Nilai-nilai Pendidikan Karakter Abu Bakar Ash-Shiddiq dan Relevansinya Terhadap Pembentukan Akhlak Generasi Milenial
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i1.6637Keywords:
Abu Bakar Ash-Shidiq, Era Milenial, Pendidikan KarakterAbstract
Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam pembentukan akhlak individu, terutama bagi generasi milenial yang hidup dalam perkembangan teknologi dan arus informasi yang cepat. Salah satu sosok yang dapat dijadikan teladan dalam pendidikan karakter adalah Abu Bakar Ash-Shidiq, sahabat Rasulullah, yang dikenal dengan akhlak mulia seperti kejujuran, kesabaran, dan pengorbanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh nilai-nilai pendidikan karakter Abu Bakar Ash-Shidiq terhadap pembentukan akhlak generasi milenial, dengan menggunakan metode kepustakaan (library research). Penelitian ini mengkaji secara mendalam berbagai sumber seperti buku, artikel dan literature lain yang membahas kehidupan dan akhlak Abu Bakar Ash-Shiddiq, serta kaitannya dengan pembentukan karakter generasi milenial saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter Abu Bakar Ash-Shidiq, seperti shiddiq (kejujuran), amanah, zuhud dan kesederhanaan, tanggung jawab sosial, toleransi dan kelembutan, memiliki nilai yang sangat relevan untuk diterapkan pada pembentukan akhlak generasi milenial. Oleh karena itu, pendidikan karakter berbasis teladan Abu Bakar Ash-Shiddiq dapat menjadi salah satu solusi dalam menghadapi permasalahan akhlak yang sering dijumpai pada generasi milenial.
References
Afifah, N., & Wahid, A. (2021). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kepemimpinan Abu Bakar Ash-Shiddiq. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 6(2), 211–224. https://doi.org/10.31604/muaddib.v6i2.2021
Al-Suyuthy, J. A. (1987). Tarikh al-Khulafa’. Daru al-Fikr.
Ardiningrum, A. D., Maulidya, F. N., & Rahayu, I. (2021). Membentuk Generasi Milenial Qur’ani Melalui Pembelajaran PAI. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 28(1), 53–63.
Ash-Shallabi, P. D. A. M. (2002). Biografi Abu Bakar Ash-Shiddiq. Pustaka Al-Kautsar. https://books.google.co.id/books?id=u-vbDwAAQBAJ
Fadli, M., Mukti, A., & Haidir, H. (2022). The Strategy for Implanting Character Values in Akidah Akhlak Subjects for Elementary Education Level Students. Jurnal Basicedu, 6, 9771–9783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4149
Ilah, M., Ubaidillah, M., & Rizaq, M. (2024). The Effect of Hadith and Character Education Implementation on Student Discipline in Islamic Schools. West Science Social and Humanities Studies, 2, 2093–2099. https://doi.org/10.58812/wsshs.v2i12.1531
Luthfiyah, R., & Zafi, A. A. (2021). Penanaman Nilai Karakter Religius Dalam Perspektif Pendidikan Islam Di Lingkungan Sekolah RA Hidayatus Shibyan Temulus. Jurnal Golden Age, 5(2), 513–526.
Munir, H., & Wiranata, R. (2024). Gaya Kepemimpinan Karismatik Abu Bakar Ash-Shiddiq Perspektif Kitab Al-Bidayah wan Nihayah dan Relevansinya pada Pendidikan Tinggi Islam. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6, 129–147. https://doi.org/10.54396/alfahim.v6i1.1177
Murrad, M. (2009). Kisah Hidup Abu Bakar Al-Shiddiq. Serambi Ilmu Semesta.
Shohibatussholihah, F. (2022). Khulafa Ar Rasyidin and the Islamic Education System. Abjadia: International Journal of Education, 7(2), 201–213.
Sidiq, H. P., & Indra, H. (2023). ABU BAKAR ASH-SHIDDIQ’S EDUCATIONAL LEADERSHIP MODEL. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 93–102. https://doi.org/10.24252/edu.v3i1.35774
Sumanti, F., Sari, R. N., Pratama, H., Solihin, M., Anggraeni, E. T., & Ramadhana, G. (2024). Peradapan Islam Pada Masa Abu Bakar Ash-Shiddiq. Mutiara: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(1), 297–311.
Wahyudin, M. R. (2022). Nilai-nilai pendidikan karakter Abu Bakar Ash-Shiddiq dalam buku Tarikh Khulafa’ karya Imam Jalaluddin As-Suyuthi dan relevansinya dengan kepemimpinan siswa [Skripsi]. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.