Penerapan Media Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV Di SDN 147 Wonorejo Kabupaten Luwu Timur
DOI:
https://doi.org/10.24256/jtlr.v7i1.7207Abstract
Skripsi ini membahas tentang penerapan media Augmented Reality untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas IV SDN 147 Wonorejo Luwu Timur. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan media Augmented Reality pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas IV di SDN 147 Wonorejo Luwu Timur. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian terdiri 19 peserta didik kelas IV SDN 147 Wonorejo Luwu Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara hasil belajar dan aktivitas belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media augmented reality efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik antar siklus. Pada pra siklus nilai rata-rata hasil belajar peserta didik diperoleh 66,84 dengan ketuntasan 26,31%. Pada siklus I terjadi peningkatan rata-rata menjadi 75,78 dengan ketuntasan 57,89% dan pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata mencapai 81,57 dengan ketuntasan 100%. Dengan demikian, media augmented reality sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN 147 Wonorejo Luwu Timur.
Kata Kunci: Media Augmented Reality ; Hasil Belajar ; Pendidikan Agama Islam
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)