Optimasi Platform Digital sebagai Transformasi Pendidikan Islam Berkemajuan
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v5i2.3494Abstract
Abstract
Â
Advances in technology and information help people develop their abilities in dealing with the current Covid-19 pandemic. Digital transformation in the world of education is the main trigger for student learning motivation and educators can utilize their digital skills to innovate in developing learning materials in schools. This journal uses a method in the form of a qualitative approach to literature study. The data we collect is obtained through data identification, reading, understanding, discussing data, presenting and drawing conclusions seeking and collecting sources from books and relevant journals. So researchers will find and understand the problems taken regarding how to optimize digital platforms with the transformation into progressive Islamic education. The results of this study indicate that digital transformation as a form of realization of progressive Islamic education provides a new direction for every community's life to be able to use it as well as possible so that it is not misused. Therefore, people need to equip themselves with education. Good use of digital and optimizing digital media platforms is important as an educational alternative to developing learning so that it is interesting, effective, and up to date. Microsoft Office 365 Zenius, Zoom, Google for Education, Whatsapp, Smart class are examples of platforms that can help optimize digital media in the renewal of advanced Islamic education.
Â
Keywords: Digital platforms; Transformation; Islamic education; progress.
Â
Abstrak
Kemajuan teknologi dan informasi membantu masyarakat mengembangkan kemampuannya dalam menghadapi pandemi Covid-19 saat ini. Transformasi digital di dunia pendidikan menjadi pemicu utama motivasi belajar peserta didik dan tenaga pendidik dapat memanfaatkan keterampilan digital mereka untuk berinovasi dalam mengembangkan bahan pembelajaran di sekolah. Jurnal ini menggunakan metode berupa pendekatan kualitatif studi pustaka. Data yang kami kumpulkan didapatkan melalui identifikasi data dengan, membaca, memahami, membahas data, menyajikan serta penarikan kesimpulan mencari dan mengumpulkan sumber dari buku dan jurnal-jurnal yang relevan. Jadi peneliti akan menemukan dan memahami permasalahan yang diambil mengenai bagaimana mengoptimalkan platform digital dengan adanya transformasi kedalam pendidikan Islam berkemajuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa transformasi digital sebagai bentuk realisasi pendidikan Islam berkemajuan, memberikan arah baru bagi setiap kehidupan masyarakat untuk dapat menggunakannya dengan sebaik mungkin agar tidak salah guna. Oleh sebab itu, masyarakat perlu membekali dirinya dengan edukasi. Penggunaan digital yang baik dan mengoptimalkan media platform digital menjadi penting sebagai alternatif pendidikan untuk mengembangkan pembelajarannya agar menarik, efektif, dan kekinian. Microsoft Office 365, Zenius, Zoom, Google for Education, Whatsapp, Smart class merupakan contoh platform yang dapat membantu mengoptimalkam media digital dalam pembaharuan pendidikan Islam berkemajuan.
Â
Kata Kunci: Platform digital; Transformasi; Pendidikan Islam; Berkemajuan.References
REFERENCES
Sumber Buku:
Al-Qardhawi Yusuf, “Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan Al-Bannaâ€, terj. Bustami A. Gani dan Zainal Ahmad, Jakarta: Bulan Bintang, 1980.
Marimba, Ahmad D. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: PT Alma’arif, 1980.
Muhibbin Syah. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2002.
Mulkhan, Abdul Munir. Paradigma Intelektual Muslim. Yogyakarta: Sipress, 1993.
Sumber Artikel Jurnal:
Alimuddin, Johar. “Optimalisasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Al Maahdy Sindangsari Majenang. "Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, no. 2 (2021): 374-379.
Agustian, Niar, and Unik Hanifah Salsabila. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran.†Islamika 3, no. 1 (2021): 123–33. doi:10.36088/islamika.v3i1.1047.
Anugerah, Restu Pranansha, and Wahyu Andhyka Kusuma. “Keefektivitasan Penggunaan Platform LMS Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh.†Jurnal Komputer Dan Informatika 9, no. 2 (2021): 127–32. doi:10.35508/jicon.v9i2.4319.
