Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Materi Perilaku Terpuji pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas VIII SMPN 1 Bajo Kab. Luwu
DOI:
https://doi.org/10.24256/jtlr.v7i2.7996Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pebelajaran pada materi perilaku terpuji pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa kelas VIII SMPN 1 Bajo Kab. Luwu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research & Development. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dokumentasi, tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kelayakan media, analisis data tes hasil belajar, analisis data untuk kepraktisan penggunaan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Video pembelajaran yang dikembangkan dinilai sangat layak digunakan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Hal tersebut ditinjau berdasarkan hasil penilaian ahli materi, ahli media dan respon peserta didik. 2. Video pembelajaran yang dikembangkan dinilai efektif dalam meningkatkan pemahaman perilaku terpuji peserta didik dilihat dari rata-rata preetest pada materi perilaku terpuji dengan skor sebesar 38,72 meningkat drastis pada tes hasil belajar dengan skor rata-rata posttest sebesar 95,16 dengan nilai gain 0,92. 3. Kepraktisan penggunaan video pembelajaran dalam materi perilaku terpuji mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMPN 1 Bajo Kab. Luwu kelas VIII menghasilkan rata-rata 99,6% yang memberikan respon berada pada kategori skor 81%-100% dengan kriteria sangat praktis.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)