Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Materi Perilaku Terpuji pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas VIII SMPN 1 Bajo Kab. Luwu

Authors

  • nur syamsi Universitas Islam Negeri Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jtlr.v7i2.7996

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pebelajaran pada materi perilaku terpuji pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa kelas VIII SMPN 1 Bajo Kab. Luwu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research & Development. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dokumentasi, tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kelayakan media, analisis data tes hasil belajar, analisis data untuk kepraktisan penggunaan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Video pembelajaran yang dikembangkan dinilai sangat layak digunakan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Hal tersebut ditinjau berdasarkan hasil penilaian ahli materi, ahli media dan respon peserta didik. 2. Video pembelajaran yang dikembangkan dinilai efektif dalam meningkatkan pemahaman perilaku terpuji peserta didik dilihat dari rata-rata preetest pada materi perilaku terpuji dengan skor sebesar 38,72 meningkat drastis pada tes hasil belajar dengan skor rata-rata posttest sebesar 95,16 dengan nilai gain 0,92. 3. Kepraktisan penggunaan video pembelajaran dalam materi perilaku terpuji mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMPN 1 Bajo Kab. Luwu kelas VIII menghasilkan rata-rata 99,6% yang memberikan respon berada pada kategori skor 81%-100% dengan kriteria sangat praktis.

 

Downloads

Published

2025-12-18

Citation Check