Habibi, Ibnu. “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Daring (whatsapp Group, Google Classroom dan Zoom Meeting) di SMP Al Amin Bojonegoro. "Cendekia 12, no.2 (2020): 161-178.
Hadiono, Kristophorus, and Rina Candra Noor Santi. “Menyongsong Transformasi Digital.†Proceeding Sendiu, no. July (2020): 978–79. https://www.researchgate.net/publication/343135526_MENYONGSONG_TRANSFORMASI_DIGITAL.
Hanifah Salsabila, Unik, Lailli Irna Sari, Khusna Haibati Lathif, Ayu Puji Lestari, and Asyharinur Ayuning. “Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19.†Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 17, no. 2 (2020): 188–98. doi:10.46781/al-mutharahah.v17i2.138
Kenedi, Agus, and Suci Hartati. “Moderasi Pendidikan Islam Melalui Gerakan Literasi Digital Di Madrasah.†Jurnal Mubtadiin, Vol. 8 No. 01 Januari-Juni 2022 Https://Journal.an-Nur.Ac.Id/Index.Php/Mubtadiin, 2019, 9–25.
Khairul Rahmat, Hayatul, Ferra Puspito Sari, Mutiara Hasanah, Suandara Pratiwi, Achmad Muafi Ikhsan, R Rahmanisa, Syahti Pernanda, and Adib Mahdi Fadil. “Upaya Pengurangan Risiko Bencana Melalui Pelibatan Penyandang Disabilitas Di Indonesia: Sebuah Tinjauan Kepustakaan Disaster Risk Reduction Efforts Through Involvement of People With Disabilities in Indonesia: A Literature Review.†Jurnal Manajemen Bencana (JMB) 6, no. 2 (2020): 55–64. doi:10.33172/jmb.v6i2.623.
Kusumaningrum, Hening, Unik Hanifah Salsabila, Nanik Rahmanti, Istiani Nur Kasanah, and Dian Sidik Kurniawan. “Optimalisasi Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Daring.†SALIHA : Jurnal Pendidikan Agama Islam 5 (2022): 92–114.
Muhammad Haris. “Pendidikan Islam Dalam Perspektif Prof. H.M Arifin.†Ummul Quro 6, no. Jurnal Ummul Qura Vol VI, No 2, September 2015 (2015):1–19. http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/qura/issue/view/531.
Muhasim, Muhasim. “Pengaruh Tehnologi Digital Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik.†Palapa 5, no. 2 (2017): 53–77. doi:10.36088/palapa.v5i2.46.
Noor, Tajuddin. “Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2013 Melalui Pendekatan Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Ayat 30 Surah Ar-Ruum Dan Ayat 172 Surah Al-‘Araaf.†Universitas Singaperbangsa Karawang, no. 20 (2018): 123–44.
Panjaitan, Nur Qomariah, Elindra Yetti, and Yuliani Nurani. “Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi Dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 2 (2020): 588. doi:10.31004/obsesi.v4i2.404.
Pendidikan, Dosen, Agama Islam, Ftk Iain Raden, and Intan Lampung. “Tujuan Pendidikan Islam Imam Syafe’I.†Jurnal Pendidikan Islam 6, no. November (2015): 151–66.
Putra Daulay, Haidar, Zaini Dahlan, Aimanun, and Akublan Siregar. “Manusia Dalam Pendidikan Islam Menurut Hasan Langgulung.†Islamic Education 1, no. 1 (2021): 11–20. doi:10.57251/ie.v1i1.9.
Siswanto, Romi. “TRANSFORMASI DIGITAL DALAM PEMULIHAN PENDIDIKAN PASCA PANDEMI.†Gurudikdas, 2022. https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/transformasi-digital-dalam-pemulihan-pendidikan-pasca-pandemi.
Sujana, I Wayan Cong. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.†Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4, no. 1 (2019): 29. doi:10.25078/aw.v4i1.927.
Suryaningsih, Sri Indah. “Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Dalam Adaptasi Pandemi Covid–19.†Pusdatin, 2022. https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pemanfaatan-teknologi-pembelajaran-dalam-adaptasi-pandemi-covid-19/.