Evaluasi Aspek Afektif, Kognitif, Psikomotorik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: di SMP Negeri 3 Kedungbanteng
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i1.7026Keywords:
Evaluasi Pembelajaran, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Pendidikan AgamaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilai implementasi penilaian dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik di SMP Negeri 3 Kedungbanteng. Kajian ini berfokus pada jenis evaluasi yang diterapkan oleh guru serta tanggapan siswa terhadap proses tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara semi- terstruktur, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Sampel penelitian terdiri dari guru PAI dan siswa kelas VIII. Temuan penelitian menunjukkan bahwa evaluasi masih dominan pada aspek kognitif, sementara aspek sikap dan keterampilan keagamaan kurang diperhatikan. Evaluasi afektif dilakukan secara normatif tanpa adanya indikator yang terukur, dan evaluasi psikomotorik hanya diterapkan dalam kegiatan tertentu tanpa menjadi bagian dari sistem evaluasi yang rutin. Penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan instrumen evaluasi yang holistik serta pelatihan bagi guru untuk mengimplementasikannya dalam praktik pembelajaran.
References
Al-Mosa, N. (2020). Digital Assessment in Islamic Education: A New Approach to Measuring Affective and Psychomotor Domains. Journal of Islamic Education, 15(2), 89–104.
Anderson, J. R. (2021). Cognitive Psychology and Its Implications. Worth Publishers. Arlini, R. R., & Hanif, M. (2025). Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Program Bina
Pribadi Islam (BPI) di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT): Perspektif Teori Thomas Lickona dan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN), 5(2), 2507–2518.
Bahari, J. I. (2023). Evaluasi Pembelajaran PAI di SMPN 1 Tegalsari Banyuwangi. 4(2), 138– 163.
Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of educational objectives: The classification of educational goals. Handbook I: Cognitive domain. New York: David McKay.
Febriana, N. (2023). Pembiasaan Nilai Keagamaan sebagai Strategi Penilaian Afektif di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Karakter Islam, 5(2), 77–89.
Hanif, M., & Barokah, N. I. (2025). Peran Faktor Emosional Dan Kognitif Dalam Membentuk Dinamika Kepribadian Religius. Jurnal Studia Insania, 13(1), 1–22.
Hanif, M. (2022). Kekerasan dalam Dunia Pendidikan (Studi Peran dalam Mencegah Bullying di SDN 2 Kaikesur Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Jurnal Kependidikan, 10(2), 301–324.
Hanif, M., & Rahmadhani, L. A. (2022). Representation of Islam and Hinduism in the Bajrangi Bhaijaan Film Charles Sanders Pierce’s Semiotics Theory. Indonesian Journal of Interdisciplinary Islamic Studies (IJIIS), 199–222.
Hanif, M., Qudsiyyah, M. A., & Hanifah, N. D. S. (2025). Integrating Information Technology in Islamic Education: A Qualitative Study Using Richard Mayer's Multimedia Learning Theory. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 17(2).
Hassan, R. (2023). Pendidikan Holistik di Finlandia: Pendekatan Terpadu untuk Pengembangan Keterampilan. Jurnal Pendidikan Global, 12(1), 78–79.
Hidayati, N. (2023). Pengembangan Aspek Afektif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Urnal Pendidikan Islam, 12(1), 45–60.
Husna, L. (2022). Evaluasi Pembelajaran Agama Islam: Pendekatan Afektif dan Kognitif.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1), 45–60.
Kurniawati, S., & Fauzan, A. (2021). Pelatihan Guru dalam Pengembangan Instrumen Psikomotorik Pembelajaran PAI. Kencana.
Kusrini, E., & Hanif, M. (2024). Menguatkan Pendidikan Karakter dengan Melibatkan Kegiatan Pembiasaan dalam Program Paket C (Kesetaraan SMA) di Lembaga PKBM Marsudi Karya Bep Kecamatan Kedungbanteng. Global: Jurnal Ilmiah Muladisiplin, 1(1), 11–19.
Lee, J., & Hwang, Y. (2023). Positive Learning Environment and Student Engagement: Exploring the Affective Domain. Educational Psychology Review, 35(1), 117–139.
Mahfud, M., & Hanif, M. (2024). Strategi Sekolah dalam Meningkatkan Daya Saing di Era Kompetisi Pendidikan: Tinjauan dari Perspektif Pilihan Rasional Studi Kasus di SMK Mulia Bakti Purwokerto. At-Tadris: Journal of Islamic Education, 3(2), 69–79.
Mashum, M. L., & Hanif, M. (2024). Pengembangan Ranah Afektif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pendidikan Agama Islam di SMA YA BAKII 1 Kesugihan.
Mardiyana, L., & Nurmala, N. (2022). The Role of Emotional Management in Academic Achievement: A Study of High School Students. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 45–58.
