Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i1.6858Keywords:
kreativitas, pendidikan karakter, projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5)Abstract
Kreativitas merupakan kompetensi esensial abad ke-21 yang penting dikembangkan sejak dini guna membentuk generasi yang adaptif, inovatif dan solutif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema Suara Demokrasi dapat menumbuhkan kreativitas peserta didik di SMP Negeri 4 Subang. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya partisipasi aktif dan hasil karya inovatif peserta didik dalam pembelajaran berbasis projek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan P5 telah dilaksanakan secara kolaboratif dan sistematis oleh kepala sekolah, guru dan koordinator, meskipun sebagian fasilitator masih membutuhkan penguatan pemahaman. (2) Pelaksanaan P5 mampu menumbuhkan kreativitas peserta didik melalui kegiatan yang aktif, kolaboratif dan relevan dengan kehidupan nyata. (3) Penilaian dilakukan berbasis rubrik dan portofolio yang menunjukkan peningkatan kreativitas, kepercayaan diri serta keterampilan abad ke-21. (4) Evaluasi dan tindak lanjut dilaksanakan menyeluruh, melibatkan seluruh elemen sekolah serta mitra. P5 berdampak positif pada perkembangan karakter dan kreativitas peserta didik, meskipun masih terdapat tantangan seperti pembagian waktu dan peran fasilitator.
References
ASTUTI, R. (2015). Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pengolahan Limbah Menjadi Trash Fashion Melalui PjBL. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 37. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v8i2.3872
Awaluddin, T. (2019). Penguatan Pembelajaran Nilai Moral Pancasila. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Azlea Mayasya Aziz, Desy Safitri, & Sujarwo. (2024). Efektivitas Kegiatan P5 dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Kelas VIII SMPN 281 Jakarta. JIMAD: Jurnal Ilmiah Mutiara Pendidikan, 2(2), 46–57. https://doi.org/10.61404/jimad.v2i2.221
Conference, I., Science, A. S., Retnoasih, A., Hendrawan, J. H., Program, S. E., & Cimahi, S. P. (2024). FOSTERING STUDENTS ’ CREATIVITY WITH DIGITAL INNOVATION. 01(01), 342–351.
Creswell John W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset.pdf (Edisi Indo). PUSTAKA PELAJAR.
Daulay, N. K., Sukmawan, I., Sakinah, G. P., Az, S., Nazira, R., Fadillah, T., Tarihoran, I., Daulay, T. A., Islam, U., & Sumatera, N. (2024). Perkembangan inovasi kreativitas siswa di sekolah menengah di era globalisasi. 8(6), 723–725.
Fajar Arnie., Mansyur Alif Ilman., D. (2022). Pendidikan Antikorupsi. Widina Bhakti Persada Bandung.
Farhana, G., & Cholimah, N. (2024). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Peningkatan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 137–148. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.5370
Fiantika, feni rita. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309
Hidayah, Y., Halimah, L., Pandikar, E., & Azhari, N. (2021). Upaya Guru dan Orang Tua Dalam Membangun Karakter Mandiri Siswa Autis di Sekolah Luar Biasa Negeri A Kota Cimahi. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 2(3), 41–63. https://doi.org/10.56806/jh.v2i3.23
Ika Nur Laela, Meylinda Nurlatifah, Nabila Zahra Atika, Restina Salsabila Eka W, & Uut Septiana. (2024). Penerapan Model Collaborative Learning Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skill Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(1), 94–105. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i1.2710
Kesuma, D. (2020). Pendidikan karakter: kajian teori dan praktik sekolah.
Muliardi, M. (2023). Mengembangkan kreativitas dan karakter bangsa melalui Kurikulum Merdeka di Madrasah. Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.56113/takuana.v2i1.68
Munandar. (2014). Kreativitas dan keberbakatan: Strategi mewujudkan potensi kreatif dan bakat. In Gramedia Pustaka Utama.
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248
Rizky Satria, P. A., Sekar, W. K., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 138.
Robert, B., & Brown, E. B. (2004). Teori Dan Praktik Pendekatan (Issue 1).
Saputri, S. V., Mawaddah, A. S., & Deviyani. (2024). Pengaruh Humanistik dalam Perkembangan Belajar Anak. 09(2), 466–477.
Satria, M. R., Adiprima, P., Jaenindya, M., Anggraena, Y., Anitawati, Sekarwulan, K., & Harjatanaya, T. Y. (2024). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Edisi Revisi 2024.
Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). (2018). Jurnal Pembangunan dan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi Volume 8, No. 2, 2020 (163-171). Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Project-Based Learning, 8(1), 163–171.
Siregar, I. N., Siagian, P. T., Dasuha, R. J. D., & Ria, R. R. (2024). Menumbuhkan Karakter, Etika, dan Moral Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.436
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309
Ulya, Z. (2024). Penerapan Teori Konstruktivisme Menurut Jean Piaget dan Teori Neuroscience dalam Pendidikan. Al-Mudarris: Journal of Education, 7(1), 12–23. https://doi.org/10.32478/vg1nnv56
Wahab, A. R., & Saud, M. S. (2021). Pembangunan Instrumen Karakter Kreatif Pelajar Pendidikan Teknikal Dan Latihan Vokasional (TVET). ANP Journal of Social Sciences and Humanities, 2(2), 112–122. https://doi.org/10.53797/anp.jssh.v2i2.16.2021
Wahyuni, M., & Mustadi, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Collaborative Learning Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Kreatif Dan Bersahabat. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 246–260. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12056