Implementasi Metode Menghafal Mufrodat dalam Meningkatkan Pemahaman Al-Qur’an Hadis Siswa MA Wahid Hasyim Balung

Authors

  • Moch. Yusuf Sholeh Afandi Universitas Al-Falah As-Sunniyah, Indonesia
  • Nanang Budianto Universitas Al-Falah As-Sunniyah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i1.6932

Keywords:

Metode menghafal mufrodat, Pemahaman Al-Qur’an Hadis, Pembelajaran bahasa Arab., Strategi pembelajaran keagamaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji metode menghafal mufrodat dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MA Wahid Hasyim Balung. Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan siswa dalam memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis karena keterbatasan penguasaan kosakata bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode menghafal mufrodat mampu membantu siswa mengenali dan memahami kosakata dalam ayat dan hadis, sehingga mereka lebih mudah memahami isi kandungannya. Meski dihadapkan pada hambatan seperti motivasi belajar yang rendah, waktu pembelajaran terbatas, dan perbedaan kemampuan siswa, guru berhasil mengatasinya melalui beberapa strategi, seperti metode membaca drilling (pengulangan), dan metode tutor sebaya. Metode ini tidak hanya meningkatkan hafalan siswa, tetapi juga pemahaman siswa secara signifikan, terlihat dari peningkatan hasil belajar mereka. Penelitian ini membuktikan bahwa pendekatan linguistik seperti menghafal mufrodat dapat menjadi alternatif yang efektif dalam pembelajaran agama.

Author Biography

Nanang Budianto, Universitas Al-Falah As-Sunniyah

Dosen Pembimbing dan penulis kedua

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Albatul, N., Hasan, N., & Junaidi, M. R. (2024). Penggunaan Metode Hafalan Mufrodat Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas Vii Smp Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi. AR-RAID: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 01, 12–20.

Ardiansah, Masrur, M., & Aulia, M. (2025). Penerapan Metode Qira’ah dalam Pembelajaran Keterampilan Reseptif Bahasa Arab. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 8(April), 3589–3595.

Damanik, N. Z. S., & Nasution, S. (2024). Model Pembelajaran Tebak Kata Untuk Menghafal Mufrodat Bahasa Arab Siswa MAN Pematang Siantar. Journal Islamic Pedagogia, 4, 131–140. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/pedagogia.v4i2.117

Fatikah, N., Indana, N., & Amilatus, S. (2022). Discovery Learning Dalam Peningkatan Pemahaman Mapel Al-Qur’an Hadits Di MTs Miftahul Ulum Jarakkulon. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 11, 206–216. https://doi.org/https://doi.org/10.54437/juw

Fikar, J., Tahir, M., & Nurhayati. (2022). Efektivitas Penerapan Metode Make a Match Dalam Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Pada Siswa Kelas Vi Pps. Stq-Ask Batam. Jurnal AS-SAID, 2(1), 176–188.

Fitriani, A., Susiawati, I., & Utami, D. (2023). Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Mufradat di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hikmah Haurgeulis. Journal on Education, 05, 6396–6406.

Hrp, N. A., Masruro, Z., Saragih, S. Z., Hasibuan, R., Simamora, S. S., & Toni. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.

Imron, A., & Fajriyah, D. F. (2021). Penggunaan Metode Bernyanyi dalam Menghafal Mufrodat (Kosakata) Bahasa Arab di MI. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 41–56. https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.255

Kurniawan, A., Febrianti, A. N., Hardianti, T., Ichsan, Desy, Risan, R., Sari, D. M. M., Sitopu, J. W., Dewi, R. S., Sianipar, D., Fitriyah, L. A., Zulkarnain, Jalal, N. M., Hasriani, & Hasyim, F. (2022). Evaluasi pembelajaran. PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Kurniawan, A., Nanang, Arifannisa, Noflidaputri, R., Supriyadi, A., Rahman, A. A., Arrobi, J., Jamaludin, Arissandi, F., Sianipar, D., Indriyati, C., & A’yun, K. (2022). Metode Pembelajaran Di Era Digital 4.0. PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Luneto, B. (2023). Perencanaan Pendidikan. Sanabil. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Mawardi, Mustafa, & Tamin, M. (2022). Metode Pembelajaran Mufradat dalam Menghafal Kosakata Bahasa Arab di Sekolah Menengah. AL IBRAH: Journal of Arabic Language Education, 05, 22–30.

Mirza, I., & Taufiq, R. (2025). Nilai-Nilai Tafsir Tarbawi Surat Yusuf Ayat 2 Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian Dan Inovsi, 5(1), 117–122. https://doi.org/10.59818/jpi.v5i1.1183

Nur’aeni, N., Mansyur, M., & Kosim, A. (2021). Penggunaan Metode Problem Solving Terhadap Efektivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas IX di MTS Negeri 4 Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7, 526–530. https://doi.org/10.5281/zenodo.5202942

Paputungan, D., Arsyad, L., & Djafar, F. (2024). PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTsN 1 BONE BOLANGO. 3(2), 122–141.

Pasaribu, B., Herawati, A., Utomo, K. W., & Aji, R. H. S. (2022). Metodologi Penelitian Untuk Ekonomi dan Bisnis. MEDIA EDU PUSTAKA.

Rifqi, M. J., Rahman, P., & Gusti. (2023). Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Qur’an Menurut Hamka Dan Al-Zamakhsyari Dalam Qs. Yusuf (12): 2 Dan Asy-Syu’ara’ (26): 195. Izzatuna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 4(2), 56–57. https://doi.org/10.62109/ijiat.v4i2.41

Rohmah, H. N. (2023). Penerapan Metode Team Teaching (Studi Deskriptif Di Sd Al-Ma’Soem). PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(3), 229–239. https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i3.621

Romadhon, A., Abusyairi, K., Murdani, E., & Hidayat, T. (2023). Efektivitas Media Lagu Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Kemampuan Pengusaan Mufrodat Siswa MTs Negeri Samarinda. Al-Kautsar: Knowledge Advancement in Teaching Strategies and Research, 1(2), 111–117.

Santoso, E. B., Hamid, M. A., Warisno, A., Andari, A. A., & Sujarwo, A. (2023). Sistem Manajemen Perencanaan, Pelaksanaan Dan Evaluasi Pembelajaran Di Smp Qur’an Darul Fattah Lampung Selatan. Al Wildan: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 146–155. https://doi.org/10.57146/alwildan.v1i3.1520

Setiawan, C., & Fitriani, L. (2024). Analisis Metode Menghafal Mufrodat Mahasiswa di PKPBA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Tarling: Journal of Language Education, 08, 135–146.

Zainuri, & Jannah, H. M. A. (2022). Pendampingan Keterampilan Media Pembelajaran dalam Menghafal Mufradat Bahasa Arab. An-Nuqthah: Journal of Research & Community Service, 2, 52–58. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/an-nuqtah.v1i3.886

Zaki, M., & Linur, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Menghafal Mufradat Siswa Kelas Vii Smp Nurul Huda Menemeng. El-Jaudah : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 03(01), 32–46.

Downloads

Published

2025-06-30

Citation Check