PENERAPAN METODE BIL QOLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 RONGKONG

Authors

  • Sahra Tinniza Universitas Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Mardi Takwim Universitas Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Makmur Makmur Universitas Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Khoirunnisa’il Fitriyah Sekolah Tinggi Agama Islam Sabillul Muttaqin Mojokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jtlr.v7i1.7830

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas dalam penerapan metode Bil Qolam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di kelas VIII sekolah menengah pertama negeri 1 rongkong kecamatan rongkong kabupaten luwu utara. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun penelitian tindakan kelas yang digunakan ialah Model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Bil Qolam efektif digunakan dalam pelajaran membaca Al-Qur’an karena metode Bil Qolam praktis dan mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyebutkan huruf hijaiyyah dengan baik dan benar. Untuk mengetahui keberhasilan dari efektivitas penerapan metode Bil Qolam dapat dilihat pada nilai keberhasilan dari siklus 2 atau post test yaitu 90,30% dan nilai rata-ratanya ialah 80,2%.

Downloads

Published

2025-12-18

Citation Check