaan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas I SDN 61 Tondok Alla Kecamatan Telluwanua Kota Palopo. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini secara analisis deskriptif  yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dengan Penerapan metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) mampu meningkatkan keterampilan menulis permulaan siswa kelas I; 2) Dengan menggunakan metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) dalam pembelajaran menulis permulaan dilakukan secara bertahap yaitu dua siklus mengalami peningkatan yang cukup signifikan dimana siswa pada siklus I dikategorikan ‘Cukup’  dari nilai rata-rata sebesar 66,6 dan pada Siklus II meningkat dengan kategorikan ‘ Sangat Baik’ dari nilai rata-rata sebesar 81,1. Dengan demikian metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) perlu dijadikan referensi oleh guru dalam kegiatan pembelajaran keterampilan menulis permulaan di sekolah dasar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24256/jtlr.v1i1.586

Article Metrics

Abstract view : 45 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright CC-BY- SA.

Creative Commons License

Journal of Teaching and Learning Research, e-ISSN: 2656-9086

View My Stats