Optimalisasi Fasilitas dan Sikap Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDIT Harapan Umat Brebes

Authors

  • Golden Ringgo SC. Ayomi Universitas Cenderawasih, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i1.6717

Keywords:

fasilitas belajar, hasil belajar, perilaku belajar, siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana optimalisasi fasilitas belajar dan perilaku belajar memengaruhi hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPAS) siswa kelas V di SDIT Harapan Umat Brebes. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya capaian hasil belajar yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei korelasional. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara kualitas fasilitas belajar dan perilaku belajar siswa terhadap hasil belajar IPAS. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan fasilitas pembelajaran dan pembentukan perilaku belajar yang disiplin serta mandiri merupakan strategi penting dalam meningkatkan prestasi akademik siswa.

References

Fatimah, W., Hafid, B., & Fitriana, E. H. (2024). PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP SIKAP BELAJAR SISWA UPT SPF SD INPRES MANGGALA KOTA MAKASSAR. Journal Binagogik, 11(1), 80–87. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd

Feng, G., & Fan, M. (2024). Research on learning behavior patterns from the perspective of educational data mining: Evaluation, prediction and visualization. Expert Systems with Applications, 237, 121555. https://doi.org/10.1016/J.ESWA.2023.121555

Gunawan, E. S., Amrullah, Novitasari, D., & Soepriyanto, H. (2024). Pengaruh Kecemasan Matematika dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 6(2), 428–439. https://doi.org/10.29303/jm.v6i2.7393

Hikmah, N., Afdal, & Junefra. (2022). Analysis of learning facilities utilization in online learning in class IV students in SDN 021 North Samarinda. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 7(2), 395–414. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i2.16986

Injadat, M. N., Moubayed, A., Nassif, A. B., & Shami, A. (2020). Systematic ensemble model selection approach for educational data mining. Knowledge-Based Systems, 200. https://doi.org/10.1016/j.knosys.2020.105992

Juaini, A., Darajatul Aliyah, N., & Darmawan, D. (2024). PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN GAYA MENGAJAR GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MTs NW KOTARAJA LOMBOK TIMUR, NTB. Jurnal Cahaya Mandalika (JCM), 3, 1890–1909. https://doi.org/https://doi.org/10.36312/jcm.v3i3

Li, X. (2022). Learning Behavior Analysis and Learning Effect Evaluation in Open Online Courses. Creative Education, 13(04), 1337–1352. https://doi.org/10.4236/ce.2022.134081

Li, X., Wang, Z., & Xie, J. (2024). The mediating role of intention of learning behaviour in learning behaviour. Frontiers in Psychology, 15. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2024.1228783

Mutaqin, A., Saefudin Wahid, F., Bambang Riono, S., & Yulianto, A. (2022). Keefektifan Metode Problem Solving dan Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2).

Noor, U., Younas, M., Saleh Aldayel, H., Menhas, R., & Qingyu, X. (2022). Learning behavior, digital platforms for learning and its impact on university student’s motivations and knowledge development. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.933974

Putranto, H., & Maulida, M. (2019). A Study on The Learning Facilities Readiness and The Independence Learning Relates to The Skill Competence of Student at The Industrial Automation Department in Vocational High School. https://doi.org/10.2991/icovet-18.2019.42

Rahmananda, S. S., Arief, M., & Yulianti, L. (2024). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Persepsional pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi UPI). Journal of Finance, Entrepreneurship, and Accounting Education Research, 3(1), 67–78. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/upi.v4i1.389

Shi, Y., Sun, F., Zuo, H., & Peng, F. (2023). Analysis of Learning Behavior Characteristics and Prediction of Learning Effect for Improving College Students’ Information Literacy Based on Machine Learning. IEEE Access, 11, 50447–50461. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2023.3278370

Sufitri, A., Yanti, S., Wahyuningsih, S., & Sakinah, M. (2024). PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DALAM PEMBELAJARAN IPS SD. In Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisiplin (Vol. 8, Issue 6).

Wardani, N. W., Kusumaningsih, W., & Kusniati, S. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. In Jurnal Inovasi, Evaluasi, dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) (Vol. 4, Issue 1). http://journal.ainarapress.org/index.php/jiepp

Winahyu, F. H., Nulhakim, L., & Rumanta, M. (2024). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Berdiferensiasi dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(1), 661–669. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6351

Zimmerman, B. J. (2002). Becoming a Self-Regulated Learner: An Overview. Theory Into Practice, 41(2), 64–70. https://doi.org/10.1207/s15430421tip

Downloads

Published

2025-06-15

Citation Check