Pemanfaatan Artificial Intelligence terhadap Kompetensi Pedagogik Guru

Authors

  • Weti Sri Nuryani Jamilah STKIP Pasundan Cimahi, Indonesia
  • Lili Halimah STKIP Pasundan Cimahi, Indonesia
  • Neneng Tri Puspita STKIP Pasundan Cimahi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i1.6857

Keywords:

Artificial Intelligence, Kompetensi Pedagogik, guru, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) dapat mengembangkan kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SDN Ciborerang 02 Katapang Bandung. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun tingkat literasi digital guru masih beragam, AI mulai dimanfaatkan dalam perencanaan pembelajaran, asesmen, dan pengayaan materi. AI juga terbukti membantu efisiensi kerja guru dan memungkinkan pembelajaran yang lebih personal. Namun, keterbatasan infrastruktur dan kompetensi digital menjadi tantangan utama. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan berkelanjutan, peningkatan fasilitas, dan dukungan kebijakan untuk integrasi AI dalam pembelajaran yang humanistik dan adaptif.

References

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. ISLAMIKA, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047

Andika, R., Helsa, Y., Ningsih, Y., & Pendidikan, P. (2025). Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence untuk Menyusun Modul Ajar dan Perencanaan Pembelajaran Interaktif untuk Guru SD Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence untuk Menyusun Modul Ajar dan. Jurnal Publikasi Pendidikan, 15(1).

Anggen Suari, K. R., & Sarjana, I. M. (2023). Menjaga Privasi di Era Digital: Perlindungan Data Pribadi di Indonesia. Jurnal Analisis Hukum, 6(1), 132–142. https://doi.org/10.38043/jah.v6i1.4484

Arfandi, A., & Samsudin, M. A. (2021). PERAN GURU PROFESIONAL SEBAGAI FASILITATOR DAN KOMUNIKATOR DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 5(2), 37–45. https://doi.org/10.35316/edupedia.v5i2.1200

Arief Adha, W., & Fadhila, S. (2023). IBTIDA Jurnal Kajian Pendidikan Dasar PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 3(1). Retrieved from https://www.ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/ibtida

Daud, A., Aulia, A. F., & Ramayanti, N. (2019). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran: Upaya untuk Beradaptasi Dengan Tantangan Era Digital dan Revolusi Industri 4.0. Unri Conference Series: Community Engagement, 1, 449–455. https://doi.org/10.31258/unricsce.1.449-455

Empati, J., Hapsari, D. D., Ramadhani, G. Y., & Ikramullah, N. I. (2024). LITERATURE REVIEW : PENGARUH ARTIFICIAL INTELLIGENCE ( AI ) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Empati, 13(4), 313–324.

Fajriati, A., Wisroni, W., & Handrianto, C. (2024). PEMANFAATAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PESERTA DIDIK DI ERA DIGITAL. WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 71–85. https://doi.org/10.52166/wp.v6i2.7890

Hasanah, O. N., & Sukartono. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPAS di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 8(1), 204–213. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30 651/else.v8i1.20798 Oktavia

Mambu, J. G. Z., Pitra, D. H., Rizki, A., Ilmi, M., Nugroho, W., Leuwol, N. V, … Saputra, A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital. Journal on Education, 06(01), 2689–2698.

Maulid, T. A., Maulana, & Isrok’atun. (2024). Keterampilan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Digital dengan Menggunakan Artificial Intelligence Aplikasi Canva. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 281–294. Retrieved from https://mail.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/485

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. Arizona: SAGE Publication.

Naibaho, D. (2018). Peranan guru sebagai fasilitator dalam perkembangan peserta didik. Jurnal Christian Humaniora, 2(1), 77–86.

Naufal, M. A., & Pratiwi, A. C. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penggunaan Teknologi AI untuk Pengembangan Media Pembelajaran dan Evaluasi di Kabupaten Jeneponto. JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 205–211.

Oktavia, D. H., & Suseno, G. (2024). PEMANFAATAN KECERDASAN BUATAN DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA: POTENSI DAN TANTANGAN. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 1680. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i2.876

Picauly, V. E. (2024). Transformasi Pendidikan di Era Digital: Indonesian Research Journal on Education, 4(3). https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.1278

Respati, H. T. (2024). Pemanfaatan AI dalam Pendidikan : Meningkatkan Pembelajaran melalui Sistem Pembelajaran Adaptif. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 394–400.

Rohmah, N. (2019). Literasi Digital Untuk Peningkatan Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 128–134.

Setyasari, G. E., Sutopo, A., & Fuadi, D. (2025). Pengelolaan Komunitas Belajar Guru : Tantangan dan Peluang dalam Peningkatan Profesionalisme. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(2), 2121–2130.

Sitompul, B. (2022). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13953–13960. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4823

Sucipto. (2024). TANTANGAN DAN PELUANG IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DI ERA DIGITAL. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(3), 902–916. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i3.4192

Sulistyawati. (2023). Penelitian Kualitatif : Metode Penelitian Kualitatif. In Jurnal EQUILIBRIUM (Vol. 5). Retrieved from http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/

Syahbana, A., Asbari, M., Anggitia, V., & Andre, H. (2024). Revolusi Pendidikan: Analisis Kurikulum Merdeka Sebagai Inovasi Pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 27–30.

Viqri, D., Gesta, L., Rozi, M. F., Syafitri, A., Falah, A. M., Khoirunnisa, K., & Risdalina, R. (2024). Problematika Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 310–315. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.419

Yamin, M., Hairun, M., & Jumadi, A. (2023). Innovation of Media Learning Islamic Religious Education Based On Audiovisual. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(2), 221-230.

Yulianti, U., Julia, J., & Febriani, M. (2022). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru pada Pelaksanaan Blended Learning. Jurnal Basicedu, 6(2), 1570–1583. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2164

Zahara, S. L., Azkia, Z. U., & Chusni, M. M. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 3(1), 15–20. https://doi.org/10.23971/jpsp.v3i1.4022

Downloads

Published

2024-07-30

Citation Check