Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Metode Sosiodrama pada Mata Pelajaran SKI
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v6i2.4731Keywords:
Hasil Belajar, Metode Sosiodrama, Sejarah Kebudayaan IslamAbstract
References
Ahmad, Aisya. “Pengembangan Karakter Sopan Santun Peserta Didik: Studi Kasus Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah.†Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 7, No. 2 (30 Desember 2022): 278–96. Https://Doi.Org/10.25299/Al-Thariqah.2022.Vol7(2).8753.
Almahbubi, Mochammad Ikhsanul Millah. “Penggunaan Metode Pembelajaran Bermain Peran Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xi Di Sma Quranic Science Boarding School Kabupaten Tasikmalaya.†Sarjana, Universitas Siliwangi, 2023. Https://Doi.Org/10/10.%20bab%203.Pdf.
Arif, Muh. “Pentingnya Menciptakan Pendidikan Karakter Dalam Lingkungan Keluarga.†Pendais 3, No. 1 (31 Juli 2021): 1–24.
Arrobi, Jimatul, Dan Hikmat Purnama. “Efektivitas Metode Sosiodrama Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Di Mts Hikmatunnidzom Gunungguruh Sukabumi.†Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk) 4, No. 3 (12 Juni 2022): 992–99. Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V4i3.4655.
Astika, Ona. “Implementasi Metode Sosiodrama Dalam Meningkatkan Motivasi Beljar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Smp Negeri 1 Ulaweng.†Other, Iain Bone, 2021. Http://Repositori.Iain-Bone.Ac.Id/695/.
Azizah, Anisatul. “Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran.†Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 3, No. 1 (8 Mei 2021): 15–22. Https://Doi.Org/10.36835/Au.V3i1.475.
Ekaningtyas, Dita Puspita. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Sosiodrama.†Paedagogie 13, No. 2 (30 November 2018): 71–76. Https://Doi.Org/10.31603/Paedagogie.V13i2.2368.
Faruq, Sony Umarul. “Implementasi Metode Pembelajaran Role Playing Berbantu Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ski Di Mts Darul Falah Menilo Tuban.†Undergraduate_(S1), Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, 2023. Https://Doi.Org/10/Lampiran.Pdf.
Hasbi, Hasbi, Hasriadi Hasriadi, Dan Nurul Hikmah Azhari. “Aksiologi Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Iain Palopo.†Kelola: Journal Of Islamic Education Management 8, No. 2 (21 November 2023): 315–144.
Hasriadi, Hasriadi. Strategi Pembelajaran. 1 Ed. Bantul: Mata Kata Inspirasi, 2022.
Humaeroh, Siti, Dan Dinie Anggraeni Dewi. “Peran Pendidikan Kewarganegaraan Di Era Globalisasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa.†Journal On Education 3, No. 3 (5 Mei 2021): 216–22. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V3i3.381.
Jacub, Tasmin A., Hasia Marto, Dan Arisa Darwis. “Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Ips (Studi Penelitian Tindakan Kelas Di Smp Negeri 2 Tolitoli).†Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian 2, No. 2 (14 Desember 2020). Https://Doi.Org/10.56630/Jti.V2i2.126.
Lestari, Sinta. “Penggunaan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Kelas Vii Mts Nurul Iman Babakan Ciseeng Bogor.†Diploma, Unusia, 2020. Https://Unusia.Ac.Id/.
Mahali, Ahmad. “Kurikulum Tersembunyi Dalam Pembelajaran Pai.†Prosiding Nasional 3 (18 Desember 2020): 181–88.
Maria, Anly, Dan Dikri Ramdani. “Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.†Masagi 2, No. 1 (18 Agustus 2023): 48–53.
Masruri, M. Hadi. “Mendesain Model Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Multikultural Di Perguruan Tinggi.†J-Pai: Jurnal Pendidikan Agama Islam 6, No. 1 (30 Desember 2019). Https://Doi.Org/10.18860/Jpai.V6i1.8981.
Maysaroh, Putri. “Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Kreativitas Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Smp Taruna Islam Tenayan Raya, Pekanbaru.†Other, Universitas Islam Riau, 2021. Https://Repository.Uir.Ac.Id/13271/.
Ngainin, Nurul, Kusuma Dwi Nur M, Dan Firman Septiawan. “Implementasi Metode Sosiodrama Dengan Model Cooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together.†El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah 2, No. 02 (30 September 2022): 86–94. Https://Doi.Org/10.36420/Eft.V2i02.156.
Prayitno, Paulus Joko. “Pelaksanaan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sma.†Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 11, No. 2 (20 Juli 2019): 46–55. Https://Doi.Org/10.26418/Jvip.V11i2.33209.
Priyati, Dwi Ani. “Penggunaan Metode Sosiodrama Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas 1 Mi Ma`Arif Gondosuli Muntilan.†Other, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang, 2019. Http://Eprintslib.Ummgl.Ac.Id/1408/.
Romadhianti, Rona, Dan Resti Diah Pramesti. “Analisis Kepribadian Tokoh Utama Dalam Film Pendek ‘Jagat Raya’: Kajian Psikologi Sastra Serta Relevansinya Sebagai Alternatif Bahan Ajar.†Jurnal Pendidikan Tambusai 7, No. 1 (11 Maret 2023): 2846–55. Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V7i1.5651.
Sari, Erna Nurvita. “Implementasi Model Pembelajaran Interaktif Dengan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas Iv Sdn Rangkah Kidul Sidoarjo.†Undergraduate, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, 2023. Http://Digilib.Uinkhas.Ac.Id/23578/.
Siti Rahayu, Lusi. “Pengaruh Pendekatan Saintifik Dengan Metode Sosiodrama Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia.†Diploma, Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 2019. Https://Digilib.Uinsgd.Ac.Id/26933/.
Srg, Rodiah Hannum. “Pelaksanaan Metode Sosiodrama Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas Vii Mts S Al-Muttaqin Sosopan.†Undergraduate, Iain Padangsidimpuan, 2020. Https://Etd.Uinsyahada.Ac.Id/6050/.
Suryani, Suryani. “Penerapan Metode Sosio Drama Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Pada Materi Peristiwa Sekitar Kemerdekaan Kelas Xi Iis Sma Negeri 9 Malinau.†Learning : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 3, No. 2 (25 Juni 2023): 173–81. Https://Doi.Org/10.51878/Learning.V3i2.2299.
Ulya, Marya. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Ski Melalui Metode Mind Mapping Kelas X Ma Al-Falah Gunung Sindur Materi Kebudayaan Masyarakat Makkah Sebelum Islam.†Diploma, Unusia, 2021. Https://Unusia.Ac.Id/.
Wulandari, Amelia Putri, Annisa Anastasia Salsabila, Karina Cahyani, Tsani Shofiah Nurazizah, Dan Zakiah Ulfiah. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.†Journal On Education 5, No. 2 (22 Januari 2023): 3928–36. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V5i2.1074.