Mayer, J. D., & Salovey, P. (2022). Emotional intelligence: Theory, findings, and implications. Psychological Inquiry, 27(1), 1–10.
MS Humam, M. H. (2025). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(1), 262–281.
Mukmin, M., & Nuraini, N. (2024). Integrasi Penilaian Tes dan Non-Tes dalam Pendidikan Agama Islam: Menuju Evaluasi Holistik untuk Pembelajaran Berkelanjutan. Journal of Instructional and Development Researches, 4(5), 370–379.
Musarwan, M., & Warsah, I. (2022). Evaluasi Pembelajaran (Konsep. Fungsi dan Tujuan) Sebuah Tinjauan Teoritis. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 186–199.
Noviansah, A. (2020). Objek Dalam Assesment Penilaian (Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik). Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(2), 114–127.
Nurhasnah, Remiswal, & Sabri, A. (2023). Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik sebagai Objek Evaluasi Hasil Belajar. Jenis dan Model Evaluasi Pendidikan, Serta Implikasinya Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 28204–28220.
Pendidikan, P. M., Kebudayaan, R. I., & Permendikbud, R. I. (2016). Nomor 23 Tahun
Tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Pranajaya, S. A., et al. (2023). Integration of Cognitive, Affective, and Psychomotor Domain Scoring in Islamic Religious Education. Sinergi International Journal of Education, 1(2), 95–108.
Putri, T. A., Wati, L. R., Islam, U., Imam, N., & Padang, B. (2024). Memahami Konsep Desain Pembelajaran Serta Evaluasi Penilaian dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 2.
Rahayu, S. (2021). Pengaruh Aktivitas Kreatif terhadap Perkembangan Keterampilan Motorik Halus Anak. Jurnal Psikologi Anak, 7(4), 300–310.
Rahman, A., & Nuraini, S. (2022). Strategi Kognitif dalam Pembelajaran: Pengaruh terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 123- 135.
Rahman, A., & Nurdin, M. (2023). Integrasi Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 200– 215.
Rambe, R. H., Sundari, I., Dasopang, M. D., & Sihombing, I. (2024). Evaluasi dan Implementasi Sistem Pendidikan Islam: Analisis Komprehensif terhadap Metode dan Lingkungan Pembelajaran. Râyah Al-Islâm : Jurnal Ilmu Islam, 8(4), 2401–2419. https://doi.org/10.37274/rais.v8i4.1212
Rohmah, N. (2022). Pengembangan Rubrik Evaluasi Afektif dalam Pembelajaran PAI
Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Evaluasi, 10(3), 53–67.
Rosch, E. (2020). Principles of Categorization. In E. Rosch & B. B. Lloyd (Eds.), Cognition and Categorization. Lawrence Erlbaum Associates.
Rusmanto, R., & Hanif, M. (2024). Pendidikan Holistik untuk Pengembangan Karakter diSD Islam Bustan El Firdaus. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 9100–9110.
Saifullah, A., & Hanif, M. (2024). Metode Pembiasaan Dan Keteladanan Untuk Mendidik Karakter Siswa Di SMP IT Mutiara Ilmu Sokaraja. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8361–8371.
Sari, D., & Kurniawan, R. (2023). Efektivitas Strategi Kategorisasi dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 10(1), 45–60.
Sari, D. P., & Hidayati, N. (2021). Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran Berbasis Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik dalam Pembelajaran Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(2), 123–135.
Setiawan, R., & Wulandari, S. (2023). Pembiasaan Nilai Keagarnaan sebagai Strategi Penikauan Afektif di Sekolah Menengah. Urnal Pendidikan Karakter Islam, 5(2), 77– 89.
Shehada, Z. M. (2020). the islamic influence on built enviroment in ancient islamic cities: a descriptive-analytic study. Journal of Al-Tamaddun, 15(2), 81–94.
Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan implementasi kurikulum MBKM (merdeka belajar kampus merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41.
Sugiono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Supriyadi, T. (2023). Keterampilan Motorik Kompleks dalam Olahraga: Studi Kasus pada Atlet Muda. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan, 9(2), 150–160.
Sutrisno, H., & Fadillah, M. (2024). Efektivitas Penilaian Formatif dan Sumatif dalam Praktik Ibadah Siswa. Jurnal Evaluasi Pendidikan Islam, 7(1), 35–48.
Wang, M. T., et al. (2023). The role of school climate in student engagement and academic achievement. Journal of Educational Psychology, 115(4), 678–695.
Winarni, R., Slamet, SY, & Syawaludin, A. (2022). Buku Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Karakter Pendidikan Melalui Pembelajaran Aktif untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah DasarBahasa Indonesia, 6(1), 39–47.
Yuliana, L., & Hakim, M. (2025). Portofolio Ibadah Sebagai Instrumen Reflektif Evaluasi Ranah Psikomotorik. Tadrib: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 112–126.