PENERAPAN METODE BIL QOLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 RONGKONG
DOI:
https://doi.org/10.24256/jtlr.v7i1.7830Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas dalam penerapan metode Bil Qolam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di kelas VIII sekolah menengah pertama negeri 1 rongkong kecamatan rongkong kabupaten luwu utara. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun penelitian tindakan kelas yang digunakan ialah Model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Bil Qolam efektif digunakan dalam pelajaran membaca Al-Qur’an karena metode Bil Qolam praktis dan mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyebutkan huruf hijaiyyah dengan baik dan benar. Untuk mengetahui keberhasilan dari efektivitas penerapan metode Bil Qolam dapat dilihat pada nilai keberhasilan dari siklus 2 atau post test yaitu 90,30% dan nilai rata-ratanya ialah 80,2%.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)