Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VI SDN 364 Labokke Kabupaten Luwu

Authors

  • Furqan Fatwa Manumpu Universitas Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Mustafa Mustafa Universitas Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Andi Arif Pamessangi Universitas Islam Negeri Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jtlr.v7i2.7987

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VI SDN 364 Labokke Kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis dampak positif dari penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam media sosial memungkinkan komunikasi jarak jauh dengan mudah dan cepat, baik dengan teman, keluarga, maupun rekan kerja. 2) Hambatan penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam yakni media sosial menyajikan berbagai konten yang tidak semuanya sesuai dengan nilai-nilai Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Media sosial berpotensi meningkatkan akses materi PAI dan minat belajar bila dimanfaatkan. 2) penggunaan berlebihan mengurangi waktu belajar dan konsentrasi serta perlunya bimbingan guru/orang tua dan literasi digital Islami.

Downloads

Published

2025-12-18

Citation Check