Pengembangan Aplikasi Website Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Struktur Kalimat Pada Siswa Tunarungu di SLB
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i1.6770Keywords:
Aplikasi Pembelajaran, Tuna rungu, Media pembelajaranAbstract
Anak yang memiliki keterbatasan pendengaran mengalami hambatan dalam akses bahasa, yang berdampak pada rendahnya penguasaan tata bahasa dan struktur kalimat. Keterbatasan ini menjadi tantangan tersendiri dalam pembelajaran menulis, terutama dalam menyusun kalimat yang tepat. Seiring perkembangan teknologi, pemanfaatan media digital seperti aplikasi menjadi solusi inovatif untuk mendukung pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi website yang dapat meningkatkan keterampilan menulis struktur kalimat pada siswa tunarungu, sekaligus memfasilitasi proses koreksi kalimat secara interaktif. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan yang mengadopsi pendekata pretest-posttest dan analisis data secara kuantitatif. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 90%, sedangkan validasi oleh ahli media memperoleh skor 89% yang termasuk dalam kategori layak. Kepraktisan media yang diukur melalui evaluasi guru menunjukkan tingkat kepraktisan sangat tinggi sebesar 99%. Efektivitas media diuji dengan menggunakan rumus N-Gain dari hasil pretest-posttest terhadap enam siswa tunarungu, yang menunjukkan nilai rata-rata sebesar 0,4 dan dikategorikan efektif sedang. Temuan ini menunjukkan bahwa aplikasi website yang dikembangkan terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis struktur kalimat siswa tunarungu, serta dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang mendukung pembelajaran bahasa Indonesia yang lebih inklusif dan interaktif.
References
Aini, S., Nandariski, A., Yulianti, F. (2022). Buku Panduan Guru Pendidikan Khusus bagi Peserta Didik Disabilitas Rungu disertai Hambatan Intelektual. Jakarta: Pusat Perbukuan.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://kbbi.kemdikbud.go.id/
CDC. 2024. Referring Deaf or Hard of Hearing Children to Early Intervention. Diakses pada 18 Desember 2025, dari https://www.cdc.gov/hearing-loss-children/communication-resources/referring-deaf-or-hard-of-hearing-children-to-early-intervention.html
Chaer, A. (2006). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Din, N., Malik, M. (2019). Writing Skills Development among Students with Deafness at Elementary Level. Bulletin of Education and Research, 41(1), 1-16.
Dwi, Anugrah. (2023, 19 Agustus). Media Pembelajaran dan Jenis-jenisnya. Diakses pada 18 Desember 2025, dari https://fkip.umsu.ac.id/media-pembelajaran-dan-jenis-jenisnya/
Fazain, F., Anistyasari, Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website pada Mata Pelajaran Pemograman Dasar di SMK Negeri 1 Jatirejo. Jurnal IT-EDU, 2(2), 1-8.
Gardenfors, Moa. (2022). Writing Development in DHH Students: A Bimodal Bilingual Approach. Journal of Deaf Studies and Deaf Education, 28, 211-225.
Garnida, D. (2015). Anak Berkebutuhan Khusus: Pengantar dalam Pendidikan Inklusif. Alfabet.
Hallahan, D.P., & Kauffman, J.M., Pullen, P.C. (2017). Handbook of Special Education Second Edition. New York: Routledge.
Khairunnisa, A., Somad, P., & Kurniadi, D. (2017). Penggunaan Media Adobe Flash Terhadap Kemampuan Menulis Struktur Kalimat (SPOK) pada Anak Tunarungu. Jassi Anakku, 17, 1.
Kurnia, M., Arfiyanti., R., Mudopar. (2021). Desain Activity Book dalam Pembelajaran Menulis Kalimat Sederhana pada Siswa Tunarungu SLB Beringin Bhakti. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(2), 127-134.
Meiriawan. (2015). Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk Peningkatan Kemampuan Menulis Ekspresif Bagi Anak Tunarungu Kelas IV di SLB Dharma Bhakti Bantul. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 185-188.
Meltzer, D. E. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: A Possible “Hidden Variable” in Diagnostic Pretest Scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259-1268.
Mueller-Roterberg, C. (2019, 15 Januari). Handbook of Design Thinking: Tips and Tools for How to Design Thinking. Diakses pada tanggal 20 Desember 2025, dari https://www.researchgate.net/publication/329310644_Handbook_of_Design_Thinking
Mustakim. (2019). Bentuk dan Pilihan Kata: Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra.
Mustika, A., Novianti, R., Nadiyah, S. (2023). Improving Deaf Children’s Writing Skills using Learning Card Series. Journal of ICSAR, 7(1), 167-170.
Putriani, R. 2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Menggunakan Metode Karyawisata Untuk Anak Tunarungu Kelas X Di SLB Negeri Purbalingga (Skripsi). Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.
Putro, N.S., Suryani, N., & Wulandari, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Deepublish.
Preston, R., Zupan, B., Zussino, J. (2022). Speech, Language, and Literacy Outcomes for Children with Mild to Moderate Hearing Loss: A Systematic Review. Journal of Communication Disorders, vol 99, 9-10.
Retno, D. (2015). Pembelajaran Bahasa Bagi Anak Tunarungu. Bandung: Refika Aditama.
Septiawati, D., Suryani, N., Widyastono, H. (2021). Analysis of Learning Media Needs for Vocabulary for Deaf Children in Special Schools. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(9), 512-515.
Siregar, M. (2022). Menulis Kreatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Prenada Media.
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2013). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yamin, M., & Sanuri, D. (2024). Implementations of The Digital Madrasah. Jurnal Sustainable, 7(1), 126-130.
Yamin, M., Ismail, I., & Rodiyah, S. (2025). Pengembangan E-Modul Interaktif pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMPN 3 Palopo. ISLAMIKA, 7(2), 309-324.
Yoshinaga-Itano, C., & Sedey, A. (2000). Language and Literacy Outcomes for Young Children with Hearing Loss. Journal of Deaf Studies and Deaf Education.