TRANSFORMASI ELEMEN PESANTREN PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PESANTREN AS’ADIYAH SENGKANG: KONTINUITAS DAN PERUBAHAN

Authors

  • Muhammad Irfan Hasanuddin
  • Sudirman Sudirman

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v3i1.1432

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengeksplorasi konsep Dhofier tentang elemen pesantren dan bagaimana elemen ini bertransformasi dalam mengaya pembelajaran bahasa Arab di Pesantren As’adiyah dalam konteks kontinuitas dan perubahan. Tulisan ini dielaborasi dari hasil penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui wawancara, observasi serta sutdi dokumen. Dengan menggunakan kerangka kontinuitas dan perubahan, penelitian menemukan bahwa transformasi elemen pesantren: kiyai-santri, mesjid-pengkajian kitab kuning dan asrama pesantren, berkontribusi positif dalam memperkaya pembelajaran bahasa Arab melalui integrasi pembelajaran di Pesantren As’adiyah Sengkang.

References

Arikunto, Suharsismi. Prosedur Penelitian. Cet. XII; Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Azra, Azyumardi Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Penerbit Kalimah, 2001.

Danim, Sudarwan. Menjadi Peneliti Kualitatif. Cet, I; Bandung: Pustaka Setia, 2002.

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyahi, Jakarta: LP3ES, 1985.

Hadi, Sutrisno Metodologi Reserch Jilid III. Yogyakarta: Fak. Psikologi UGM, 1993.

Hasbullah. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia:Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999.

HM, Bahtar. Reformasi Sistem Pendidikan Perguruan Islam al-Khairat Sebagai Sentrum Pengembangan Dakwah di Kota Palu “Tesis Magister†Makassar: PPS IAIN Alauddin, 2002.

Junaidin. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa al-Khairat Palu “Resume Tesis Magister†Makassar: PPS UMI Makassar, 2005.

Kuntowijoyo. Budaya dan Masyarakat. Edisi Paripurna. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2006.

Manfred, Ziemek. Pesantren Dalam Perubahan Sosial. Jakarta; 1986.

Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Mas’adi, Ghufron A. Sejarah Islam dan Awal Tangga Runtuhnya Dinasti Usmani Tarikh Pra Moderen, Edisi I. Cet. I; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1997.

Moleong, Lexi J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Nasir, M. Ridlwan. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal: Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Qomar, Mujamil. Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2007.

Rusyana, Yus. Bahasa dan Sastra dalam Gamitan Pendidikan,(Cet. I; Bandung: Dipenogoro, 1984.

Sugiono. Metode Penelitian Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta, 2006.

Suprayogo, Imam dan Topbroni. Methodologi Penelitian Sosial Agama. Cet. XII; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Taufiq, Najieb. Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab. Artikel ini dapat diunduh pada website: http://najiebtaufiq.blogspot.com/2012/06/tujuan-pembelajaran-bahasa-arab.html. Artikel diunduh pada tanggal 10 Januari 2014.

Wahid, Abdurrahman “Pesantren sebagai Subkultur,†dalam M. Dawam Rahardjo (Ed.), Pesantren dan Pembaharuan, Jakarta: LP3ES, 1985.

Downloads

Published

2020-07-15

Issue

Section

Articles

Citation Check