Integrasi Nilai Sekong Sirenden Sipomandi dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 14 Luwu Utara Kecamatan Rongkong

Authors

  • Yeyen Yeyen Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Sukirman Sukirman Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Andi Arif Pamessangi Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jtlr.v7i1.7351

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Integrasi Nilai Sekong Sirenden Sipomandi dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 14 Luwu Utara Kecamatan Rongkong. Untuk mengetahui: (1) Peran nilai-nilai Sekong Sirenden Sipomandi dalam pendidikan agama Islam di Kecamatan Rongkong. (2) Bentuk integrasi nilai-nilai Sekong Sirenden Sipomandi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 14 Luwu Utara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, data penelitian dianalisis dengan cara mereduksi data, mendeskripsikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai Sekong Sirenden Sipomandi seperti kebersamaan, tolong-menolong (ta’awun), musyawarah, dan persatuan memiliki peran penting dalam pendidikan agama Islam, khususnya dalam pembentukan karakter religius dan sosial peserta didik. Integrasi nilai-nilai tersebut dilakukan secara kontekstual dan aplikatif melalui kegiatan keagamaan, pengajaran materi keislaman, dan keterlibatan dalam kegiatan adat. Guru Pendidikan Agama Islam secara aktif mengaitkan ajaran Islam dengan nilai-nilai budaya lokal, sehingga pembelajaran menjadi lebih relevan dan membumi dalam kehidupan sehari-hari siswa.

Downloads

Published

2025-09-07

Citation Check