Optimalisasi Penggunaan Metode Pembelajaran PAI Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar

Authors

  • Said Hardianza Intitut Agama Islam Negeri Sorong, Indonesia
  • Fatma Sari Institut Agama Islam Negeri Sorong, Indonesia
  • Rusyaid Institut Agama Islam Negeri Sorong, Indonesia
  • Rosdiana Institut Agama Islam Negeri Sorong, Indonesia
  • Abdul Azis Khoiri Institut Agama Islam Negeri Sorong, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i1.6809

Keywords:

Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Kejenuhan Belajar, Variasi Pembelajaran, Strategi Pedagogis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan optimalisasi penggunaan metode pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai upaya mengatasi kejenuhan belajar siswa. Kejenuhan belajar belakangan menjadi tantangan serius dalam proses pembelajaran, khususnya pelajaran PAI, terutama ketika metode yang digunakan monoton dan tidak sesuai dengan karakteristik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif berbasis kajian pustaka (literature review) yang dianalisis secara sistematis dari berbagai jurnal ilmiah dan literatur primer dalam sepuluh tahun terakhir. Hasil studi ini menunjukkan bahwa variasi dan optimalisasi metode pembelajaran seperti diskusi kelompok, simulasi praktik ibadah, pembelajaran berbasis proyek, dan pendekatan kontekstual, berkontribusi signifikan dalam meningkatkan partisipasi, motivasi, dan pemahaman siswa terhadap materi PAI. Di samping itu, peran guru sebagai fasilitator pembelajaran menjadi faktor penentu keberhasilan penerapan metode yang efektif dan adaptif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa optimalisasi metode pembelajaran yang mempertimbangkan kebutuhan belajar siswa secara psikologis dan pedagogis dapat meminimalkan kejenuhan dan menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna. Implikasinya, guru dan institusi pendidikan perlu berinovasi dalam merancang proses pembelajaran PAI yang menyenangkan dan kontekstual.

References

Ach. Nurholis Majid, D. Y. (2024). Strategi Guru PAI dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Santri (Studi Kasus Marhalah Tsanawiyah TMI Putri AL-Amien Prenduan) Ach. Jimad : Jurnal Ilmiah Mutiara Pendidikan, 2(1), 31–43.

Agama, D. P. K. (2020). Laporan Survei Nasional Pembelajaran PAI Daring Provinsi Jawa Barat.

Akhyar, M., Sesmiarni, Z., Febriani, S., & Gusli, R. A. (2024). Penerapan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 606–618.

Albasith, R., & Dahlan, D. N. (2020). Upaya Guru Mengatasi Kejenuhan Belajar Fikih Pada Siswa Di Madrasah Tsanawiyyah Antasari Samarinda Tahun Ajaran 2019-2020. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(2), 163–177. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v1i2.2436

APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia). 2024. Laporan Survei Internet Indonesia 2024. Diakses 11 Juni 2025. https://apjii.or.id/survei2024. (n.d.).

Durach, C. F., Kembro, J., & Wieland, A. (2017). A New Paradigm for Systematic Literature Reviews in Supply Chain Management. Journal of Supply Chain Management, 53(4), 67–85. https://doi.org/10.1111/jscm.12145

Elfa Rachmah, I. (2023). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa Di Smp Negeri 5 Banjarbaru Kalimantan Selatan. ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 65–86. https://doi.org/10.47732/adb.v6i1.296

Enco, M. (2015). Menjadi guru profesional, menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. PT Remaja Rosdakarya.

Hardiyanti Daulay. (2022). Strategi Guru Sejarah kebudayaan Islam Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Di MTs. Ulumul Qur’an. Educate: Journal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 152–169. https://doi.org/10.56114/edu.v1i2.270

Hidayah, F., Aniati, A., & Baharun, H. (2024). Active Learning as a Solution to Student Burnout in Islamic Religious Education : Views from Madrasah Pembelajaran Aktif sebagai Solusi Kejenuhan Siswa dalam Pendidikan Agama Islam : Pandangan dari Madrasah. Jurmia : Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 130–145.

Ibnu Azka, Siti Nurhalisa, F. B. H. (2024). Developing Strategy for Young Da’i : Da’wah Education at the Nadhatul Ulum Islamic Boarding School. International Journal of Islamic Boarding School, 2(1), 21–38.

Irianto, I., Firdaus, M. A., & Yaqin, H. (2023). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Al-Ihsan Yapis Kotaraja. Borneo : Journal of Islamic Studies, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.37567/borneo.v4i1.2281

Khairina, J., Kamal, M., Aprison, W., Djambek Bukittinggi, D., Barat, S., Studi Pendidikan Agama Islam, P., Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, F., & Sjech Djamil Djambek Bukittinggi, U. M. (2022). Strategi Guru Meminimalisir Kejenuhan Dalam Suasana Belajar Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 3 Tebing Tinggi Kota Selatpanjang. Koloni, 1(3), 500–507. https://koloni.or.id/index.php/koloni/article/view/192

Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168.

Manah. (2024). Pengembangan Metode Pembelajaran PAI Inovatif Manah. Pedagogik : Jurnal Pendidikan Dan Riset, 2(3), 409–416.

Misbahul, J. (2023). Kemampuan Guru dalam pengelolaan Kelas Di SMA Negeri 1 Meureudu Pidie jaya. Universitas Islam negeri Ar-Rainiry.

Ningsih, D., Aprison, W., & Salmiwati, J. (2022). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Pai Pada Siswa Kelas Xi Di Sman 1 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 773–778.

Pesona, R. D. (2022). “Strategi Pembelajaran Bervariasi Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MA Nurul Iman Modong.” Khidmah Ijtima’iyah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 75–86.

Roidah, L. (2023). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Global Islamic School Yogyakarta. At Turots : Jurnal Pendidikan Islam, 934–946.

Tze, V. M. C., Daniels, L. M., & Klassen, R. M. (2016). Evaluating the Relationship Between Boredom and Academic Outcomes: A Meta-Analysis. Educational Psychology Review, 28(1), 119–144. https://doi.org/10.1007/s10648-015-9301-y

Downloads

Published

2025-06-12

Citation Check