Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Metode Sosiodrama pada Mata Pelajaran SKI

Authors

  • Mutmainna Mutmainna Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Hasbi Hasbi Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • St. Marwiyah Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v6i2.4731

Keywords:

Hasil Belajar, Metode Sosiodrama, Sejarah Kebudayaan Islam

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode sosiodrama pada mata pelajaran SKI di MTs Negeri Palopo. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas dengan subjeck penelitian peserta didik dan pendidik kelas VIII C. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas peserta didik siklus I mencapai 66,6% dengan kategori baik. Pada hasil belajar pada siklus I dari 37 peserta didik terdapat 8 peserta didik yang masuk pada kategori sangat baik, 10 peserta didik masuk pada kategori baik, 14 peserta didik masuk pada kategori cukup, 2 peserta didik masuk pada kategori kurang, 3 peserta didik masuk pada kategori sangat kurang. Sedangkan pada siklus II aktivitas peserta didik mencapai presentase 85% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar dari 37 peserta didik terdapat 17 peserta didik yang masuk pada kategori sangat baik, 13 peserta didik masuk pada kategori baik, 7 peserta didik masuk pada kategori cukup.

References

Ahmad, Aisya. “Pengembangan Karakter Sopan Santun Peserta Didik: Studi Kasus Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah.†Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 7, No. 2 (30 Desember 2022): 278–96. Https://Doi.Org/10.25299/Al-Thariqah.2022.Vol7(2).8753.

Almahbubi, Mochammad Ikhsanul Millah. “Penggunaan Metode Pembelajaran Bermain Peran Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xi Di Sma Quranic Science Boarding School Kabupaten Tasikmalaya.†Sarjana, Universitas Siliwangi, 2023. Https://Doi.Org/10/10.%20bab%203.Pdf.

Arif, Muh. “Pentingnya Menciptakan Pendidikan Karakter Dalam Lingkungan Keluarga.†Pendais 3, No. 1 (31 Juli 2021): 1–24.

Arrobi, Jimatul, Dan Hikmat Purnama. “Efektivitas Metode Sosiodrama Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Di Mts Hikmatunnidzom Gunungguruh Sukabumi.†Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk) 4, No. 3 (12 Juni 2022): 992–99. Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V4i3.4655.

Astika, Ona. “Implementasi Metode Sosiodrama Dalam Meningkatkan Motivasi Beljar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Smp Negeri 1 Ulaweng.†Other, Iain Bone, 2021. Http://Repositori.Iain-Bone.Ac.Id/695/.

Azizah, Anisatul. “Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran.†Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 3, No. 1 (8 Mei 2021): 15–22. Https://Doi.Org/10.36835/Au.V3i1.475.

Ekaningtyas, Dita Puspita. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Sosiodrama.†Paedagogie 13, No. 2 (30 November 2018): 71–76. Https://Doi.Org/10.31603/Paedagogie.V13i2.2368.

Faruq, Sony Umarul. “Implementasi Metode Pembelajaran Role Playing Berbantu Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ski Di Mts Darul Falah Menilo Tuban.†Undergraduate_(S1), Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, 2023. Https://Doi.Org/10/Lampiran.Pdf.

Hasbi, Hasbi, Hasriadi Hasriadi, Dan Nurul Hikmah Azhari. “Aksiologi Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Iain Palopo.†Kelola: Journal Of Islamic Education Management 8, No. 2 (21 November 2023): 315–144.

Hasriadi, Hasriadi. Strategi Pembelajaran. 1 Ed. Bantul: Mata Kata Inspirasi, 2022.

Humaeroh, Siti, Dan Dinie Anggraeni Dewi. “Peran Pendidikan Kewarganegaraan Di Era Globalisasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa.†Journal On Education 3, No. 3 (5 Mei 2021): 216–22. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V3i3.381.

Jacub, Tasmin A., Hasia Marto, Dan Arisa Darwis. “Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Ips (Studi Penelitian Tindakan Kelas Di Smp Negeri 2 Tolitoli).†Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian 2, No. 2 (14 Desember 2020). Https://Doi.Org/10.56630/Jti.V2i2.126.

