Penerapan Media Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV Di SDN 147 Wonorejo Kabupaten Luwu Timur

Authors

  • Muhammad Rezky Tasyrif Universitas Islam Negeri Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jtlr.v7i1.7207

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan media Augmented Reality untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas IV SDN 147 Wonorejo Luwu Timur. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan media Augmented Reality pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas IV di SDN 147 Wonorejo Luwu Timur. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian terdiri 19 peserta didik kelas IV SDN 147 Wonorejo Luwu Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara hasil belajar dan aktivitas belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media augmented reality efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik antar siklus. Pada pra siklus nilai rata-rata hasil belajar peserta didik diperoleh 66,84 dengan ketuntasan 26,31%. Pada siklus I terjadi peningkatan rata-rata menjadi 75,78 dengan ketuntasan 57,89% dan pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata mencapai 81,57 dengan ketuntasan 100%. Dengan demikian, media augmented reality sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN 147 Wonorejo Luwu Timur.

 

Kata Kunci: Media Augmented Reality ; Hasil Belajar ; Pendidikan Agama Islam

Downloads

Published

2025-08-06

Citation Check