Perkembangan Peserta Didik Dengan Kebutuhan Khusus: Studi Kasus di SLB Kabupaten Sorong

Authors

  • Nurul Dwi Mutia Pendidikan Agama Islam IAIN Sorong, Indonesia
  • Eka Ningtyas Putri Lestari IAIN Sorong, Indonesia
  • Zalia Azhara Paputungan IAIN Sorong, Indonesia
  • Azkia Fikamalina IAIN Sorong, Indonesia
  • Abdul Azis Khoiri IAIN Sorong, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i1.6531

Keywords:

Perkembangan, Peserta didik, Berkebutuhan Khusus

Abstract


Pendidikan merupakan hal terpenting bagi setiap manusia, termasuk anak-anak dengan
kebutuhan khusus yang mempunyai ciri khas umum yang menjadikannya lebih unik
dengan anak-anak biasa sehingga memerlukan pendidikan khusus. Penelitian ini
dilakukan untuk menganalisis bagaimana perkembangan dan potensi peserta didik
pada anak yang berkebutuhan khusus di di SD LB Negeri Kabupaten Sorong, menilai
bagaimana efektifitas program pendidikan bagi anak dengan kebutuhan khusus, serta
bagaimana meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan bagi
anak-anak yang berkebutuhan khusus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
yakni menggunan deskriptif kualitatif dengan teknik pendektakan wawancara dan
observasi. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, Perkembangan peserta didik
dengan kebutuhan khusus selama mengikuti program disekolah SD LB Kabupaten
Sorong telah memberikan hasil walaupun memerlukan proses yang lama. Proses
pendidikan pada anak dengan kebutuhan khusus sangat diperlukan agar mereka dapat
melatih kemandirian serta dapat menjalani hidup sama seperti orang-orang pada
umumnya tanpa merasa kurang percaya diri.

References

Agusman, Mujiadi. 2024. “Paradigma Kemiskinan Dalam Perspektif Islam.” Holistik Analisis Nexus 1(7):231–39. doi: 10.62504/nexus804.

Aini Anggraini, Ananda Putri Aliansy, Nida Nabilah Limas, Sastra Wijaya. 2024. “Mengenal Lebih Dekat Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahitaan.” (3).

Ardiansyah, Risnita, and M. Syahran Jailani. 2023. “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif.” Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam 1(2):1–9. doi: 10.61104/ihsan.v1i2.57.

Dona Liza, Leni Marlina, Iqbal Geni Pratama, and Opi Andriani. 2024. “Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Melaksanakan Pendidikan Inklusi Untuk ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) Di Sekolah.” JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora 3(1):59–68. doi: 10.56910/jispendiora.v3i1.1225.

Fikri, Hana Cintami. 2022. “Pentingnya Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.” YPPA Bukit Tinggi Sekolah Luar Biasa Autisma.

Fitri Dalilatun Nurul Fasekhah, Nila Amania Universitas. 2024. “PERLINDUNGAN HAK ANAK PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF INDONESIA Fitri Dalilatun Nurul Fasekhah Universitas Sains Al- Qur ’ an Nila Amania Universitas Sains Al- Qur ’ an Abstract Keywords : Children ’ s Rights , Child Protection , Islamic Law , In.” At-Ta’aruf 3(2):16–25.

Hanifah, Diva Salma, Annasjla Byandra Haer, Saraswati Widuri, and Meilanny Budiarti Santoso. 2022. “Tantangan Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Dalam Menjalani Pendidikan Inklusi Di Tingkat Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM) 2(3):473. doi: 10.24198/jppm.v2i3.37833.

Haryanto, Sri. 2020. “Internalisasi Nilai Demokrasi Dan Humanisme Dalam Pendidikam Islam.” 2507(February):1–9.

Muhammad Rizal Pahleviannur, Anita De Grave, Dani Nur Saputra. 2023. Metodologi Penelitian Kualitatif.

Putra, Pristian Hadi, Indah Herningrum, and Muhammad Alfian. 2021. “Pendidikan Islam Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Kajian Tentang Konsep, Tanggung Jawab Dan Strategi Implementasinya).” Fitrah: Journal of Islamic Education 2(1):80–95. doi: 10.53802/fitrah.v2i1.55.

SAIHU. 2019. “Komunikasi_Pendidik_Terhadap_Anak_Berkebutuhan_Khu.” JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, VOL 1, NO. 3, TAHUN 2019 Magister 1(3):418–40.

Saputri, M. A., Widianti, N., Lestari, S. A., & Hasanah, U. 2023. “Ragam Anak Berkebutuhan Khusus. Childhood Education.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1):38–53.

Satwika, Yohana Wuri, Riza Noviana Khoirunnisa, Hermien Laksmiwati, and Miftakhul Jannah. 2019. “Efektivitas Pelatihan Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Pada Guru Sekolah Inklusi.” PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi) 13(2):109. doi: 10.30587/psikosains.v13i2.763.

Sheila Putri Isroini, Isna Ida Mardiyana, Siska Trisnayanti. 2024. “ANALISIS KEMAMPUAN BELAJAR OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS 4D SDN KEMAYORAN 1 BANGKALAN.” 2:109–17.

Switri, Endang. 2020. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus.

Syaputri, Echa, and Rodia Afriza. 2022. “Peran Orang Tua Dalam Tumbuh Kembang Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme).” Educativo: Jurnal Pendidikan 1(2):559–64. doi: 10.56248/educativo.v1i2.78.

Tiara Dwi Cahyaning Wulandari, Alfi Zahra Fahira, Luthfiah Aulia Nurul Akmal, Tadya Nastari Septia Anwar, Yulia Elfrida Yanti Siregar. 2024. “Implementasi Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Rumah Belajar Kevala.” 5(1):124–35.

Wanget, Samuel, Institut Agama, Kristen Negeri, Harlinda Losoh, Putri Agama, David Natanael Ponto, Institut Agama, and Kristen Negeri. 2025. “Peran Orang Tua Dalam Perkembangan Anak Berkebutuha Khusus Suatu Kajian Pastoral Konseling.” 2(1):1–13.

Yamin, M. (2020). Perilaku Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Siswa dalam Pembelajaran Praktikum di SMKN 2 Sidenreng. ., 1(3), 207-214.

Yanuar, Tiara, Diah Anggraeny, and Siti Mahmudah. 2023. “Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendidikan Inklusi.” Jurnal Citra Pendidikan 3(3):1080–86. doi: 10.38048/jcp.v3i3.1787.

Downloads

Published

2025-05-23

Citation Check