Lestari, Sinta. “Penggunaan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Kelas Vii Mts Nurul Iman Babakan Ciseeng Bogor.†Diploma, Unusia, 2020. Https://Unusia.Ac.Id/.

Mahali, Ahmad. “Kurikulum Tersembunyi Dalam Pembelajaran Pai.†Prosiding Nasional 3 (18 Desember 2020): 181–88.

Maria, Anly, Dan Dikri Ramdani. “Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.†Masagi 2, No. 1 (18 Agustus 2023): 48–53.

Masruri, M. Hadi. “Mendesain Model Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Multikultural Di Perguruan Tinggi.†J-Pai: Jurnal Pendidikan Agama Islam 6, No. 1 (30 Desember 2019). Https://Doi.Org/10.18860/Jpai.V6i1.8981.

Maysaroh, Putri. “Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Kreativitas Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Smp Taruna Islam Tenayan Raya, Pekanbaru.†Other, Universitas Islam Riau, 2021. Https://Repository.Uir.Ac.Id/13271/.

Ngainin, Nurul, Kusuma Dwi Nur M, Dan Firman Septiawan. “Implementasi Metode Sosiodrama Dengan Model Cooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together.†El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah 2, No. 02 (30 September 2022): 86–94. Https://Doi.Org/10.36420/Eft.V2i02.156.

Prayitno, Paulus Joko. “Pelaksanaan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sma.†Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 11, No. 2 (20 Juli 2019): 46–55. Https://Doi.Org/10.26418/Jvip.V11i2.33209.

Priyati, Dwi Ani. “Penggunaan Metode Sosiodrama Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas 1 Mi Ma`Arif Gondosuli Muntilan.†Other, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang, 2019. Http://Eprintslib.Ummgl.Ac.Id/1408/.

Romadhianti, Rona, Dan Resti Diah Pramesti. “Analisis Kepribadian Tokoh Utama Dalam Film Pendek ‘Jagat Raya’: Kajian Psikologi Sastra Serta Relevansinya Sebagai Alternatif Bahan Ajar.†Jurnal Pendidikan Tambusai 7, No. 1 (11 Maret 2023): 2846–55. Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V7i1.5651.

Sari, Erna Nurvita. “Implementasi Model Pembelajaran Interaktif Dengan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas Iv Sdn Rangkah Kidul Sidoarjo.†Undergraduate, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, 2023. Http://Digilib.Uinkhas.Ac.Id/23578/.

Siti Rahayu, Lusi. “Pengaruh Pendekatan Saintifik Dengan Metode Sosiodrama Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia.†Diploma, Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 2019. Https://Digilib.Uinsgd.Ac.Id/26933/.

Srg, Rodiah Hannum. “Pelaksanaan Metode Sosiodrama Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas Vii Mts S Al-Muttaqin Sosopan.†Undergraduate, Iain Padangsidimpuan, 2020. Https://Etd.Uinsyahada.Ac.Id/6050/.

Suryani, Suryani. “Penerapan Metode Sosio Drama Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Pada Materi Peristiwa Sekitar Kemerdekaan Kelas Xi Iis Sma Negeri 9 Malinau.†Learning : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 3, No. 2 (25 Juni 2023): 173–81. Https://Doi.Org/10.51878/Learning.V3i2.2299.

Ulya, Marya. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Ski Melalui Metode Mind Mapping Kelas X Ma Al-Falah Gunung Sindur Materi Kebudayaan Masyarakat Makkah Sebelum Islam.†Diploma, Unusia, 2021. Https://Unusia.Ac.Id/.

Wulandari, Amelia Putri, Annisa Anastasia Salsabila, Karina Cahyani, Tsani Shofiah Nurazizah, Dan Zakiah Ulfiah. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.†Journal On Education 5, No. 2 (22 Januari 2023): 3928–36. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V5i2.1074.

Downloads

Additional Files

Published

2023-12-31

Citation Check