Peran Pengelola Asrama dalam Pembinaan Karakter Mahasiswi Ma’had Al-Birr Universitas Muhammadiyah Makassar

Authors

  • Risnawati Hannang
  • Rusli Malli
  • Abd. Rahim Razaq
  • Muhammad Ali Bakri
  • M Ilham Muchtar Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v5i2.2943

Keywords:

Pengelola Asrama, Ma'had, Karakter, Mahasiswi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pembinaan mahasiswi di Asrama Ma’had Al-Birr dan bagaimana Karakter mahasiswi Ma’had Al-Birr serta peranan pengelola asrama dalam pembinaan karakter mahasiswi Ma’had Al-Birr Universitas Muhammadiyah Makassar. Penelitian ini bersifat deskriktif kualitatif yang dimaksudkan untuk mengungkap sebuah fakta empiris secara objektif ilmiah dengan berlandaskan pada logika keilmuan, prosedur dan didukung oleh metodologi dan teoritis yang kuat sesuai disiplin keilmuan yang ditekuni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama, Pembinaan Mahasiswi Asrama Ma’had Al-Birr menggunakan tiga model pembinaan, yaitu klasikal, mentoring dan pembiasaan. Dalam membina mahasiswi pengelola asrama menggunakan beberapa prinsip yaitu  keteladanan, latihan dan pembiasaan, pembinaan melalui nasehat, pembinaan melalui kedisiplinan, kemandirian, persatuan dan persaudaraan. Kedua, Mahasiswi Ma’had Al-Birr adalah mahasisiwi yang berkarakter islami, religius, sopan dan beradab, rajin, disiplin dan bertanggung jawab serta mempunyai karakter kepemimpinan yang meneladani Rasulullah saw. Ketiga, Peran Pengelola dalam pembinaan karakter Mahasiswi Ma’had Al-Birr Universitas Muhammadiyah Makassar yaitu sebagai orang tua yang menyayangi, mengawasi dan membimbing mahasiswi, sebagai guru yang mengajari dan memberi nasehat kepada mahasiswi dan sebagai teladan yang memberi contoh yang baik yang bisa ditiru dan diikuti oleh mahasiswi.

References

Bakri, M. Ali, Arsyad, A., Khalifah Mustami, M., & Yaumi, M. Institutional Transformation of the Al-Birr College as a form of Regeneration Scholars in University of Muhammadiyah. Advances in Social Sciences Research Journal, 6(7), (2019). 96–112. https://doi.org/10.14738/assrj.67.6753

Cahyono, Achmadi. Pendidikan Karakter. Strategi Pendidikan Nilai dalam Membentuk Karakter Religius. Jurnal Ri’ayah Vol. 01. No. 02 (2016).

Dahlan & Aisyah Suryani. Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan 3 (2), 2019. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142.

Haedari, Amin. Masa Depan Pesantren: Dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Kompleksitas Global. Jakarta: IRD Press, 2005.

Hasan, Alwi dkk, Kamus Besar Bahasa Indonesia . Jakarta: Balai Pustaka, 2013

Kementerian Pendidikan Nasional. Buku Induk Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa 2010- 2025. Jakarta: Puskur, 2010.

Kepres No. 40 Tahun 1981 Pasal 1 Tentang Pembangunan Asrama Mahasiswa untuk Perguruan Tinggi di Seluruh Indonesia. https://peraturanpedia.id/keputusan-presiden-nomor-40-tahun-1981/

Marzuki. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah, 2015.

Matta, M. Anis. Membentuk Karakter Islami. Jakarta: Al-Ithisom Cahaya Umat, 2003.

Muchtar, M. Ilham. Pendidikan Karakter; Garansi Peradaban Berkemajuan. Tarbawi; Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 2 No. 2, 2017. DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v2i02.1032

Muchtar, MI. Peningkatan Penguasaan Mufradat Melalui Pengajian Kitab Pada Mahasiswa Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar. Al-Maraji: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. Vol 2, No 2 (2018)

Tohidi, Abi Iman. Konsep Pendidikan Karakter Menurut Al-Ghazali Dalam Kitab Ayyuha Al-Walad. Oasis: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, Vol 2, No 1 (2017) DOI: 10.24235/oasis.v2i1.1542

Wibowo, A. Pendidikan Karakter (Strategi mengembangkan karakter bangsa peradaban). Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2012.

Downloads

Published

2023-01-16

Citation Check