Analysis of the Items Final Semester Test of Islamic Religious Education

Authors

  • Idil Saptaputra Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, Indonesia
  • St. Marwiyah
  • Muh. Irfan Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v6i1.2391

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui kualitas butir soal ulangan akhir semester  ganjil mata pelajaran pendidikan agama Islam, ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil ulangan akhir semester ganjil mata pelajaran pendidikan agama Islam, dari 197 siswa yang mengikuti ulangan akhir semester ganjil, sebanyak 118 (60%) siswa tidak berhasil mencapai nilai kriteria ketuntatasan minimal (KKM). Jenis penelitian yaitu kuantitatif, dengan penjabaran deskriptif, data yang diperoleh dilakukan analisis secara statistik kemudian pembahasan dijabarkan dalam bentuk deskripsi. Populasi penelitian ini yaitu sebanyak 197 siswa kelas XI SMAN 2 Palopo tahun ajaran 2020/2021. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa. Data diperoleh melalui kegiatan observasi dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan analisis. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan: Butir soal yang dinyatakan valid sebanyak 24 (96%), tidak valid sebanyak 1 (4%). Soal reliabel karena memperlihatkan hasil perhitungan koefisien korelasi sebesar 0,731 (ri≥ 0, 70).  Tingkat kesukaran butir soal yaitu mudah sebanyak 13 (52%), sedang sebanyak 9 (36%), dan sukar sebanyak 3 (12%). Butir soal didominasi daya pembeda yang baik sebanyak 10 (40%), selanjutnya cukup sebanyak 8 (32%), jelek sebanyak 5 (20%), sangat jelek dan baik sekali masing-masing 1 (1%). Namun, efektivitas pengecoh butir soal didominasi pengecoh yang tidak berfungsi sebanyak 22 (88%), berfungsi hanya 3 (12%). Berdasarkan hasil analisis butir soal ulangan akhir semester ganjil mata pelajaran pendidikan agama Islam, kualitasnya telah memadai untuk mengukur kemampuan siswa ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Implikasi: Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui kualitas butir soal secara kuantitatif. Karena itu, diharapkan akan ada penelitian selanjutnya untuk mengetahui kualitas butir soal secara kualitatif. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi dalam meningkatkan kualitas butir soal yang baik dan valid dengan cara memilih pengecoh yang berfungsi, serta mempertimbangkan indikator kualitas butir soal yang baik dalam membuat soal ulangan akhir semester.

Kata Kunci: Analisis Butir, Ulangan Akhir Semester, Pendidikan Agama Islam.



References

Sumber Buku:

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka-Cipta, 2007.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet, 2014.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet, 2014.

Thoha, M. Chabib. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo, 2001.

Sumber Artikel Jurnal

Anita, Sulis Tyowati., dan Zuldafrial. “Analisis Kualitas Butir Soal Fisika Kelas X Sekolah Menengah Atas.†Jurnal Edukasi: Jurnal Pendidikan 16, no. 1 (2018): 35-47. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.780.

Gimo dan Farida Nugrahani. “Analisis Butir Soal Ulangan Akhir (UAS) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI Sekolah Kejuruan Negeri Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2015/2016.†Statistika 5, no.1 (2019): 35-56. https://doi.org/10.32585/.v5i1.609.

Matondang, Zulkifli. “Validitas dan Reliabilitas suatu Instrumen Penelitian.†Tabularasa 6, no. 1 (2009): 87-97. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/705.

Sulfemi, Wahyu B. “Hubungan Persepsi Peserta Didik tentang Kompetensi Guru Mata Pelajaran Sejarah dengan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah di Kelas X SMA Negeri 1 Pamajihan Kabupaten Bogor.†Fascho 5, no. 2 (2016): 52-70. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=hubungan+persepsi+peserta+didik&oq=hubungan+persepsi+peserta#d=gs_qabs&u=%23p%3DtXRoiW4akEkJ.

Triyatno, N., Sriyono, dan Nur Ngazizah. “Bias Gender Ujian Akhir Semester Genap Fisika Kelas X SMA Negeri Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013.†Jurnal Radiasi 4, no. 1 (2014): 34-37. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/416.

Yusup, Febrianawati. “Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif.†Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmu Kependidikan 7, no. 1 (2018): 17-23. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jtjik/article/download/2100/1544.

Downloads

Published

2023-07-04

Issue

Section

Articles

Citation Check