Efektivitas Media Cerita Pendek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di SMA Negeri 1 Batujajar
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i1.6866Keywords:
hasil belajar, inovasi pembelajaran, media cerita pendek, pembelajaran sejarahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media cerita pendek (cerpen) dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Batujajar, yang dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar peserta didik akibat dominasi metode ceramah, minimnya inovasi media, serta keterlibatan peserta didik yang rendah dalam proses belajar. Cerpen dinilai mampu menghadirkan materi sejarah dalam bentuk naratif yang menarik, kontekstual, dan bermakna, sehingga meningkatkan daya tarik peserta didik dan memperdalam pemahaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment) dan desain pretest-posttest control group design, dengan subjek dua kelas, yakni XII MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XII MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan mencakup tes hasil belajar, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media cerpen secara signifikan meningkatkan hasil belajar peserta didik dibandingkan metode konvensional, yang ditunjukkan oleh rata-rata posttest kelas eksperimen yang lebih tinggi. Observasi juga mencatat peningkatan keterlibatan peserta didik dan kreativitas guru selama pembelajaran, serta dampak positif pada aspek afektif peserta didik, seperti empati sejarah dan apresiasi terhadap nilai-nilai masa lalu. Dengan demikian, media cerpen terbukti efektif sebagai alternatif pembelajaran sejarah yang inovatif dan humanistik.
References
Alghozali, R. A., Lathifah, H., & Ratih, D. (2024). Penerapan Teks Cerita Sejarah Sebagai Media Ajar dalam Upaya Meningkatkan Literasi Peserta Didik Kelas X E 2 SMA Negeri 2 Ciamis. Artefak, 11(September), 293–306.
Ayesma, P., & Ibrahim, N. (2020). Film Sejarah sebagai Media dalam Mengembangkan Literasi di Era Digital. (2), 311–322.
Carr, E. H. (1990). What is History. Dalam R. W. Davies (Ed.), The Sociological Review. New York, NY, USA: Penguin Books. https://doi.org/10.1111/j.1467-954X.1914.tb02362.x
Creswell, J. W., & J. David Creswell. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: SAGE Publications.
Darnawati, D., Jamiludin, J., & Lenisa, L. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Siswa Dengan Memanfaatkan Media Cerita Bergambar. Sebatik, 26(2), 739–745. https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i2.2049
Fahrurrozi, M., & Mohzana. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran: Tinjauan Teoretis dan Praktek (Vol. 51).
Fajar, A. (2009). Portofolio dalam Pembelajaran IPS (Cetakan 5). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Firmansyah, H. (2023). Pemanfaatan Novel Sejarah Sebagai Media Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Mei, 9(10), 180–187.
Indrayani, R., & Hastuti, H. (2022). Implementasi Gerakan Literasi dalam Pembelajaran Sejarah di SMA N 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Kronologi, 4(3), 299–310. https://doi.org/10.24036/jk.v4i3.476
Lestari, S., Manurung, A. A., & Sumarni, S. (2024). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasi dalam Pembelajaran IPA SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 10622–10628. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5476
Matlani, & Aan, Y. K. (2019). Analisis Kritis Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 Matlani Aan Yusuf Khunaifi Pendahuluan Semakin majunya perkembangan zaman telah merubah pola hidup. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(2), 81–102.
Nugraha, D., Suyitno, Sabardila, A., & Sunanda, A. (2025). PEMBELAJARAN LITERASI SEJARAH MEMAKAI CERITA PENDEK HISTORICAL LITERACY LEARNING USING SHORT STORIES. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 18(1), 93–118.
Nurjanah, W. (2020). Historical Thinking Skils dan Critical Thinking Skills. Historika, 23(1), 92–104.
OECD. (2023). Pisa 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. Dalam Factsheets. Paris, France: OECD Publishing. Diambil dari https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-results-volume-i_53f23881-en%0Ahttps://www.oecd.org/publication/pisa-2022-results/country-notes/germany-1a2cf137/
Rahman, A., Naldi, W., Arifin, A., & Mujahid R, F. (2021). Analisis UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 dan Implikasinya terhadap Pelaksanaan Pendidikan di Indonesia. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(1), 98–107. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2010
Rakhman, A. S., & Handayani, Y. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH AGAR MENARIK MINAT PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 21(1), 24–27. https://doi.org/10.54124/jlmp.v21i1.114
Rasihudin, A. (2019). Menanamkan Nilai-Nilai Kesejarahan Dalam Pembelajaran Sejarah Melalui Puisi Kepahlawan. Jurnal Artefak, 6(1), 7. https://doi.org/10.25157/ja.v6i1.2045
Rokhmatin, N., Leksono, I. P., & Rohman, U. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Vs Pembelajaran Langsung dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas XII. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, 7(4), 784. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i4.859
Wulan, S., Zainuddin, F., Yamin, M., Selviana, S., & Rahmadani, E. (2024). Pengembangan media pembelajaran smart card pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VI di MI 01 Bonepute. Jurnal Pendidikan Refleksi, 12(4), 211-222.
Sasmi, E., Bustan, & Khaeruddin. (2024). Penggunaan Media Film Sejarah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas MIPA 2 SMAN 12 Bone. Attoriolong Jurnal Pemikiran Kesejarahan dan Pendidikan Sejarah, 22(1), 20–31.
Seixas, P. (2008). “Scaling Up” the Benchmarks of Historical Thinking. (April).
Sofie, D. (2021). Menghidupkan Literasi Di Ruang Kelas (5 ed.; F. Maharani, Ed.). Yogyakarta: Kanisius.
Solihah, Aeni, I. (2025). Analisis Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer Tahun Ajaran 2024 / 2025 dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN Kawungsari. 07(02), 10964–10974.
Yamin, M. (2022). Blended learning model pembelajaran pasca pandemi. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 285-289.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Zurmaningsih, R. (2022). PEMANFAATAN NOVEL SEJARAH DALAM PEMAHAMAN PEMBELAJARAN SEJARAH. HISTOGIC, Jurnal Pendidikan Sejarah, 1–9.