Peran Orang Tua, Guru, dan Tokoh Masyarakat dalam Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i1.6794Keywords:
pendidikan islam, pendidik, guru, orang tua, tokoh masyarakatAbstract
Penelitian ini mengkaji peran pendidik dalam pendidikan Islam dengan fokus pada tiga elemen utama: orang tua, guru, dan tokoh masyarakat. Dalam pandangan Islam, pendidikan merupakan tanggung jawab kolektif yang bertujuan membentuk manusia beriman, berilmu, dan berakhlak mulia. Dengan menggunakan metode studi pustaka (library research) dan pendekatan kualitatif-deskriptif, data dikumpulkan dari sumber-sumber primer seperti Al-Qur’an dan hadis, serta literatur pendidikan Islam dan teori psikologi perkembangan. Hasil kajian menunjukkan bahwa orang tua memiliki peran utama dalam menanamkan nilai-nilai dasar agama dan moral sejak dini. Guru berfungsi sebagai pengajar sekaligus pembina karakter di lembaga formal, sedangkan tokoh masyarakat berperan sebagai pendidik sosial yang menanamkan nilai dan keteladanan melalui interaksi publik. Ketiganya memiliki tanggung jawab sinergis dalam membentuk generasi Muslim yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga kuat secara spiritual dan sosial. Oleh karena itu, kolaborasi antara keluarga, sekolah, dan masyarakat menjadi kunci sukses pendidikan Islam yang holistik.
References
Abidin, A. M. (2021). Pendidikan moral dan relevansinya dengan pendidikan Islam. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 57–67. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3282
Adi, L. (2022). Pendidikan keluarga dalam perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Ar-Rasyid,7(1),1–9.
Al-Ghazali, I. (1965). Terjemahan Ihya Ulumuddin (Jilid 1). Syamza Offset.
Rerung, A. E. (2023). Peran orang tua dalam menciptakan kepercayaan diri anak usia 18 tahun menggunakan teori psikososial Erik Erikson. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 3(1). https://doi.org/10.54170/harati.v3i1.123
Anggryni, M., Mardiah, W., Hermayanti, Y., Rakhmawati, W., Ramdhanie, G. G., & Mediani, H. S. (2021). Faktor pemberian nutrisi masa golden age dengan kejadian stunting pada balita di negara berkembang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1764–1776. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.967
Arifai, A., Tinggi, S., Tarbiyah, I., Sakatiga, R. U., Kunci, K., & Kompetensi, : (2018). Kompetensi kepribadian guru dalam perspektif pendidikan Islam. RAUDHAH Proud To Be Professionals Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3.
Aris. (2022). Ilmu pendidikan Islam. Penerbit Yayasan Wiyata Bestari Samasta. http://wbs-indonesia.com/
Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan modernisasi di tengah tantangan milenium III (Edisi pertama). Kencana.
Dardiri, M. A. (2021, 7 Juli). Khutbah Jumat: Setiap orang dari kita adalah pemimpin. Jateng.Nu.or.Id. https://jateng.nu.or.id
Daryanto. (2014). Filsafat pendidikan Islam. Gava Media.
Dute Hasruddin, & Zaidir. (2021). Pendidik dalam pendidikan Islam pada masyarakat. Jurnal Kajian Agama Hukum dan Pendidikan Islam (KAHPI), 3(1), 34. https://doi.org/10.32493/kahpi.v3i1.p34-45.12952
Gea, O., Aritonang, H. D., Harefa, S., Niha, B., Protestan, K., Agama, I., & Tarutung, K. N. (2022). Peran pemimpin agama berbasis wawasan pluralisme dalam merawat toleransi beragama di Indonesia. Jurnal Teologi Cultivation, 6(2). https://e-journal.iakntarutung.ac.id/index.php/cultivation
Hidayah, N. (2019). Penerapan nilai dalam pendidikan Islam. Jurnal Mubtadiin, 2(2). https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/3
Kamal, H. (2018). Kedudukan dan peran guru dalam perspektif pendidikan Islam. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 14(1). https://doi.org/10.31000/rf.v14i1.670
Saputra, M. I. (2015). Hakekat pendidik dan peserta didik dalam pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/1516/0
Petugas, B., Penasihatan, B., & Perkawinan, P. (n.d.). Tentang kursus pranikah untuk calon pengantin.
Prajoko, I., & Abrori, M. S. (2021). Penerapan teori humanistik Carl Rogers dalam pembelajaran PAI. Tarbawiyah, 5(1).
Pratiwi, S. H., Zulmuqim, Zalnur, M., Sari, L. C., Tiffani, & Nurhasnah. (2024). Filsafat pendidikan Islam: Telaah mengenai makna pendidikan (Tarbiyah, Ta’lim, Ta’dib, Tadris, Da’wah, Irsyad, Tadbiir, Tazkiyah, Uswah). JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7(2).
Qur’an Kemenag. (2022). Kementerian Agama RI. https://quran.kemenag.go.id/
Shihab, M. Q. (2000). Wawasan Al-Qur’an: Tafsir maudhu’i atas pelbagai persoalan umat. Mizan.
Suwartini, S. (2016). Teori kepribadian social cognitive: Kajian pemikiran Albert Bandura. Al-Tazkiah, 5(1).
Syam, A. R. (2017). Konsep kepemimpinan bermutu dalam pendidikan Islam. At-Ta’dib, 12(2), 49. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v12i2.1214
Yamin, M., Hairun, M., & Jumadi, A. (2023). Innovation of Media Learning Islamic Religious Education Based On Audiovisual. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(2), 221-230.
Zubaidah, T., & Witarsa, R. (2022). Analisis teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan implikasinya dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 22(2).