Pendidikan Moderasi Beragama di Sekolah Menengah Atas Pesantren Modern Datok Sulaiman Bagian Putri Palopo

Authors

  • Ainun Nabilah Hisban Universitas Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Andi Arif Pamessangi Universitas Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Muh Yamin Universitas Islam Negeri Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jtlr.v7i2.7882

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengamalan nilai-nilai moderasi beragama, sistem pengajaran, peluang dan tantangan pendidikan moderasi  beragama pada para santriwati di SMA Pesantren Modern Datok Sulaiman Bagian Putri Palopo, dengan tujuan untuk mengetahui pengamalan nilai-nilai moderasi beragama, untuk mengatahui bagaimana sistem pengajaran nilai-nilai moderasi beragama, untuk mengetahui peluang dan tantangan dalam penerapan moderasi beragama pada santriwati di SMA Pesantren Modern Datok Sulaiman bagian Putri Palopo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif.  Sumber data yang  digunakan ada dua yakni, data primer dan data sekunder. Perolehan data ini dilakukan dengan cara observasi dan interview. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, pedoman wawancara, buku catatan dan alat tulis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yakni, triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun yang menjadi objek pada penelitian ini yakni, guru, ustadz, pimpinan sekolah dan para santriwati yang terpilih sebagai narasumber. Hasil penelitian pengamalan nilai-nilai moderasi beragama santriwati SMA PMDS Palopo meliputi sembilan indikator moderasi beragama, walaupun belum terlaksana secara maksimal, yaitu: Tawassuth (Pertengahan), I’tidal (Tegak Lurus), Tasamuh (Toleransi), Syura’ (Musyawarah), Islah (Reformatif), Qudwah (Kepeloporan), Muwathanah (Kewargaan), Al la (Anti Kekerasan), I’tiraf al-‘Urf (Ramah Budaya).  Sistem atau strategi pendidikan dan pengajaran dalam penerapan nilai-nilai Moderasi Beragama menggunakan 3 bentuk yaitu :  Sistem Madrasy (Persekolahan), Sistem Kepesantrenan (Pondokan) dan Hidden Curriculum  (Kurikulum tersembunyi).  Adapun peluang dalam penerapan nilai-nilai moderasi beragama di SMA PMDS Palopo adalah: a). Peningkatan kesadaran dan pemahaman warga pondok tentang pentingnya moderasi beragama.  b). Pondok pesantren adalah wadah yang paling memungkinkan untuk membangun karakter yang moderat. c). Hubungan yang baik antara pondok dengan masyarakat. Adapun tantangan dalam penanaman nilai-nilai moderasi beragama di SMA PMDS, antara lain: a). Keterbatasan sumber daya. b). Masih ada warga pondok kurang memahami pentingnya moderasi beragama. c). Keterbatasan waktu dan kurikulum.

Downloads

Published

2025-12-18

Citation Check