Pendidikan Moderasi Beragama di Sekolah Menengah Atas Pesantren Modern Datok Sulaiman Bagian Putri Palopo
DOI:
https://doi.org/10.24256/jtlr.v7i2.7882Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang pengamalan nilai-nilai moderasi beragama, sistem pengajaran, peluang dan tantangan pendidikan moderasi beragama pada para santriwati di SMA Pesantren Modern Datok Sulaiman Bagian Putri Palopo, dengan tujuan untuk mengetahui pengamalan nilai-nilai moderasi beragama, untuk mengatahui bagaimana sistem pengajaran nilai-nilai moderasi beragama, untuk mengetahui peluang dan tantangan dalam penerapan moderasi beragama pada santriwati di SMA Pesantren Modern Datok Sulaiman bagian Putri Palopo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan ada dua yakni, data primer dan data sekunder. Perolehan data ini dilakukan dengan cara observasi dan interview. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, pedoman wawancara, buku catatan dan alat tulis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yakni, triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun yang menjadi objek pada penelitian ini yakni, guru, ustadz, pimpinan sekolah dan para santriwati yang terpilih sebagai narasumber. Hasil penelitian pengamalan nilai-nilai moderasi beragama santriwati SMA PMDS Palopo meliputi sembilan indikator moderasi beragama, walaupun belum terlaksana secara maksimal, yaitu: Tawassuth (Pertengahan), I’tidal (Tegak Lurus), Tasamuh (Toleransi), Syura’ (Musyawarah), Islah (Reformatif), Qudwah (Kepeloporan), Muwathanah (Kewargaan), Al la (Anti Kekerasan), I’tiraf al-‘Urf (Ramah Budaya). Sistem atau strategi pendidikan dan pengajaran dalam penerapan nilai-nilai Moderasi Beragama menggunakan 3 bentuk yaitu : Sistem Madrasy (Persekolahan), Sistem Kepesantrenan (Pondokan) dan Hidden Curriculum (Kurikulum tersembunyi). Adapun peluang dalam penerapan nilai-nilai moderasi beragama di SMA PMDS Palopo adalah: a). Peningkatan kesadaran dan pemahaman warga pondok tentang pentingnya moderasi beragama. b). Pondok pesantren adalah wadah yang paling memungkinkan untuk membangun karakter yang moderat. c). Hubungan yang baik antara pondok dengan masyarakat. Adapun tantangan dalam penanaman nilai-nilai moderasi beragama di SMA PMDS, antara lain: a). Keterbatasan sumber daya. b). Masih ada warga pondok kurang memahami pentingnya moderasi beragama. c). Keterbatasan waktu dan kurikulum.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)