Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Perspektif AL-Quran dan Hadist

Authors

  • Eko Suwanto UIN Sunan Kalijaga, Indonesia
  • Zainudin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i1.6909

Keywords:

Kompetensi Sosial, Kompetensi Spiritual, Media Kreatif, Metode Pembiasaan, Nilai-nilai Qur’ani

Abstract

Pendidikan karakter anak usia dini merupakan pondasi penting dalam membentuk kepribadian yang mulia sesuai nilai-nilai Islam. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji konsep pendidikan karakter anak usia dini dalam perspektif Al-Qur’an dan Hadis, serta memberikan panduan implementatif bagi orang tua dan pendidik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan (library research). Data dikumpulkan melalui telaah literatur terhadap sumber primer seperti Al-Qur’an, hadis sahih, dan tafsir klasik maupun kontemporer, serta sumber sekunder berupa buku dan artikel ilmiah terkait. Temuan menunjukkan bahwa pendidikan karakter Islami menekankan kompetensi spiritual (tauhid, ibadah, akhlak, syukur) dan sosial (husnul khuluq, mandiri, keteladanan, tanggung jawab), yang dapat diinternalisasi melalui metode keteladanan, pembiasaan, media kreatif, serta kolaborasi antara keluarga dan sekolah. Artikel ini juga menyoroti tantangan modern seperti kecanduan gadget dan kurangnya pemahaman orang tua, serta memberikan solusi berbasis nilai-nilai Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan praktis dan konseptual dalam pengembangan pendidikan karakter anak usia dini yang Qur’ani.

References

Al Ayyubi, I. I., Masfuroh, A. S., Noerzanah, F., Muhaemin, A., & Apriyanti, N. S. N. (2024). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Q.S Luqman Ayat 13-19. Al-Fahmu: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 3(1), 31–41. https://doi.org/10.58363/alfahmu.v3i1.181

Andryani, Y., Ihlas, I., S. Anhar, A., & Ahmadin, A. (2023). Penerapan Pendidikan Tauhid Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Arrahman Nitu. LITERASI: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 2(2), 159–171. https://doi.org/10.58218/literasi.v2i2.661

Anggara, R. (2024). Sumber ajaran akhlak. Perspektif Agama Dan Identitas, 9(11), 140–147.

Anisa, P., & Pasaribu, M. (2025). Efektivitas Implementasi Pendidikan Akhlak melalui Metode Pembiasaan Berkata Baik pada Anak Usia Dini di Taska Aspirasi Intelek Shah Alam, Malaysia. Journal of Education Research, 6(2), 280–291. https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.2327

Arfan, I., Lubis, A. R., Buhori, A., Reyhan, M., & Damanik, A. (2025). Asbabun Nuzul Surat Al-Qalam Ayat 4 dan Hubungannya dengan Akhlak Yang Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 5201–5206.

Ariashinta, D. (2024). MEDIA PEMBELAJARAN AL- QUR ’ AN UNTUK ANAK USIA DINI. ADVANCES in Social Humanities Research, 1(12), 1–14.

Astuti, I. A. D., Rizqiyani, R., Hasanah, U., & Nihwan. (2024). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Menyimak pada Anak Usia Dini. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 7(4), 381. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.5

Atmojo, A. M., & Sakina, R. L. (2022). Permasalahan Pola Asuh dalam Mendidik Anak di Era Digital. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1965–1975. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1721

Auliarrahma, N. I., Solihah, C., Yulianah, Y., & Mulyana, A. (2024). Orientasi Pembentukan Karakter Individu yang Beretika : Peran Strategis Keluarga. Jurnal Parenting Dan Anak, 1(3), 1–14.

Azis, T. B. (2024). Konsep Keteladanan Dalam Surat Al-Ahzab Ayat 21 Sebagai Metode Pendidikan Islam. Jurnal Studi Keislaman, 10(1), 71.

Bahari, L. A., & Zaman, K. (2023). Syukur dalam Perspektif Al-Qur’an Setudi komparasi tafsir ibn katsir dan Tafsir Al Ibriz. Jurnal Ilmu Al-Qur’an, Tafsir Dan Pemikiran Islam, 4(2), 293–308. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/takwiluna

Bastami, & Fitriyah, R. (2021). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Lagu-lagu Islami. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 34.

Batubara, M., Nasution, M. I. M., Syahrin, T. A., Lubis, M. Y., Nujaima, I., & Husna, A. U. (2023). Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini, Communnity Development Journal. Communnity Development Journal, 4(4), 7429–7435.

Bullah, H. M. R. (2020). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Perspektif Al-Quran dan Hadis. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 887–892.

Camalia, R. S., Nur, L., & Purwati. (2025). Kontribusi Program Parenting terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini : Systematic Literature Review. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif, 8(1), 76–87.

