Problematika Guru PAI Dalam Menyesuaikan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Bungku Utara
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i1.7034Keywords:
Guru PAI, Gaya belajar, Upaya, ProblematikaAbstract
Penelitian ini mengkaji problematika guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Negeri 1 Bungku Utara dalam mengakomodasi beragam gaya belajar peserta didik. Permasalahan utama yang dapatkan meliputi identifikasi kendala yang dihadapi guru PAI serta analisis strategi adaptif yang diterapkan untuk mengatasi variasi gaya belajar peserta didik. Menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa guru PAI menghadapi berbagai tantangan, termasuk keterbatasan jumlah tenaga pendidik, ketidaksesuai metode mengajar dengan gaya belajar siswa, minimnya ketersediaan media pembelajaran, dan fasilitas sekolah yang belum memadai. Sebagai respons, guru mengembangkan berbagai inisiatif strategis seperti optimalisasi proses pembelajaran, pengembangan kompetensi diri, identifikasi gaya belajar siswa melalui observasi intensif dan pendekatan afektif, penciptaan lingkungan belajar yang kondusif, serta pemanfaatan sarana prasarana yang tersedia secara maksimal. Implikasi dari studi ini menekankan bahwa keberhasilan pembelajaran PAI sangat bergantung pada komprehensifnya pemahaman guru terhadap karakteristik gaya belajar siswa, inisiatif, dan kreativitas pedagogis guru, serta dukungan penyediaan fasilitas, program pelatihan berkelanjutan, serta sebagai upaya meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar melalui pengembangan kurikulum yang responsif terhadap gaya belajar
References
Arifin, Z. (2014). Menjadi Guru Profesional (Isu Dan Tantangan Masa Depan). Edutech, 13(1), 132
Azizah, S. A., Usman, A., Fauzi, M. A. R., & Rosita, E. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa dalam Menerapkan Pembelajaran Berdeferensiasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 12.
Daulay, S. H., Fitriani, S. F., & Ningsih, E. W. (2022). Pengaruh Fasilitas Sekolah terhadap Kemampuan dan Motivasi Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3731–3738.
Ginting, R., Purwati, E., Arumsari, N., Pujiastuti, N. S., Kussanti, D. P., Dani, J. A., ... & Sari, A. A. (2021). Manajemen Komunikasi Digital Terkini. Penerbit Insania. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97.
Habibah, N., Rahmawati, S., & Sayekti, A. (2019). Mahasiswa Generasi Z di Perguruan Tinggi Institut Pertanian Bogor. Ilmu Pendidikan, 33(2), 85–96.
Imaniah, I., & Al Manar, M. A. (2022). Menjadi Guru Profesional Di Era Digital: Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital Dan Media Sosial. Community Services and Social Work Bulletin, 2(1), 49.
Khoerunnisa, N., Akil, & Abidin, J. (2022). Urgensi Metode Pembelajaran Dalam Pendidikan. Peteka (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran), 5(14), 334–346.
Kurniawan, M. O. (2020). Problematika Metode Pembelajaran Yang Monoton Sebagai Hambatan Dalam Proses Belajar Mengajar ”. Progres Pendidikan, 9(x), 1–10.
Lestari, S., & Widda Djuhan, M. (1970). Analisis Gaya Belajar Visual, Audiotori dan Kinestetik dalam Pengembangan Prestasi Belajar Siswa. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(2), 79–90.
Maulidia, F. R., & Prafitasari, A. N. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik. Scienceedu, 6(1), 55.
Mubin, A., & Farhan, M. (2022). Upaya Guru Mengatasi Problematika Siswa dalam Pembelajaran Pai Secara Daring di Smp Negeri 15 Tangerang Selatan. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 18(1).
Muhammad Dasep, Risa Salsabila, & Melinda Ayu Azzahra. (2023). Pentingnya Mengenali Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Abdi Nusa, 3(3), 157–163.
Perumal, P., Husin, M. R., & Nachiappan, S. (2022). Analisis Gaya Kognisi dan Afeksi Murid dalam Penulisan Karangan Bahasa Melayu di Sekolah Rendah. Journal of Humanities and Social Sciences, 4(1), 22–28.
Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M. Ag. (2022). Ilmu Pendidikan Islam. Eureka Media Aksara, Mei 2022 Anggota Ikapi Jawa Tengah No. 225/Jte/2021, i–142.
Putri, S. D. W. I., & Citra, D. E. K. A. (2019). Problematika guru dalam menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran ips di madrasah ibtidaiyah darussalam kota bengkulu. 1.
Rokhanah, N., Widowati, A., & Sutanto, E. H. (2021). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions ( STAD ). 3(5), 3173–3180.
Sapriani, A., & Supriyadi. (2022). Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS. Arus Jurnal Pendidikan, 2(2), 97–102.
Sari, A. S. (2023). VARK ragam model gaya belajar dan aplikasinya.
Sopian, A. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal tarbiyah da islamiyah, 4(2), 43–54.
Sulton, M. S. B., & Maunah, B. (2022). Problematika Guru Di Sekolah. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 226–246
Supit, D., Meiske, E., Lasut, M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya Belajar Visual , Auditori , Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. 05(03), 6994–7003.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Siti Amina, Retoliah, Zuhra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.