Kurikulum Pesantren dan Kesetaraan Pendidikan Agama Islam: Potret Dinamika Ma’had SMP Tasywiqith Tholibat Kudus

Authors

  • 'Iffah Maulida 'Alawiyyah Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia
  • Muhammad Miftah Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i1.6786

Keywords:

kurikulum pesantren, kesetaraan pendidikan, pendidikan agama Islam , Ma’had.

Abstract

Penerapan kurikulum pesantren dan kesetaraan pendidikan agama Islam pada lembaga pendidikan sangat penting untuk dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dinamika kurikulum pesantren dan kesetaraan pendidikan agama Islam di Ma'had SMP TBS Kudus. Dalam konteks pendidikan Islam, pesantren memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan memperkuat pemahaman keagamaan santri. Namun, tantangan muncul ketika harus menyelaraskan kurikulum tradisional pesantren dengan standar pendidikan nasional yang menekankan kesetaraan dan kompetensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Field research dan literatur penelitian ini juga menggunakan teori relasi kuasa dari Michel Foucault sebagai pisau analis penelitian . Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ma'had SMP TBS Kudus telah mengintegrasikan kurikulum pesantren dengan kurikulum nasional melalui pendekatan yang fleks ibel, tanpa menghilangkan nilai-nilai tradisi keilmuan Islam. Kesetaraan pendidikan agama dicapai melalui sinkronisasi materi diniyah dan umum, serta evaluasi pembelajaran berbasis kompetensi dan akhlakul karimah. Dinamika ini mencerminkan upaya adaptif pesantren dalam menjawab kebutuhan zaman, tanpa kehilangan identitas keislaman yang khas yaitu kurikulum tradisional dan kurikulum nasional.

References

Abd. Majid. 2018. Analisis Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: Samudra Biru (Anggota IKAPI).

Abdul Mu’id. 2019. “Peranan Pondok Pesantren Di Era Digital.” At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam Dan Muamalah 7(2):62–79.

Adib, Abdul. 2021. “Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren.”

Jurnal Mubtadiin 7(1):2021.

Ahmad Dhomiri, Junedi Junedi, and Mukh Nursikin. 2023. “Konsep Dasar Dan Peranan Serta Fungsi Kurikulum Dalam Pendidikan.” Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora 3(1):118–28. doi: 10.55606/khatulistiwa.v3i1.972.

Ahmadi, Misyroh. 2023. “Analisis Tujuan Pendidikan Agama Islam Di Pesantren Berdasarkan Undang-Undang No. 18 Tahun 2019.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 14(1):40. doi: 10.21927/literasi.2023.14(1).40-46.

Al Muiz, Mochamad Nasichin, and Muhammad Miftah. 2020. “Pendekatan Konservatif Dalam Pendidikan Islam (Kajian Teori Al Muhafidz Al-Ghazâli Dalam Pendidikan Islam).” Jurnal Penelitian 14(1):49. doi: 10.21043/jp.v14i1.6993.

Anis Zohriah1, Hikmatul Fauzjiah2, Adnan3, Muhammad shofwan Mawally

Nafis Badri4. 2023. “Jurnal Dirosah Islamiyah Jurnal Dirosah Islamiyah.”

Jurnal Dirosah Islamiyah Volume 5:704–13. doi: 10.17467/jdi.v6i3.2397.

Arifin, Samsul. 2023. “Internalisasi Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Pesantren.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 4(2):1991–98. doi: 10.62775/edukasia.v4i2.532.

Arwildayanto, Arifin Suking, Warni Tune Sumar. 2018. Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: CV CENDEKIA PRESS.

Asdlori, Asdlori. 2023. “Pendidikan Islam Sebagai Pilar Pembangunan Berkelanjutan: Peran Sistem Pendidikan Pesantren Dalam Implementasi SDGS.” Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi 6(1):124. doi: 10.32529/al- ilmi.v6i1.2530.

Azra, Azyumardi. 2012. Pendidikan Islam: Tradisi Dan Modernisasi Di Tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: Kencana.

Cholid Abdurrohman, Muhammad. 2022. “Perencanaan Kurikulum Pendidikan Islam.” Rayah Al-Islam 6(01):11–28. doi: 10.37274/rais.v6i01.524.

Darise, Gina Nurvina. 2021. “Pendidikan Agama Islam Dalam Konteks €œMerdeka Belajarâ€◻.” Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization 2(2):1–18. doi: 10.30984/jpai.v2i2.1762.

Fatimah. 2024. “Analisis Penggunaan Jurnal Pembelajaran Dalam Strategi Mengajar Pada Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Pendidikan Kesataraan Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS) Ta’zhim As Sunnah

Cabang Putri Pekanbaru.” Institut Agama Islam Pemalang (INSIP) Jawa

Tengah.

Fionita, Winda, Rara Lauchia, Septia Windari, and Hansein Arif Wijaya. 2024. “Monitoring Dan Evaluasi Kebijakan Pendidikan.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7(6):5732–39. doi: 10.54371/jiip.v7i6.4535.

