Peningkatan Kompetensi Mengajar Guru Melalui penyuluhan dengan pendekatan Self Development dan Teamwork

Authors

  • Nur Lintang Abdilla Zahro Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Ardi Kusuma Putra Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Siti Annisa Mulyaningsih Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Ratih Tari Munandar Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Ardi Kusuma Putra Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Lisnawati Ruhaena Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i1.6528

Keywords:

Guru, Self Development, Teamworks

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pelatihan pengembangan diri (self development) dan kerja tim (teamwork) terhadap peningkatan kualitas mengajar guru TK IT Al-Hasna. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan asesmen yang menunjukkan rendahnya kemampuan guru dalam menyusun modul ajar dan menjalin komunikasi antar sesama rekan kerja. Penelitian menggunakan metode eksperimen melalui desain pre-test dan post-test untuk mengukur perubahan kompetensi guru sebelum dan sesudah intervensi. Subjek penelitian adalah 13 guru TK IT Al-Hasna yang dibagi ke dalam dua kelompok, masing-masing diberi tugas membuat dan mempresentasikan Alat Permainan Edukatif (APE) sebagai bentuk praktik kerja tim dan pengembangan diri. Data dikumpulkan melalui angket pre-test dan post-test yang mencakup indikator-indikator self development dan teamwork. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor pada sebagian besar indikator setelah intervensi. Grafik self development memperlihatkan kenaikan signifikan pada hampir semua pernyataan kecuali satu, sementara grafik teamwork menunjukkan stabilitas atau peningkatan, tanpa adanya penurunan skor. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pelatihan pengembangan diri dan kerja tim memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kompetensi guru dalam proses pembelajaran.

References

Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099

Anwar, R. N., & Alfina, A. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Di TK IT Nur Al Izhar Kebonsari (Studi Kasus Pengembangan Guru). Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.33474/thufuli.v1i2.4876

Awalia, A. R., Fania, D., & Setyaningrum, D. U. (2020). Pengaruh Teamwork Terhadap Kinerja Karyawan (Study Kasus Pada Pt. XYZ Jatinangor. E-Journal Equilibrium Manajemen, 6(2), 12–19.

Darling-Hammond, L. (2017). Teacher education around the world: What can we learn from international practice? European Journal of Teacher Education, 40(3), 291–309. https://doi.org/10.1080/02619768.2017.1315399

Höddinghaus, M., Nohe, C., & Hertel, G. (2024). Leadership In Virtual Work Settings: What We Know, What We Do Not Know, And What We Need To Do. European Journal of Work and Organizational Psychology, 33(2), 188–212. https://doi.org/10.1080/1359432X.2023.2250079

Indriawati, P., Prasetya, K. H., Sinambela, S. M., & Taufan, I. S. (2022). Peran Guru dalam Mengembangkan Kompetensi Sosial pada Anak Usia Dini di TK Cempaka Balikpapan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(3), 521–527. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i03.1917

Janah, R. F. N., Muttaqin, M. F., & Rizki, M. A. (2023). Strategi Inovatif Pojok Perpustakaan Dan Rumah Pintar Dalam Pengembangan Pendidikan Formal Dan Non Formal Di Desa Penatarsewu Tanggulangin. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(3), 2256–2262. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i3. 1435

Manzoor, F., Wei, L., Asif, M., Ul Haq, M. Z., & Ur Rehman, H. (2019). The Contribution of Sustainable Tourism to Economic Growth and Employment in Pakistan. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(19), 1–14. https://doi.org/10.1002/sd.2059

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2023. Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 2626/B/HK.04.01/2023 Tentang Model Kompetensi Guru.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009.

Pranitasari, D., & Rozaq, A. (2019). Pengaruh Kerja Tim dan Pengembangan Karier Terhadap Pengembangan Diri Dan Keterlibatan Kerja Karyawan. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(3), 253–266. https://doi.org/10.33059/jmk.v8i3.1903

Rahman, A. (2019). Analisis Pentingnya Pengembangan Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8455–8466.

Risdoyok, & Aprison, W. (2021). Kerjasama Guru PAI dan Orang Tua dalam Menghadapi Pembelajaran Selama Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2319–2335. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.819

Rulianto, & Hartono, F. (2018). Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(2), 127–134.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wartini, S. (2015). Strategi Manajemen Konflik Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Teamwork Tenaga Kependidikan. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 6(1), 64–73. https://doi.org/10.29244/jmo.v6i1.12194

Welsch, D., Burk, L., Mötefindt, D., & Neumann, M. (2024). Navigating Cultural Diversity: Barriers and Benefits in Multicultural Agile Software Development Teams. Proceedings of the ACM Symposium on Applied Computing, 818–825.

https://doi.org/10.1145/3605098.3635988

Wulan, S., Zainuddin, F., Yamin, M., Selviana, S., & Rahmadani, E. (2024). Pengembangan media pembelajaran smart card pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VI di MI 01 Bonepute. Jurnal Pendidikan Refleksi, 12(4), 211-222.

Yamin, M. (2022). Blended learning model pembelajaran pasca pandemi. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 285-289.

Zaky, M. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Tim Kerja: Sebuah Kajian Teoritis Dan Empiris. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(1), 316–326. https://doi.org/10.15575/jim.v4i1.25253

Downloads

Published

2025-06-07

Citation Check