Efektifitas Model Pembinaan Ma’had Al Jamiah Terhadap Nilai Pendidikan Islam Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Palopo

Authors

  • Imam Pribadi Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia
  • Muhammad Yusuf Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i1.6338

Keywords:

Efektivitas Pembinaan, Ma’had Al Jamiah, Nilai Pendidikan Islam

Abstract

Model pembinaan penanaman nilai-nilai pendidikan Islam mahasiswa melalui program Ma’had Al-Jamiah di Universitas Muhammadiyah Palopo adalah kegiatan yang dilaksanakan secara intensif mulai hari Senin sampai dengan hari Kamis. Kegiatan tersebut diawali dengan melaksanakan Sholat Dhuhur secara berjamaah di Masjid. Kegiatan ini wajib di ikuti oleh seluruh mahasiswa semester I dan II. Model Pembinaan Ma’had Al-Jamiah terfokus pada materi baca tulis al-Qur’an, Akhlak dan Ibadah. Mahasiswa peserta Ma’had Al-Jamiah di bombing oleh para Instruktur Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan Dosen yang mengampu mata kuliah Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palopo yang terlibat dalam pembinaan Ma’had Al Jamiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembinaan yang diterapkan pada program pembinaan Ma’had Al Jamiah terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai pendidikan Islam mahasiswa. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan pembinaan secara aktif mengalami peningkatan dalam pengetahuan agama dan pengamalan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan uraian ini, disarankan agar model pembinaan terus diperbaiki dan disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa agar dapat lebih optimal dalam meningkatkan nilai pendidikan Islam di Universitas Muhammadiyah Palopo.

References

Arcanita, Rafia. “Program Ma’had Al-Jami’ah IAIN Curup: Solusi Mengatasi Rendahnya Kemampuan Mahasiswa Membaca Al-Qur’an.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 19, no. 1 (2021): 12–24.

Astuti, Mardiah, Herlina Herlina, and Ibrahim Ibrahim. “Pendidikan Islam Dan Perannya Dalam Membentuk Karakter Mahasiswa.” Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan 12, no. 1 (2024): 77–88.

Bahri, Samsul. “World View Pendidikan Islam Tentang Pembentukan Karakter Peserta Didik Yang Holistik Dan Integratif.” Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 7, no. 2 (2017): 179–212.

Hakim, Zainul. “Implementasi Kepemimpinan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember‎ Dalam Meningkatkan Mutu Kelembagaan Melalui Ma’had Al-Jami’ah.” LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 1 (2023): 14–30.

Helandri, Joni, and Supriadi Supriadi. “Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern: Tinjauan Terhadap Praktik Dan Tantangan.” TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam 7, no. 1 (2024): 93–116.

Mahrus, Mahrus. “Kontekstualisasi Nilai-Nilai Islam Dalam Teori Dan Praktek Pendidikan Agama Islam.” Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 1 (2024): 127–31.

Nasir, Abdul, Nurjana Nurjana, Khaf Shah, Rusdy Abdullah Sirodj, and M Win Afgani. “Pendekatan Fenomenologi Dalam Penelitian Kualitatif.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 5 (2023): 4445–51.

Nasir, Muhammad, and Muhammad Khairul Rijal. “Model Kurikulum Dan Pembelajaran Ma’had Al-Jami’ah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (Ptki) Di Indonesia,” 2020.

Pahrudin, Agus. Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural. Samudra Biru, 2021.

Pratama, Dian Arif Noor. “Tantangan Karakter Di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Membentuk Kepribadian Muslim.” Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 1 (2019): 198–226.

Yamin, M. (2023). Pembinaan Literasi Anak berbasis Masjid di Desa Buntu Batu. Room of Civil Society Development, 2(3), 101-105.

Suyana, Nana. “Signifikansi Dan Pengembangan Model Antara Ilmu Agama Dan Keahlian Professional Pada Ma’had Aly.” Akhlak: Journal of Education Behavior and Religious Ethics 1, no. 1 (2025).

Downloads

Published

2025-05-22

Citation Check