Fuady, Ahmad Syauqi. 2020. “Pembaharuan Sistem Pendidikan Di Pesantren.” Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman 6(1):101–14. doi: 10.35309/alinsyiroh.v6i1.3819.

Hanafi, Yusuf, Ahmad Taufiq, Muhammad Saefi, M. Alifudin Ikhsan, Tsania Nur Diyana, Titis Thoriquttyas, and Faris Khoirul Anam. 2021. “The New Identity of Indonesian Islamic Boarding Schools in the ‘New Normal’: The Education Leadership Response to COVID-19.” Heliyon 7(3). doi: 10.1016/j.heliyon.2021.e06549.

Hernawati, Hernawati, and Dewi Mulyani. 2023. “Tantangan Dan Peluang Pendidikan Islam Dalam Menyiapkan Generasi Tangguh Di Era 5.0.” Al- Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam 6(1):1. doi: 10.30659/jspi.6.1.1-17.

Hoddin, Muhammad Sholeh. 2020. “Dinamika Politik Pendidikan Islam Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 14(1):15.

Huda, Miftahul, and Rhoni Rodin. 2021. “Perbandingan Strategi Dan Pola Pengembangan Pesantren Dan Diniyyah Berwawasan Multikultural.” Journal of Islamic Education Research 2(1):45–62. doi: 10.35719/jier.v2i1.80.

Husnullail, Muhammad, Mukhtar Mukhtar, Kasful Anwar, and Mahmud MY. 2024. “Kontribusi Kiai Dalam Penanaman Budaya Tasaamuh Di Pondok Pesantren.” IQRO: Journal of Islamic Education 7(1):23–34. doi: 10.24256/iqro.v7i1.4793.

Ilham, Ilham, and Sukrin HT. 2020. “Konsep Metode Halaqah Dalam Pembelajaran Pai Dan Budi Pekerti.” KREATIF: Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam 18(2):113–25. doi: 10.52266/kreatif.v18i2.464.

Indana, Nurul, and Leni Nurvita. 2020. “Implementasi Manajemen Kurikulum Pesantren Di Ponpes Al Urwatul Wutsqo Diwek Jombang.” Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam 4(1):29–51. doi: 10.54437/alidaroh.v4i1.129.

Junaidi, Rizki Ayu Amaliah, Bahaking Rama, and Muhammad Yahdi. 2023. “Lembaga Pendidikan Pesantren Di Indonesia: Islamic Boarding School Education Institutions in Indonesia.” Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman; Vol. 18 No. 2: Juli 2023; 101-107 ; 4870 ; 0216-4949 18(2):101–7. doi: 10.56338/iqra.v18i2.3771.

Laili, Nuzilatul. 2020. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

M.Saprawi Rizal. 2023. “Eksistensi Pendidikan Pondok Pesantren Tradisional Dalam Era Revolusi Industri 4.0.” AL YASINI: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan 08(36):310–28.

Maqfiro, Siska Nawang Ayunda, Irmasanti Fajrin, and Anira Sukmah. 2021. “Karakteristik Program Kurikulum Pondok Pesantren Modern.” Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm) 4(2):307–16.

Marzuki. 2024. Telaah Kurikulum. Sumedang: CV. Mega Press Nusantara. Masdurki Dayat. 2017. Pendidikan (Islam) Dan Logika Interprestasi (Kebijakan,

Problem Dan Interprestasi Pendidikan Di Indonesia). Yogyakarta: K-Media

Anggota IKAPI.

Meylina Astuti, Jessika Mutiara, and Mustafiyanti Mustafiyanti. 2023. “Pengertian Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan 2(1):46–52. doi: 10.59246/alfihris.v2i1.623.

Michel Foucault. 2004. The Order of Things An Archaeology of the Human Sciences.

Inggris: Routledge.

Michel Foucault. 2018. Parrhesia: Berani Berkata Benar. Tangerang Selatan: CV Marjin Kiri.

Michel Foucault. 2019. Arkeologi Pengetahuan. Yogyakarta: BASABASI.

Miftahurrahman Elbanjari, Fitria Nur Sahla. 2023. “Meningkatkan Pembelajaran Formal Berbasis Metode Pembelajaran Pesantren (Sorogan Dan Bandongan/Wetonan) (Analisis Deskriptif Terhadap Pembelajaran Mahaaratul Qiraah Di MTsN 3 Tasikmalaya).” Pengabdian Masyarakat Berbasis Pesantren Dan Madrasah 2(2).

Muhaimin. 2011. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muhajarah, Kurnia. 2022. “Beragam Teori Kecerdasan, Proses Berpikir Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama 8(1):116–27. doi: 10.53565/pssa.v8i1.442.

Nabila, N. 2020. “Tujuan Pendidikan Indonesia.” Jurnal Pendidikan Indonesia

05(2):867–75.

Nanang Martono. 2014. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Novianti, Heni. 2019. “Konsep Kurikulum Terpadu Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7(2):127. doi: 10.36667/jppi.v7i2.364.

