Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VI SDN 364 Labokke Kabupaten Luwu
DOI:
https://doi.org/10.24256/jtlr.v7i2.7987Abstract
Penelitian ini membahas tentang Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VI SDN 364 Labokke Kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis dampak positif dari penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam media sosial memungkinkan komunikasi jarak jauh dengan mudah dan cepat, baik dengan teman, keluarga, maupun rekan kerja. 2) Hambatan penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam yakni media sosial menyajikan berbagai konten yang tidak semuanya sesuai dengan nilai-nilai Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Media sosial berpotensi meningkatkan akses materi PAI dan minat belajar bila dimanfaatkan. 2) penggunaan berlebihan mengurangi waktu belajar dan konsentrasi serta perlunya bimbingan guru/orang tua dan literasi digital Islami.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)