Pedagogi Luqman Hakim (QS. Luqman 12-19) dalam Pembentukan Karakter Siswa di SD Negeri Pacarpeluk

Authors

  • Salwa Hajar UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Umirul Musyarofah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Ainussofi Barkatul Charomaini Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Muhammad Shodiq Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i1.6614

Keywords:

Pedagogi Luqman Hakim, QS. Luqman Ayat 12-19, Pembentukan Karakter, SD Negeri Pacarpeluk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi terkait pedagogi Luqman Hakim (QS. Luqman 12-19) dalam Pembentukan Karakter Siswa di SD Negeri Pacarpeluk. Nilai-nilai pendidikan Luqman Hakim yang diangkat meliputi Aqidah, syari’ah, dan akhlak yang bersumber dari nasehat Luqman Hakim dalam Al-Qur’an Surat Luqman ayat 12-19. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi lapangan melalui pengumpulan data berupa observasi dan wawancara pada proses pembelajaran dan kegiatan di SD Negeri Pacarpeluk. Implementasi nilai-nilai QS. Luqman Ayat 12-19 dalam Pembentukan Karakter Siswa di SD Negeri Pacarpeluk dilakukan dengan memberikan nasehat dan tauladan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi ini mendukung dalam pembentukan karakter religius, disiplin, dan sikap sopan santun pada siswa, sekaligus relevan dengan kebutuhan pendidikan Islam di era modern. Kontribusi positif pendidikan Luqman Hakim diwujudkan melalui proses pembelajaran dengan pemberian pemahaman terkait niali-nilai QS. Luqman ayat 12-19 yang kemudian dijadikan suatu pembiasan dalam kegiatan di sekolah. Penelitian ini merekomendasikan penguatan integrasi antara pendidik dan orangtua dalam pembentukan karakter siswa.

References

Amrillah, M., & Nadlif, A. (2023). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini pada Surah Luqman Ayat 12-19 Berdasarkan Tafsir Ibnu Katsir. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(3), 4–5.

Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Bintang : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48.

Az-Zuhaily, W. (2007). Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. Bandung: Marja.

Bafadhol, I. (2017). Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 57.

Busyairi, A., & Laha, M. S. (2020). Penerapan Studi Lapangan dalam Meningkatkan Kemampuan Analisis Masalah (Studi Kasus pada Mahasiswa Sosiologi IISIP Yapis Biak. Jurnal Nalar Pendidikan, 8(1), 63–72.

Fauziah, H., & Mahpudz, S. (2022). Pembentukan Karakter Rendah Hati Peserta Didik Dalam Al-Qur’an Surah Al-Furqan 63-64 Kajian Ilmu Pendidikan Islam. Masagi (Jurnal Pendidikan Agama Islam), 1(1), 5.

Hamzah, N. (2020). Pengembangan Sosial Anak Usia Dini. Pontianak: Iain Pontianak Press.

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (1st ed.). Medan: Wal ashri Publishing.

Husaini, & Rizkoni Salis, M. (2023). Relevansi Pendidikan Karakter dalam Al-Qur’an Sebagai Pembentuk Kepribadian. SCHOLARS: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(1), 21.

Khaironi, M., & Ramdhani, S. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(2), 82–89.

Khoerunnisa, N., Akil, & Abidin, J. (2022). Urgensi Metode Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Islam. Peteka, 5(3), 335.

Kurniasari, N. (2024). Metode Pendidikan Luqman Al Hakimdan Relevansinya Dalam Pengasuhan Anak Usia Dini. Qurroti: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 113.

Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41–49.

Lajnah Pentashihan mushaf Al-Qur’an. (2025). Quran Surah Luqman Ayat 12-19. Retrieved from Kemenag website: https://quran.kemenag.go.id/

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publication.

Mukodi. (2011). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Surat Luqman. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 435.

Musthafa Al Maraghi, A. (1992). Tafsir Al-Maraghi (Penerjemah). Semarang: Toha Putra.

Mustofa, A., & Rochman, T. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Qs Luqman Ayat 12-19 Di Smpn 1 Gudo Jombang. Inovatif: Jurnal Penelitia Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 9(1), 28.

Mutmainah. (2019). Sistem dan Nilai Pendidikan Luqman Hakim Dalam Ayat-ayat al-Qur’an. AL-THIQAH: Jurnal Ilmu Keislaman, 2(Vol 2 No 02 (2019): Oktober), 5–6.

Nurcahaya Dewi, S., Pinasti, J., Rahmadani, D., Aldi Rahman, M., & Wismanto. (2024). Syirik dan Dampaknya Bagi Kehidupan Manusia. Mutiara : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(1), 438.

Pratiti, N., Purnomo, A., & Hermanto, F. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ips Di Smp Negeri 34 Semarang. Sosiolum: Jurnal Pembelajaran Ips, 1(1), 73.

Qomari, R. (2009). Prinsip dan Ruang Lingkup Pendidikan Aqidah Akhlaq. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(1), 1.

Rudianto, R., & Mahfud, M. (2023). Konsep Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan AgamaIslamDalam Proses BelajarMengajar. Ournal of Islamic Education, 1(Vol. 1 No. 1 (2023): May 2023), 19.

Satiadharmanto, D. F., Cempokowulan, A., Rahman, A., Sodikin, N., Yatin, & Hendrawan. (2024). Membangun Karakter Anak di Era Digital: Peran Pendidikan Agama Islam dalam Perlindungan Hukum. Maximal Journal : Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya Dan Pendidikan, 2(1), 4.

Yuliana, S. (2021). Komparasi Model Pendidikan Karakter di MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo dan SD N Sidorejo Lor 03 Tahun Pelajaran 2020/2021. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Zainal Mutaqin, M. (2022). Konsep Sabar Dalam Belajar Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization, 3(1), 4.

Downloads

Published

2025-06-16

Citation Check