Evaluasi Pendidikan Berbasis Penilaian Karakter Menurut Qs An-Naml Ayat 40: Studi Kasus di MTS Ma'arif Nu 1 Sumpiuh

Authors

  • Dian Pratiwi
  • Yuanita Nurul Nisa’ Apriliyana UIN Walisongo Semarang, Indonesia
  • Musthofa UIN Walisongo Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i1.6939

Keywords:

MTs Ma'arif NU 1 Sumpiuh, evaluasi, pendidikan karakter

Abstract

Penelitian Penelitian ini mengevaluasi implementasi pendidikan karakter di MTs Ma'arif NU 1 Sumpiuh berdasarkan nilai-nilai QS An-Naml ayat 40 yang mencakup keikhlasan, tanggung jawab, dan kesadaran ketuhanan. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam kepada dua guru dan kepala sekolah. Hasil menunjukkan nilai-nilai karakter seperti kejujuran, tanggung jawab, kerendahan hati, dan spiritualitas telah terintegrasi dalam pembelajaran melalui keteladanan guru, penguatan nilai, dan pembiasaan sehari-hari. Namun, implementasi masih menghadapi kendala berupa keterbatasan waktu, kurangnya koordinasi sekolah-orang tua, dan pemahaman guru yang belum maksimal terhadap penilaian karakter berbasis Al-Qur'an. Penelitian menegaskan pentingnya penguatan nilai-nilai Qur'ani dalam pendidikan untuk membentuk generasi yang cerdas intelektual dan unggul dalam akhlak, serta perlunya sinergi lebih baik antara stakeholder pendidikan.

References

Abd Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.

Adelliani, N., Sucirahayu, C. A., & Zanjabila, A. R. (2023). Analisis Tematik pada Penelitian Kualitatif. Penerbit Salemba.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Anwar, K., Kunci, K., & Evaluasi, : (2021). URGENSI EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Vol. 17, Issue 1).

Atiah, A., Santiani, S., & Ikhwansyah, M. F. (2024). PELAKSANAAN EVALUASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MTS DARUL AMIN PALANGKA RAYA.

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1103-1107.

Azmiy, M. U., Saihan, & Muhith, Abd. (2024). EVALUASI PENDIDIKAN PERSPEKTIF ISLAM: PENDEKATAN HOLISTIK UNTUK MENINGKATKAN

KUALITAS PEMBELAJARAN. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1), 53–66. https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i1.15918

Bill Huda, A., Fadilah Panjaitan, P., & Sabila, D. (2023). Hakikat Evaluasi Dalam Pendidikan Islam. In ALACRITY : Journal Of Education (Vol. 3). http://lpppipublishing.com/index.php/alacrity

Departemen Agama RI. (2011). Al-Qur'an dan Tafsirnya (Jilid 7). Lajnah Pentashihan Mushaf Al Qur'an.

Hidayat, M., & Hilmiyati, F. (2024). KONSEP EVALUASI PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM. 5(1). https://e-journal.upr.ac.id/index.php/parislangkis

Hidayat, R. (2024). Nilai-nilai pendidikan Islam dalam Surat An-Naml Ayat 15-44 (Doctoral dissertation, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan).

Hidayat, S., & Anwar, C. (2022). Konsep Evaluasi Dan Pengawasan Dalam Pendidikan Islam Perspektif Al-Quran. Change Think Journal, 1(04), 362-373.

Ilhami, M. W., Vera Nurfajriani, W., Mahendra, A., Sirodj, R. A., & Afgani, W. (2024). Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(9), 462–469. https://doi.org/10.5281/zenodo.11180129

Krathwohl, D. R., Bloom, B. S., & Masia, B. B. (1964). Taxonomy of educational objectives: The classification of educational goals. Handbook II: Affective domain. New York: David McKay.

Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. New York: Bantam Books.

M. Quraish Shihab. (2002). Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an (Jilid 9). Lentera Hati.

Muntakhib, A., Syukur, F., Ma'arif, S., & Musthofa, M. (2020). Aktualisasi Etika Guru dan Murid Al-‘Āmili di Era Disrupsi. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi), 6(2), 159-172. https://doi.org/10.18784/smart.v6i2.1112

Muttaqin, A. (2021). Prinsip-prinsip manajemen sumber daya manusia perspektif surah An-Naml ayat 38–40 dan surah At-Taubah ayat 122 (Telaah kitab tafsir Al-Misbah, Al-Munir dan Ibnu Katsir). Skripsi. IAIN Palangka Raya. https://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/17056

Musthofa, M., & Zabidi, A. Z. M. (2023). Implementation of Humanistic Education in Shaping to a Moderate Attitude in Elementary Schools. Edukasia Islamika, 8(1), 1-

https://doi.org/10.28918/jei.v8i1.6788

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Sadler, D. R. (1989). Formative assessment and the design of instructional systems. Instructional Science, 18(2), 119–144. https://doi.org/10.1007/BF00117714

Sari Mega, Lia. “Evaluasi Dalam Pendidikan Islam.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 2 (2018): 211–31.

Supardi, A., Sona Zainal Walad, Mida Hardianti, Sabarudin, I., & Hamid Sidiq. (2023). Paradigma Bela Negara dalam Surat An-Naml Ayat 1-66: Representasi Akronim Kata “AN-NAML.” Al-Fahmu: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2(1), 30–38. https://doi.org/10.58363/alfahmu.v2i1.13

Syagif, Ahmad. “Evaluasi Pendidikan Dalam Al-Qur’an.” Jurnal Studi Pendidikan 2, no. 1 (2010): 1–17.

Triana, N. (2022). Pendidikan karakter. Mauizhah: Jurnal Kajian Keislaman, 11(1). https://doi.org/10.55936/mauizhah.v11i1.58

Yandri, E. (2018). Dimensi pendidikan Islam dalam surat An-Naml ayat 15–44 (Analisis kisah Nabi Sulaiman AS dengan Ratu Balqis). Ruhama: Islamic Education Journal, 2(2), 111–124. https://doi.org/10.31869/ruhama.v1i1.819

Yustina, Intania, and Universitas Tanjungpura. “Pendidikan Karakter : Pondasi Moral Dan Etika Dalam Pembentukan Peserta Didik,” 2024, 998–1011.

Yusuf, E., & Nata, A. (2023). Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01). https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.2868

Downloads

Published

2025-06-30

Citation Check