Penerapan Metode Tahsin dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Khusnul Khotimah Universitas Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Muh Agil Amin Universitas Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • St. Marwiyah Universitas Islam Negeri Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jtlr.v7i1.7787

Abstract

Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui Penerapan metode tahsin di MI Batulotong, Untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik sebelum penerapan metode tahsin. Untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik setelah  penerapan metode tahsin.  Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan menggunakan model Kemmis Mc Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaannya, pendidik menggunakan strategi pembelajaran yang melibatkan latihan bacaan secara bertahap, penekanan pada makhrojul huruf dan hukum tajwid, serta pemberian umpan balik langsung kepada peserta didik. Sebelum  metode tahsin diterapkan, kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik kelas V tergolong rendah yaitu dari hasil tes Pra-Siklus rata-rata nilai tes pra-siklus sebesar 67 yang belum mencapai nilai KKM, Setelah diterapkan metode tahsin, terjadi peningkatan secara bertahap pada siklus I, dengan rata-rata nilai mencapai 74 Kemudian pada siklus II, peningkatan terjadi secara signifikan dengan nilai rata-rata mencapai 82. Hasil observasi menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik dan keterlaksanaan pembelajaran oleh pendidik juga meningkat dari kategori cukup menjadi sangat baik. Hasil ini memperkuat bahwa metode tahsin mampu memperbaiki bacaan al-Quran sesuai makhrajul huruf dan meningkatkan pemahaman tajwid peserta didik dalam membaca al-Qur’an.

References

Afnita, N., dkk. (2023). “Efektivitas Pembelajaran Tahsin terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa.” Al-Athfaal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 55–68..

Al Hamdany, M. Z., Rahmadani, E., & Yuniar, V. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Peserta Didik di Era Society 5.0. Jurnal Al-Qayyimah, 7(1), 105-118.

Ahmad Fauzi, “Efektivitas Metode Qira’ati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPQ Nurul Huda,” Al-Bayan: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Hadis 5, no. 2 (2021), https://doi.org/10.15575/al-bayan.v5i2.12784.

Amin, M. A. 2022. ”Persepsi Mahasiswa Tentang Metode Pembelajaran yang Tepat Untuk Mata Kuliah Tafsir Tarbawi”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 7(3), 228-238.

Arifuddin, Arifuddin, dan Abdul Rahim Karim. 2021 “Konsep Pendidikan Islam: Ragam Metode PAI dalam Meraih Prestasi.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 10, no. 1: 13–22. https://doi.org/10.58230/27454312.76 .

Fitri, Anggi. “Pendidikan Karakter Prespektif Al-Quran Hadits.” TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam 1, no. 2 (2018): 258–87. https://doi.org/10.52166/talim.v1i2.952.

Fitri Rahmawati, (2022), “Penerapan Metode Iqra’ dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini,” Jurnal Pendidikan Agama Islam 6, no. 1, https://doi.org/10.30631/jpai.v6i1.982.

Fitri, Anggi. “Pendidikan Karakter Prespektif Al-Quran Hadits.” TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam 1, no. 2 (2018): 258–87. https://doi.org/10.52166/talim.v1i2.952.

Fitri Rahmawati, (2022), “Penerapan Metode Iqra’ dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini,” Jurnal Pendidikan Agama Islam 6, no. 1, https://doi.org/10.30631/jpai.v6i1.982.

Hasriadi, H. 2022, Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi, Jurnal Sinestesia, 12 no 1

Kementrian Agama RI, 2016 “Al-Qur’an dan Terjemahnya” (Solo: Tiga Serangkai Pustaka mandiri.542.

Kulsum, Ummi, and Abdul Muhid. “Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Digital.” Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 12, no. 2 (2022): 2. https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2287.

Kurniaku, Aji, and Mavianti Mavianti. (2024) “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Tahsin Al-Quran Siswa.” Journal on Teacher Education 5, no. 3: 3. https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.25675.

Mawardi Mawardi, Mustafa Mustafa, dan Musdalifah Tamin, "Metode Pembelajaran Mufradat dalam Menghafal Kosakata Bahasa Arab di Sekolah Menengah," AL IBRAH: Journal of Arabic Language Education 5, no. 1 (2022).

St. Marwiyah, 2015. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Cet. 1; Makassar: Aksara Timur,), 2.

Downloads

Published

2025-09-07

Citation Check