Dompak, T. (2025). Globalisasi dan Krisis Demorasi. Jurnal Pendidikan Inovatif, 7(2), 9–11.

Fatmala, S. (2022). Peran Orang Tua terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Conference of Elementary Studies, 599–611.

Fauzan, F. A. (2021). Implikasi Pendidikan Karakter Bagi Anak Perspektif Q.S. Al-Baqarah ayat 83. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(1), 88–102. https://doi.org/10.15575/ath.v6i1.10271

Firmansyah, Achmad Abu Bakar, M. Y. (2023). Membangun Kehidupan Beragam: Tafsir Tahlili terhadap Surah Al-Hujurat Ayat 13. Jurnal Kajian Al-Quran & Tafsir, 8(2), 47–60.

Ghifari, B. Al, Razzaq, A., Imron, K., Profesi, P., Prajabatan, G., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2024). Anialisis Karakter Bertanggungjawab dalam Prespektif Al-Qur’an Surat Al- Muddassir Ayat 38. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 23(3), 1309–1315. https://doi.org/10.17467/mk.v23i3.5318

Hadi, M. S., Salamah, U., & Wigati, D. D. (2025). Spiritualitas Anak Perspektif Pendidikan Islam ( Analisis Konseptual kecerdasan spiritual sejak usia dini ). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 17–29.

Hadi, N. F., & Afandi, N. K. (2021). Literature Review is A Part of Research. Sultra Educational Journal, 1(3), 64–71. https://doi.org/10.54297/seduj.v1i3.203

Halimatuzzuhratulaini, B. (2020). Pendidikan Karekter pada PAUD dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadis. Ta’dib : Jurnal Penidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 18(2), 72–93. http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tadib/article/view/377/250

Hamiruddin, M. (2022). KISAH NABI YUSUF AS SEBAGAI METODE PENDIDIKAN. Action Research Literate, 6(2).

Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukma, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Ilmu.

Herwati. (2024). Pendidikan Dalam Perspektif Islam Dan Peranannya Dalam Membina Kepribadian Islami. Bahtsuna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1–4. https://doi.org/10.22373/jm.v8i2.3397

Husna, T., Fitriani, Y., & Nuroniah, P. (2024). Aktivitas Berkebun sebagai Upaya Pengembangan Nilai Kerja Sama pada Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 770–782. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.974

Iffah Okta Afiana, Alfiana Ghani, & Mardiyah. (2023). Paradigma dan Esensi Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(1), 115–130. https://doi.org/10.21154/sajiem.v4i1.171

Inayah, A., & Haerudin, U. M. (2023). Teori Fitrah dalam Persfektif Hadits Kaitannya dengan Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Attractive : Innovative Education Journal, 5(2), 234.

Irawan, B., Ballianie, N., Efriliyanti, L., & Alvio, W. (2024). Penanaman nilai-nilai karakter islam dalam kurikulum pendidikan agama islam di sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(1), 225–226.

Irda, Y. F., Murdiani, & Hayati, F. (2021). Analisis Karakter Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun di TK Poteumeureuhom Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 6.

Irfiani, V., & Tarlam, A. (2023). Potensi Manusia Dalam Perspektif Islam: Menggali Potensi Diri Untuk Kesempurnaan Spiritual. Kamaliyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 63–75.

Ishak, I., Khairunnisa, F., & Nasution, F. (2023). PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-QUR’AN (Upaya Meningkatkan Akhlak Terpuji Dengan Nilai-Nilai Dalam Al-Quran). Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 4(1), 44–58. https://doi.org/10.51672/jbpi.v4i1.156

Jawawi, A. (2020). Hadits Perintah Shalat pada Anak Usia 7-10 Tahun dalam Perspektif Psikologi Perkembangan. An-Nisa’, 13(1), 777–784.

Kholil, A. (2021). Kolaborasi Peran serta Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 88–102. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i1.191

Kurnia, A. M. B., & Yustika, G. P. (2019). Motivasi Belajar Dalam Perspektif Qs. Al-Ra’D: 11 Menurut Kitab Tafsir Al-Jalalain Karya Imam Jalaluddin Al-Mahalli Dan Imam Jalaluddin Al-Suyuti. Jurnal Suhuf, 31(2), 134–160.

Kurnia, A., Syafruddin, Hendrizal, Effendi, H., & Ihsan, S. F. (2024). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadis: Kajian Literatur dan Implementasi dalam Keluarga. AL-ATHFAL, 5(2), 316–318. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2639

Kusmira, L., & Simatupang, A. Y. (2025). Implementasi Guru dalam Mewujudkan Karakter Islami Anak Usia Dini di RA IT Bunayya Pandan. Journal Education Innovation, 3(1), 536.

