Strategi Metode Hafalan Al-Qur'an ala Turki Utsmani: Studi Kasus di Pondok Pesantren Sulaimaniyah Dr. Fauzan Jepara

Authors

  • Muhammad Sarif Hidayatullah Al Mannan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia
  • Amir Ghufron Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i1.6719

Keywords:

memorization strategy, Ottoman method, pesantren, Qur’anic memorization, structured education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji metode hafalan Al-Qur’an yang diterapkan di Pondok Pesantren Sulaimaniyah Dr. Fauzan Jepara, yang mengadopsi pendekatan khas Turki Utsmani. Latar belakang kajian ini adalah kebutuhan akan sistem tahfizh yang efektif, terstruktur, serta mampu menanamkan karakter dan kedisiplinan spiritual pada santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi lapangan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi pembimbing tahfizh, santri aktif, serta pengelola pondok. Temuan menunjukkan bahwa strategi hafalan spiral ala Turki Utsmani mampu mempercepat capaian hafalan serta memperkuat retensi jangka panjang. Selain itu, pendekatan ini juga membentuk habitus belajar yang disiplin, teratur, dan bernuansa spiritual. Strategi ini membuktikan bahwa proses hafalan Al-Qur’an dapat dikemas dalam sistem yang modern dan terukur tanpa kehilangan nilai-nilai tradisionalnya.

References

Akhsanudin, M. (2024). Strategi Ustadz dalam Meningkatkan dan Menjaga Hafalan Alquran Santri di Pondok Pesantren. Al-Jadwa: Jurnal Studi Islam, 3(2), 182–191. https://doi.org/10.38073/ALJADWA.V3I2.1603

Arikarani, Y. (2019). Pendidikan Islam di Mesir, India, dan Pakistan. El-Ghiroh : Jurnal Studi Keislaman, 16(01), 87–112. https://doi.org/10.37092/EL-GHIROH.V16I01.76

Astini, N. K. S. (2022). Tantangan Implementasi Merdeka Belajar Pada Era New Normal Covid-19 Dan Era Society 5.0. Lampuhyang, 13(1), 164–180. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v13i1.298

Fuadi, F., Ibrahim, D., & Erlina, D. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Turki Utsmani dalam Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an Terhadap Jaudah Hafalan Santri di Pondok Pesantren Al-Qur’an Sirojul ‘Ulum Sungai Lilin Musi Banyuasin. Muaddib: Islamic Education Journal, 3(2), 123–129. https://doi.org/10.19109/MUADDIB.V3I2.6817

Habibah, U. (2024). Implementasi Metode Kuartalan dalam menjaga Hafalan Al-Qur’an Pada Santri Tahfidz di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Kecamatan Bayat, Klaten. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/49119

Hakim, A. L. (2022). Pendidikan karakter dan implementasinya di Pondok Pesantren Modern Assalam Gunung Putri Bogor. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(3), 505–521. https://doi.org/10.32832/TAWAZUN.V15I3.8334

Hakim, N. M. (2016). Efektivitas Penggunaan Metode Turki Usmani Dalam Menghafal Al- Qur`an di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur`an Al-Qodr Tangerang. https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/422

Hamid, A. M. (2023). Pengaruh penggunaan metode turki utsmani dalam pembelajaran tahfidz al quran terhadap hasil hafalan santri di pondok pesantren Sulaimaniyah Al Muhajirin Semarang. http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Harun, M. H. (2018). Pendidikan Islam: Analisis dari Perspektif Sejarah. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 7(2), 66–90. https://doi.org/10.33506/JQ.V7I2.370

Laili, A. Z., & Masruroh, L. (2023). Strategi Tahfidzul Qur’an Melalui Kaidah Turki Utsmani di Uicci (United Islamic Cultural Center of Indonesia) Sulaimaniyah Kertosono Nganjuk. Al Tadib : Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(02), 77–84. https://doi.org/10.33752/ALTADIB.V13I02.4472

Lestari, A. N. J. (2018). Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Sulaimaniyah Puncak Bogor dalam Pembelajaran Tahfidzhul Qur’an dengan Metode Turki Utsmani. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11187

Liana, D. (2024). Implementasi metode Turki Utsmani dalam menghafal Al-Qur’an di Lembaga Tahfidzul Qur’an Imam Ashim Pondok Pesantren Bahrul Huda Bangka Tengah.

Marhamah, & Abdullah, A. H. (2020). Reform of The Islamic Education System in Indonesia According to Azyumardi Azra. Islam Universalia: International Journal of Islamic Studies and Social Sciences, 2(1), 34–108. https://doi.org/10.56613/ISLAM-UNIVERSALIA.V2I1.149

Mukti, W. Z. (2018). Kontribusi Pesantren Taħfîž Al-Qur’ân dalam Menciptakan Relegiusitas Masyarakat. Nucleic Acids Research, 6(1), 1–7. http://dx.doi.org/10.1038/s4159

Noval Maliki. (2020). Transformasi Pesantren di Era Disrupsi (Studi Kasus Pesantren Bina Insan Mulia). http://web.syekhnurjati.ac.id

Qomariyah, N. (2021). The Application of the Turki Usmani Method Increase Santri’s Memorization in Pesantren Tahfidzul Qur ’an Hidayatul Hasan Sulaimaniyah. Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, 1(1), 42. https://doi.org/10.54471/rjps.v1i1.1242

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/ALHADHARAH.V17I33.2374

Sa’adah, M., Rahmayati, G. T., & Prasetiyo, Y. C. (2022). Strategi dalam Menjaga Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif. Al-’Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54–64. https://doi.org/10.24260/ADD.V1I2.1113

Sari, R. N., & Rohmah, N. (2024). Pengembangan Budaya Religius Siswa: Kegiatan Pembiasaan dan Program Pengembangan Khusus. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 169–184. https://doi.org/10.58518/DARAJAT.V7I2.3170

Sulis Tyaningsih, & Yurna Yurna. (2024). Hakikat Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(2), 126–145. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i2.160

Suparta, M., Kaltsum, L. U., Thohari, F., & Sirin, K. (2018). Model Pembelajaran Tahfid Al-Qur’an di Indonesia, Iran, Turki, dan Arab Saudi. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/59048

Susanto, D., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 53–61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60

Swasono, P. A. (2024). Manajemen Tahfizh Al-Qur’an Berbasis Kurikulum Integratif Dalam Meningkatkan Prestasi Hafalan Santri Ma’had El-Hijaz Ciracas, Jakarta Timur.

Veranda, W., & Yamin, M. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Mengembangkan Kompetensi Sikap Spiritual Dan Sikap Sosial Siswa. Indonesian Journal of Islamic Educational Review, 1(1), 15-21.

Wahid, A. (2020). Penggunaan Metode Turki Utsmânî Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Santri Tahfidz Di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan.

Zamhari, A. (2015). Lembaga Pendidikan Penghafal Al-Quran: Studi Perbandingan Pesantren Tahfidl Sulaymaniyah Turki dan Pesantren Tahfidl Indonesia. Kuriositas, VIII(2), 53–67.

Downloads

Published

2025-06-12

Citation Check