Strategi Metode Hafalan Al-Qur'an ala Turki Utsmani: Studi Kasus di Pondok Pesantren Sulaimaniyah Dr. Fauzan Jepara
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i1.6719Keywords:
memorization strategy, Ottoman method, pesantren, Qur’anic memorization, structured educationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji metode hafalan Al-Qur’an yang diterapkan di Pondok Pesantren Sulaimaniyah Dr. Fauzan Jepara, yang mengadopsi pendekatan khas Turki Utsmani. Latar belakang kajian ini adalah kebutuhan akan sistem tahfizh yang efektif, terstruktur, serta mampu menanamkan karakter dan kedisiplinan spiritual pada santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi lapangan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi pembimbing tahfizh, santri aktif, serta pengelola pondok. Temuan menunjukkan bahwa strategi hafalan spiral ala Turki Utsmani mampu mempercepat capaian hafalan serta memperkuat retensi jangka panjang. Selain itu, pendekatan ini juga membentuk habitus belajar yang disiplin, teratur, dan bernuansa spiritual. Strategi ini membuktikan bahwa proses hafalan Al-Qur’an dapat dikemas dalam sistem yang modern dan terukur tanpa kehilangan nilai-nilai tradisionalnya.
References
Akhsanudin, M. (2024). Strategi Ustadz dalam Meningkatkan dan Menjaga Hafalan Alquran Santri di Pondok Pesantren. Al-Jadwa: Jurnal Studi Islam, 3(2), 182–191. https://doi.org/10.38073/ALJADWA.V3I2.1603
Arikarani, Y. (2019). Pendidikan Islam di Mesir, India, dan Pakistan. El-Ghiroh : Jurnal Studi Keislaman, 16(01), 87–112. https://doi.org/10.37092/EL-GHIROH.V16I01.76
Astini, N. K. S. (2022). Tantangan Implementasi Merdeka Belajar Pada Era New Normal Covid-19 Dan Era Society 5.0. Lampuhyang, 13(1), 164–180. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v13i1.298
Fuadi, F., Ibrahim, D., & Erlina, D. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Turki Utsmani dalam Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an Terhadap Jaudah Hafalan Santri di Pondok Pesantren Al-Qur’an Sirojul ‘Ulum Sungai Lilin Musi Banyuasin. Muaddib: Islamic Education Journal, 3(2), 123–129. https://doi.org/10.19109/MUADDIB.V3I2.6817
Habibah, U. (2024). Implementasi Metode Kuartalan dalam menjaga Hafalan Al-Qur’an Pada Santri Tahfidz di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Kecamatan Bayat, Klaten. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/49119
Hakim, A. L. (2022). Pendidikan karakter dan implementasinya di Pondok Pesantren Modern Assalam Gunung Putri Bogor. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(3), 505–521. https://doi.org/10.32832/TAWAZUN.V15I3.8334
Hakim, N. M. (2016). Efektivitas Penggunaan Metode Turki Usmani Dalam Menghafal Al- Qur`an di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur`an Al-Qodr Tangerang. https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/422
Hamid, A. M. (2023). Pengaruh penggunaan metode turki utsmani dalam pembelajaran tahfidz al quran terhadap hasil hafalan santri di pondok pesantren Sulaimaniyah Al Muhajirin Semarang. http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/
Harun, M. H. (2018). Pendidikan Islam: Analisis dari Perspektif Sejarah. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 7(2), 66–90. https://doi.org/10.33506/JQ.V7I2.370
Laili, A. Z., & Masruroh, L. (2023). Strategi Tahfidzul Qur’an Melalui Kaidah Turki Utsmani di Uicci (United Islamic Cultural Center of Indonesia) Sulaimaniyah Kertosono Nganjuk. Al Tadib : Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(02), 77–84. https://doi.org/10.33752/ALTADIB.V13I02.4472
Lestari, A. N. J. (2018). Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Sulaimaniyah Puncak Bogor dalam Pembelajaran Tahfidzhul Qur’an dengan Metode Turki Utsmani. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11187
Liana, D. (2024). Implementasi metode Turki Utsmani dalam menghafal Al-Qur’an di Lembaga Tahfidzul Qur’an Imam Ashim Pondok Pesantren Bahrul Huda Bangka Tengah.
Marhamah, & Abdullah, A. H. (2020). Reform of The Islamic Education System in Indonesia According to Azyumardi Azra. Islam Universalia: International Journal of Islamic Studies and Social Sciences, 2(1), 34–108. https://doi.org/10.56613/ISLAM-UNIVERSALIA.V2I1.149
Mukti, W. Z. (2018). Kontribusi Pesantren Taħfîž Al-Qur’ân dalam Menciptakan Relegiusitas Masyarakat. Nucleic Acids Research, 6(1), 1–7. http://dx.doi.org/10.1038/s4159
Noval Maliki. (2020). Transformasi Pesantren di Era Disrupsi (Studi Kasus Pesantren Bina Insan Mulia). http://web.syekhnurjati.ac.id
Qomariyah, N. (2021). The Application of the Turki Usmani Method Increase Santri’s Memorization in Pesantren Tahfidzul Qur ’an Hidayatul Hasan Sulaimaniyah. Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, 1(1), 42. https://doi.org/10.54471/rjps.v1i1.1242
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/ALHADHARAH.V17I33.2374
Sa’adah, M., Rahmayati, G. T., & Prasetiyo, Y. C. (2022). Strategi dalam Menjaga Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif. Al-’Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54–64. https://doi.org/10.24260/ADD.V1I2.1113
Sari, R. N., & Rohmah, N. (2024). Pengembangan Budaya Religius Siswa: Kegiatan Pembiasaan dan Program Pengembangan Khusus. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 169–184. https://doi.org/10.58518/DARAJAT.V7I2.3170
Sulis Tyaningsih, & Yurna Yurna. (2024). Hakikat Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(2), 126–145. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i2.160
Suparta, M., Kaltsum, L. U., Thohari, F., & Sirin, K. (2018). Model Pembelajaran Tahfid Al-Qur’an di Indonesia, Iran, Turki, dan Arab Saudi. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/59048
Susanto, D., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 53–61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60
Swasono, P. A. (2024). Manajemen Tahfizh Al-Qur’an Berbasis Kurikulum Integratif Dalam Meningkatkan Prestasi Hafalan Santri Ma’had El-Hijaz Ciracas, Jakarta Timur.
Veranda, W., & Yamin, M. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Mengembangkan Kompetensi Sikap Spiritual Dan Sikap Sosial Siswa. Indonesian Journal of Islamic Educational Review, 1(1), 15-21.
Wahid, A. (2020). Penggunaan Metode Turki Utsmânî Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Santri Tahfidz Di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan.
Zamhari, A. (2015). Lembaga Pendidikan Penghafal Al-Quran: Studi Perbandingan Pesantren Tahfidl Sulaymaniyah Turki dan Pesantren Tahfidl Indonesia. Kuriositas, VIII(2), 53–67.