Pengaruh Impelementasi Segregasi Gender Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik MTsN 4 Pasaman Barat

Authors

  • ismy UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Bambang Trisno UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i1.6475

Keywords:

Pemisahan Kelas, Gender Segregation, Motivasi Belajar, Aqidah dan Akhlak Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penemuan permasalahan dimana masih terdapat siswa pada kelas putra yang kurang semangat dalam belajar sehingga ketika diberikan tugas memilih untuk menyontek, sebagian siswa pada kelas putri sibuk memperbaiki perilakunya, terdapat juga sebagian siswa. yang melamun di kelas,. Penelitian bertujuan untuk mengukur sejauh mana dampak dari penerapan pemisahan kelas berdasarkan jenis kelamin terhadap motivasi belajar. Selain itu, bertujuannya untuk mengidentifikasi faktor-faktor tertentu yang memengaruhi hubungan antara pemisahan kelas berdasarkan jenis kelamin dan motivasi belajar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan sampel sejumlah 78 siswa yang dipilih menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan skala likert. Hasil analisis data menunjukkan nilai Thitung sebesar 6,912 dan Ttabel sebesar 1,664 dengan signifikansi pemisahan kelas (gender segregation) sebesar 0,000<0,05, yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,386 menunjukkan bahwa pengaruh pemisahan kelas berdasarkan jenis kelamin terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Aqidah Akhlak pada siswa kelas VIII MTsN 4 Pasaman Barat adalah sebesar 38,6%, sementara 61,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

References

Afiqul Adib. 2022. “Rahmah El Yunusiyah: Konsep Pendidikan Agama Islam Dan Relevansinya Di Abad 21,.” Jurnal Ilmiah Keislaman 21(2):108.

Akhad Ramli, dkk. n.d. Pengantar Manajemen Pendidikan. Palembang: Bening Media Publishing.

Aliah Darma, Yoce, Sri Atuti. 2021. Pemahaman Konsep Literasi Gender. Tasikmalaya: Langgam Pustaka.

Bening Samudra Bayu Wasono. 2021. “Strategi Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa.” P. 43 in. Guepedia.

Casmini M. 2013. Pendidikan Segregasi Gender. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2010. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Iswantir. 2019. Pendidikan Islam, Sejarah Peran, Dan Kontribusi Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Lampung: Anugrah Utama Raharja.

Molavi,P., Momanyi, J.M., Simiyu &Too,j., Krisnamurthy. 2015. “Factor Responsible for Lack of Motivation among Medical Student’s of Ardabil Medical University.” Iranian Of Med Ass 25(1):53–58.

Muhammad Muhyi. 2018. Metodologi Penelitian. Surabaya: Adi Buana University Press.

Munir Yusuf. 2018. Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.

Rukminingsih dkk. 2020. “Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas.” P. 73 in. Yogyakarta: Erhaka Utama.

Siti Fadjarajani, dkk. 2020. “Metodologi Penelitian Pendekatan Multidisipliner.” P. 59 in. Gorontalo: Ideas Publishing.

Sunarti Rahman. 2021. Dapat Membangkitkan Dan Menggerakkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan.

Syawaluddin, Syawaluddin, Bambang Trisno, Lainah Lainah, Yogi Damai, West Sumatera, West Sumatera, Madrasah Aliyah, Negeri Kota, Padang Panjang, and West Sumatera. 2023. “Differences in Motivation to Learn Arabic in Terms of Gender In the Islamic Religious Education Study Program.” 6(1):52–63.

Umi Salamah. 2016. Perspektif Teori Postmodern Terhadap Problema Sosial Politik Kontemporer,. Malang: Media Nusa Creatif.

Yahya Fathur Rozy. 2022. “Penafsiran ‘ La Taqrabu Al Zina’ Dalam QS. Al-Isra Ayat 32 ( Studi Komparatif Antara Tafsir Al Azhar Karya Buya Hamka Dan Tafsir Al-Mishbab Karya M. Quraish Shihab,.” Journal of Qur’an Tafseer Studies 1(1):68.

Wulan, S., Zainuddin, F., Yamin, M., Selviana, S., & Rahmadani, E. (2024). Pengembangan media pembelajaran smart card pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VI di MI 01 Bonepute. Jurnal Pendidikan Refleksi, 12(4), 211-222.

Yanuar Arifin. 2018. Pemikiran Emas Para Tokoh Pendidikan Islam. Yogyakarta: IRCiSoD.

Yamin, M., Ismail, I., & Rodiyah, S. (2025). Pengembangan E-Modul Interaktif pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMPN 3 Palopo. ISLAMIKA, 7(2), 309-324.

Downloads

Published

2025-05-27

Citation Check