Pemanfaatan Artificial Intelligence terhadap Kompetensi Pedagogik Guru
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i1.6857Keywords:
Artificial Intelligence, Kompetensi Pedagogik, guru, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) dapat mengembangkan kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SDN Ciborerang 02 Katapang Bandung. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun tingkat literasi digital guru masih beragam, AI mulai dimanfaatkan dalam perencanaan pembelajaran, asesmen, dan pengayaan materi. AI juga terbukti membantu efisiensi kerja guru dan memungkinkan pembelajaran yang lebih personal. Namun, keterbatasan infrastruktur dan kompetensi digital menjadi tantangan utama. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan berkelanjutan, peningkatan fasilitas, dan dukungan kebijakan untuk integrasi AI dalam pembelajaran yang humanistik dan adaptif.
References
Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. ISLAMIKA, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
Andika, R., Helsa, Y., Ningsih, Y., & Pendidikan, P. (2025). Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence untuk Menyusun Modul Ajar dan Perencanaan Pembelajaran Interaktif untuk Guru SD Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence untuk Menyusun Modul Ajar dan. Jurnal Publikasi Pendidikan, 15(1).
Anggen Suari, K. R., & Sarjana, I. M. (2023). Menjaga Privasi di Era Digital: Perlindungan Data Pribadi di Indonesia. Jurnal Analisis Hukum, 6(1), 132–142. https://doi.org/10.38043/jah.v6i1.4484
Arfandi, A., & Samsudin, M. A. (2021). PERAN GURU PROFESIONAL SEBAGAI FASILITATOR DAN KOMUNIKATOR DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 5(2), 37–45. https://doi.org/10.35316/edupedia.v5i2.1200
Arief Adha, W., & Fadhila, S. (2023). IBTIDA Jurnal Kajian Pendidikan Dasar PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 3(1). Retrieved from https://www.ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/ibtida
Daud, A., Aulia, A. F., & Ramayanti, N. (2019). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran: Upaya untuk Beradaptasi Dengan Tantangan Era Digital dan Revolusi Industri 4.0. Unri Conference Series: Community Engagement, 1, 449–455. https://doi.org/10.31258/unricsce.1.449-455
Empati, J., Hapsari, D. D., Ramadhani, G. Y., & Ikramullah, N. I. (2024). LITERATURE REVIEW : PENGARUH ARTIFICIAL INTELLIGENCE ( AI ) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Empati, 13(4), 313–324.
Fajriati, A., Wisroni, W., & Handrianto, C. (2024). PEMANFAATAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PESERTA DIDIK DI ERA DIGITAL. WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 71–85. https://doi.org/10.52166/wp.v6i2.7890
Hasanah, O. N., & Sukartono. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPAS di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 8(1), 204–213. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30 651/else.v8i1.20798 Oktavia
Mambu, J. G. Z., Pitra, D. H., Rizki, A., Ilmi, M., Nugroho, W., Leuwol, N. V, … Saputra, A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital. Journal on Education, 06(01), 2689–2698.
Maulid, T. A., Maulana, & Isrok’atun. (2024). Keterampilan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Digital dengan Menggunakan Artificial Intelligence Aplikasi Canva. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 281–294. Retrieved from https://mail.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/485
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. Arizona: SAGE Publication.
Naibaho, D. (2018). Peranan guru sebagai fasilitator dalam perkembangan peserta didik. Jurnal Christian Humaniora, 2(1), 77–86.
Naufal, M. A., & Pratiwi, A. C. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penggunaan Teknologi AI untuk Pengembangan Media Pembelajaran dan Evaluasi di Kabupaten Jeneponto. JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 205–211.
Oktavia, D. H., & Suseno, G. (2024). PEMANFAATAN KECERDASAN BUATAN DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA: POTENSI DAN TANTANGAN. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 1680. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i2.876
Picauly, V. E. (2024). Transformasi Pendidikan di Era Digital: Indonesian Research Journal on Education, 4(3). https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.1278
Respati, H. T. (2024). Pemanfaatan AI dalam Pendidikan : Meningkatkan Pembelajaran melalui Sistem Pembelajaran Adaptif. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 394–400.
Rohmah, N. (2019). Literasi Digital Untuk Peningkatan Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 128–134.
Setyasari, G. E., Sutopo, A., & Fuadi, D. (2025). Pengelolaan Komunitas Belajar Guru : Tantangan dan Peluang dalam Peningkatan Profesionalisme. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(2), 2121–2130.
Sitompul, B. (2022). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13953–13960. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4823
Sucipto. (2024). TANTANGAN DAN PELUANG IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DI ERA DIGITAL. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(3), 902–916. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i3.4192
Sulistyawati. (2023). Penelitian Kualitatif : Metode Penelitian Kualitatif. In Jurnal EQUILIBRIUM (Vol. 5). Retrieved from http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/
Syahbana, A., Asbari, M., Anggitia, V., & Andre, H. (2024). Revolusi Pendidikan: Analisis Kurikulum Merdeka Sebagai Inovasi Pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 27–30.
Viqri, D., Gesta, L., Rozi, M. F., Syafitri, A., Falah, A. M., Khoirunnisa, K., & Risdalina, R. (2024). Problematika Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 310–315. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.419
Yamin, M., Hairun, M., & Jumadi, A. (2023). Innovation of Media Learning Islamic Religious Education Based On Audiovisual. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(2), 221-230.
Yulianti, U., Julia, J., & Febriani, M. (2022). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru pada Pelaksanaan Blended Learning. Jurnal Basicedu, 6(2), 1570–1583. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2164
Zahara, S. L., Azkia, Z. U., & Chusni, M. M. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 3(1), 15–20. https://doi.org/10.23971/jpsp.v3i1.4022
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Weti Sri Nuryani Jamilah, Lili Halimah, Neneng Tri Puspita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.