Maryam, S., Imam, I., Ayyubi, A., Martini, S., Fitriyah, D., Sa’, S., & Masfuroh, A. S. (2024). Peran Orang Tua pada Anak Usia Dini berdasarkan QS. Maryam. Banun: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 2.

Maulana, H. (2023). PERAN PARENTING DALAM PENDIDIKAN KARAKTER. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(1), 24–26.

Mohamad, P., Yahiji, K., Husain, R. T., & Ibrahim, S. (2025). Wawasan Al-Qur’an dan Hadis Tentang Metode Pendidikan, Disiplin, dan Keteldadan. Al-Muhtarif: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(4), 1324–1326.

Muliyanty, I., Hamdanah, H., & Fahmi, N. (2024). Dasar Al-Qur’an Dan Hadits Tentang Kepemimpinan. Journal on Education, 6(4), 20928–20935. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6226

Mulyati, Hidayati, M., & Hariyanto, M. (2020). Pengaruh Keteladanan Guru dan Orang Tua terhadap Sikap Kejujuran Siswa Smk Klaten, Jawa Tengah. Jurnal Cendika, 14(2), 183–195. https://doi.org/10.30957/Cendekia.v14i2.641.Selain

Munafiah, N., & Latif, M. A. (2022). Peran Orang tua pada Kegiatan Screen time Anak Usia Dini. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 23–28.

Mustafa Parinduri, & Irwan. (2024). Dampak Pola Asuh Permisif Orangtua Terhadap Perilaku Remaja Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Di Medan Amplas Kota Medan). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 4(2), 75–82. https://doi.org/10.38035/jihhp.v4i2.1854

Na’u, F. F. M., & Listyaningrum, E. M. (2023). Menanamkan Kemandirian pada Anak Usia 5-6 Tahun melalui. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 4(2), 372–380. https://doi.org/10.51874/jips.v4i2.128

Nersa, M. (2024). Jurnal Edusiana : Jurnal Ilmu Pendidikan Strategi Pembelajaran Berbasis Cerita dalam Menanamkan Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Edusiana : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 99–109.

Ningsih, E., Tohar, A. A., & Khairi, Z. (2024). Membangun Kepribadian Bersyukur Perspektif Psikologi Islam. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(2), 1256–1270. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i2.2568

Nirwana. (2020). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Berdasarkan Al-qur’an. El-Tarbawi, 13(2), 193–120. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol13.iss2.art5

Noor Chasanah, Budiyono Saputro, & Ghoni, A. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Kemandirian Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Di Mi Al Ijtihad Citrosono Magelang. Inventa, 7(1), 27–36. https://doi.org/10.36456/inventa.7.1.a6969

Nugraha, H. A. (2024). Manajemen Kurikulum Berbasis Nilai-Nilai Islam dalam Membentuk Karakter Siswa MA Hidayatul Mubtadiin Jati Agung Lampung Selatan. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 03(09), 79–88.

Nurhakim, A. (2022). Pendidikan Akidah Perspektif Al-Quran Surah Luqman Ayat 13. Tsaqafatuna, 4(2), 184–191. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v4i2.174

Nurislaminingsih, R., & Heriyanto. (2024). Riset kualitatif untuk pemula teknik analisis data. CV. Intishar Publishing. www.cvintisharpublishing.com

Parpatih, S. (2025). Pendidikan Karakter Dalam Al-Quran : Membangun Generasi Berakhlak Mulia. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 4(176–178). https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jurripen.v4i1.4336

Pulungan, N. H., & Hayati, N. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Hadis. TILA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 531.

Putri, A. D., & Nurhafizah, N. (2023). PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 967–977.

Putri, N. I., Razzaq, A., & Imron, K. (2024). Konsep Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Al-Qur’an Kajian (Q.S.Thaaha Ayat 132). Jurnal Ilmiah Global Education, 5(3), 1531–1537. https://doi.org/10.55681/jige.v5i3.3232

Qodim, H. (2022). Metode Pendidikan Akhlakul Karimah Anak Menurut Imam Al-Ghazali. Syifa Al-Qulub: Jurnal Studi Psikoterapi Sufistik, 6(2), 180–188.

Qurbi, A., Diswantika, N., & Putri, E. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter dan Budi Pekerti Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(2), 525–538.

Rahmawati, P. D., Khodijah, S., Ghofur, A., Pratama, R. A., Latifatunnisa, Alfarras, F., & Dzikri, M. (2024). Menggali Nilai-Nilai Karakter Melalui Pendidikan Al-Quran : Studi Kasus di TPA-TPA Terpilih. Journal of Qur’an and Hadith Studies, 13(2), 306–327. https://doi.org/10.15408/quhas.v13i2.40409

Ramadhan, A. A., Khamdun, & Ardianti, S. D. (2024). Peran Keluarga Dalam Pembentukan Sikap Sopan Santun Pada Anak SD Di Desa Tengguli Jepara. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(4), 41–49.