Nugraheni, Yumidiana Tya, and Agus Firmansyah. 2021. “Model Pengembangan Pendidikan Karakter Di Pesantren Khalaf (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta).” Quality 9(1):39. doi: 10.21043/quality.v9i1.9887.

Nur, Kholidah, and Suryadi Nasution. 2022. “Peran Organisasi Santri Dalam Mengembangkan Ghirah Belajar Santri Di Pesantren.” Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 15(1):13. doi: 10.31332/atdbwv0i0.3638.

Nurkholis, Nurkholis, and Achadi Budi Santosa. 2022. “Manajemen Pengembangan Kurikulum Berbasis Pesantren.” J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) 7(2):113–30. doi: 10.18860/jmpi.v7i2.17023.

Pratama, Yodi, Fachrurazi, Indra Sani, Muhamad Al Faruq Abdullah, Henny Novianty, Sari Narulita, Osrita Hapsara, Iskandar Zulkarnain, Riche Fermayani, Rilyane Suzan Rasita Sembiring, Abdurrohim, and Darul Islam.

Purnomo, AS. 2020. “Manajemen Pendidikan Islam Ditinjau Dari Tripusat Pendidikan.” Jurnal Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah 2(1):43–58.

Rahayu, Maya Sri, Izhar Hasan, Asmendri Asmendri, and Milya Sari. 2023. “Relavansi Kurikulum Dan Pembelajaran Dalam Pendidikan.” Dharmas Education Journal (DE_Journal) 4(1):108–18. doi: 10.56667/dejournal.v4i1.925.

Rahman, Mufiqur, Maskuri Bakri, Hasan Busri, Zainullah Zainullah, and Roro Kurnia Nofita Rahmawati. 2020. “Eksplorasi Nilai-Nilai Kesetaraan Dalam Pendidikan Pesantren Mu’ādalah.” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 8(1):39–58. doi: 10.15642/jpai.2020.8.1.39-58.

Rahmatulloh, J. 2017. “Legalitas Kewenangan Penyelenggara Pendidikan

Dalam Menarik Pungutan Di Satuan Pendidikan Dasar.” Integritas: Jurnal Antikorupsi 3(1):137–56.

Rohmatul Izzad. 2018. “Konsep Kesetaraan Gender Dalam Islam.” AL ITQAN: Jurnal Studi Al-Qur’an 4(1):29–52. doi: 10.47454/itqan.v4i1.678.

Rokimin, Much Hasan Darojat. 2016. “Pengembangan Pemahaman Literasi Kitab Kuning Dengan Menggunakan Tekhnik Metode Halaqoh Pada Santri Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta.” 2(1):1–23.

Rusydiyah, Evi, and Zaini Tamin AR. 2020. “Relasi Kuasa Kiai Pesantren Dan Pejabat Publik Dalam Merumuskan Kebijakan Pendidikan Islam Di Madura (Analisis Teori Kekuasaan Michel Foucault).” JRP (Jurnal Review Politik) 10(1):27–50. doi: 10.15642/jrp.2020.10.1.27-50.

Sabic-El-Rayess, Amra. 2020. “Epistemological Shifts in Knowledge and Education in Islam: A New Perspective on the Emergence of Radicalization amongst Muslims.” International Journal of Educational Development 73(November 2019):102148. doi: 10.1016

Sanusi, Sanusi. 2022. “Revitalisasi Nilai Kearaifan Lokal Ajaran Sunan Kudus Sebagai Basis Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam.” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 7(1):48. doi: 10.24235/tarbawi.v7i1.10105.

Siti Yumnah. 2023. Moderasi Pesantren Berbasis Kearifan Lokal. Pasuruan: CV. Basya Media Utama.

Sugiyono. 2023. METODE PENELITIAN KUALITATIF. Bandung: ALFABETA CV.

Sumadi, Eko, Fariq Fahrun Nisa, Izatun Nufus, Farikhatul Akhlis Fahruddin Yulianto, and Bahruddin Bahruddin. 2023. “Pendidikan Pesantren Dan Moderasi Beragama.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 10(2):249–75. doi: 10.21274/taalum.2022.10.2.249-275.

Syahrizal, Hasan, and M. Syahran Jailani. 2023. “Jenis-Jenis Penelitian Dalam

Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif.” 1:13–23.

Toto Suharto. 2012. Pendidikan Berbasis Masyarakat Relasi Negara Dan Masyarakat Dalam Pendidikan. Yogyakarta: LKiS.

Tsaniyatus Sa’diyah. 2022. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami.” Ilmu Sosial, Agama, Budaya, Dan Terapan 2(3).

Ulfa, Maria. 2022. “Metode Sorogan Kitab Untuk Pemahaman Nahwu ( Imrity) Pondok Pesantren Assunniyah Kencong Jember.” Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab 5(01):65. doi: 10.32332/al-fathin.v5i01.5202.

Zainal Arifin. 2012. Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam.

Yogjakarta: Diva Press.

Downloads

Published

2025-07-27

Citation Check