Rasyid, R., Fajri, M. N., Wihda, K., Ihwan, M. Z. M., & Agus, M. F. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Basicedu, 8(2), 1278–1285. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7355

Rijkiyani, R. P., Syarifuddin, S., & Mauizdati, N. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak pada Masa Golden Age. Jurnal Basicedu, 6(3), 4905–4912. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2986

Rohayani, F., Murniati, W., Sari, T., & Fitri, A. R. (2023). Pola Asuh Permisif dan Dampaknya Kepada Anak Usia Dini (Teori dan Problematika ). Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 25–38.

Rohmah, U. (2018). Pengembangan Karakter Pada Anak Usia Dini (AUD). Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 85–102. https://doi.org/10.33550/sd.v5i2.89

Romzi, M., Noviyanti, S. F., Hamidah, T., & Fawaid, A. (2024). Integration of Islamic Teachings in Character Education to Strengthen Morality and Ethics in Schools. Maharot : Journal of Islamic Education, 8(2), 191. https://doi.org/10.28944/maharot.v8i2.1809

Rusdiana, I., Prihandono, T., & Bektiarso, S. (2025). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak. Jurnal Basicedu, 9(1), 165. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Rusli, Tang, M., & Mappatunru, S. (2024). Keteladanan Guru dan Moralitas Peserta Didik Studi Guru Pendidikan Agama Islam di SMP IT Insan Cendekia Makasar. Jurnal Ilmu Pengetahuan, 4(4), 475–476.

Sa’adah, M., Rahmayati, G. T., & Prasetiyo, Y. C. (2022). STRATEGI DALAM MENJAGA KEABSAHAN DATA PADA PENELITIAN KUALITATIF. Jurnal Al ‘Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54–64.

Sauri, S., Sulastri, A., Hakim, A. R., & Sururuddin, M. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 8(3), 1167–1173. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3226

Setiawan, A., Susilawati, E., Zaqiah, Q. Y., Hadiansah, & Badrudin. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kemitraan dengan Orang Tua. Journal on Education, 07(01), 957–974.

Siregar, I. S. (2022). DAMPAK PENGGUNAAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI STUDI KASUS PADA ANAK USIA DINI DESA SIOLIP. TILA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 140–153.

Sobon, K., Fauziah, P. Y., & Malingkas, M. (2024). Keluarga: Sumber Pendidikan Karakter Digital Bagi Anak di Era Society 5.0. Journal Of Social Science Research, 4(3), 11360.

Sulaiman. (2022). Penerapan Pendidikan Islam Bagi Anak di Usia Emas Menurut Zakiah Dradjat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3953–3966. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2418

Sulastri. (2023). Pendidikan Syukur Menurut Al-Qur’an. MODERATION: Journal of Islamic Studies Review, 3(2), 91–92. http://journal.adpetikisindo.or.id/index.php/moderation/index

Surayanah, Pangesti, A. L., Putra, B. P., Afifah, A. K., & Novalinda, C. (2025). Studi Literatur Dinamika Perkembangan Anak : Lingkungan Membentuk Karakter Remaja. Indonesian Journal Of Education, 2(1), 261–266. https://doi.org/https://doi.org/10.71417/ije.vxix.x.v2i1.516

Tarigan, M., Ramadhani, S. A., & Paramitha, F. (2024). Sejarah Pendidikan Islam pada Masa Nabi Muhammmad Saw: Sejarah Pendidikan Islam. Jurnal Dirosah Islamiyah, 6(3), 531. https://doi.org/10.17467/jdi.v6i3.2321

Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi Peran Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854

Widyaningsih, W., Rusliana, I., & Naan, N. (2022). SIKAP SYUKUR SEBAGAI PROSES PEMBENTUKAN BUDI PEKERTI PADA REMAJA (Studi Deskriptif terhadap Siswa kelas 10 di SMK Pasundan 4 Bandung). Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 2(3), 666–686. https://doi.org/10.15575/jpiu.17008

Yuniarti, R., Rosita, & Hanifah, N. (2024). Pengaruh Pembiasaan Dzikir Pagi dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa di RA Al Bukhari. EduSpirit : Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 1(1), 605–610.

Yusri, N., Ananta, M. A., Handayani, W., Haura, N., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2024). Peran Penting Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. PJPI: Jurnal Pendidikan Islam, 2, 1–12.

Zulfa, N. A., & Sari, N. (2024). Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini : Tinjauan Peran Pendidik. Journal of Child Research, 1(4), 153–163.

Downloads

Published

2025-07-26

Citation Check