Kolaborasi Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) dan Pengawas Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Dasar di Kabupaten Banjar: Analisis Kebijakan Pendidikan

Authors

  • Milawati Master of Educational Administration, Lambung Mangkurat University, Indonesia
  • Ahmad Suriansyah Master of Educational Administration, Lambung Mangkurat University, Indonesia
  • Ratna Purwanti Master of Educational Administration, Lambung Mangkurat University, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i2.7051

Keywords:

Pendidikan dasar, kolaborasi, pengawas sekolah, K3S, kebijakan

Abstract

Mutu pendidikan dasar menjadi perhatian utama dalam menghadapi tantangan global abad 21. Penelitian ini menganalisis kolaborasi K3S dan pengawas sekolah di Kabupaten Banjar dalam meningkatkan mutu pendidikan. Metode studi kasus kualitatif digunakan dengan subjek kepala sekolah, pengawas, dan pemangku kebijakan yang dipilih purposive. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil menunjukkan adanya forum rutin dan supervisi bersama antara K3S dan pengawas untuk membahas masalah sekolah, merancang program, dan mengevaluasi capaian. Kolaborasi ini didukung komunikasi terbuka, visi bersama, dan dukungan Dinas Pendidikan. Namun, keberhasilan masih bergantung pada inisiatif individu. Hambatan yang dihadapi meliputi keterbatasan anggaran dan perbedaan persepsi peran. Untuk mengatasinya, diperlukan peningkatan alokasi dana, penyamaan persepsi melalui pelatihan bersama, serta pemanfaatan teknologi untuk koordinasi. Kolaborasi ini mencerminkan praktik manajemen strategik dan community of practice yang penting dalam pengembangan mutu pendidikan dasar secara berkelanjutan. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi rekomendasi kebijakan untuk memperkuat sinergi antar pihak terkait.

References

Abdan, S., Suriansyah, A., Harsono, A. M. B., Prastitasari, H., & Ferdiyansyah, A. (2024). Profesionalisme Guru SD Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa Melalui Pendekatan Emosional dan Kognitif. Journal Educational Research and Development| E-ISSN: 3063-9158, 1(2), 166-171. https://doi.org/10.62379/jerd.v1i2.125

Agustina, F., & Suriansyah, A. (2021). Teacher Professionalism Development. Journal of K6 Education and Management, 4(2), 207-216. https://doi.org/10.11594/jk6em.04.02.09

Akhmad, F. A. P., & Azzam, F. (2022). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI SD di Kecamatan Tambun Selatan. Parameter, 7(1), 26-40.

Amelia, R., Hazim, M., Yani, M. T., Trihanto, S., & Utama, H. B. (2025). Transformative Policy Model for Digitalising Education: Accelerating Education for Sustainable Development (ESD) in Indonesia. IJLTER. ORG, 24(2), 459-478.

Arifin, B., & Mu'id, A. (2024). Pengembangan kurikulum berbasis keterampilan dalam menghadapi tuntutan kompetensi abad 21. DAARUS TSAQOFAH Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Qomaruddin, 1(2), 118-128. https://doi.org/10.62740/jppuqg.v1i2.23

Basuki, S. (2019). Transparansi Rekrutmen Supervisor Pendidikan Jasmani Pada Sekolah Dasar Di Kota Banjarbaru. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 18(2). https://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v18i2.7625

DEWI, R. S., & SURIANSYAH, A. (2025). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN: STUDI KUALITATIF PADA SEKOLAH DI PEDESAAN DAN PERKOTAAN. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(1), 33-43. https://doi.org/10.51878/elementary.v5i1.4158

Dewi, R. S., Nisa, K., Suriansyah, A., & Nazaruddin, N. (2025, March). Excellent School in 4.0 and 5.0 Era through Quality Management Policy and Quality Culture Perspective. In 2nd International Conference on Environmental Learning Educational Technologies (ICELET 2024) (pp. 118-128). Atlantis Press.

Eksanti, V. G., & Sisdianto, E. (2025). Peran Corporate Social Responsibility (Csr) Dalam Mendorong Keberlanjutan Ekonomi Lokal. JURNAL ILMIAH EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI, 2(1), 196-207. https://doi.org/10.61722/jemba.v2i1.607

Hapsari, C., Maulia, L., Herniyanti, M., & Cinantya, C. (2025). EMPOWERING (PEMBERDAYAAN) GURU DALAM RANGKA MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH. Inovasi Pendidikan Nusantara, 6(1).

Hatala, R. (2023). Transformasi Digital di Pedesaan: Evaluasi Implementasi Sistem Informasi Desa di Kabupaten Seram Bagian Barat. Populis: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 18(1), 104-125. https://doi.org/10.30598/populisvol18iss1pp104-125

Miracantika, A. A. P. A. (2025). Implementasi Kebijakan Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Pada Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wangaya Kota Denpasar. Socio-Political Communication and Policy Review, 2(3). https://doi.org/10.61292/shkr.235

Niron, M. D., Budiningsih, C. A., & Pujiriyanto, P. (2013). Rujukan integratif dalam pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 43(1), 109788. https://doi.org/10.21831/jk.v43i1.2247

Nurafni, K., Saguni, F., & Hasnah, S. (2022). Pengaruh Kinerja Komite Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 1(1), 44-68. https://doi.org/10.24239/jimpi.v1i1.901

Rahman, M. A., & Kurniawan, S. (2025). Evaluasi Kebijakan Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Bahasa Indonesia di Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Insan Mulia, 2(1), 8-18. https://doi.org/10.59923/jiim.v2i1.400

Rahmawati, U. (2018). Evaluasi Program School For Principal (Spc) Sekolah Guru Indonesia (Sgi) Dompet Dhuafa (Master's thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah).

SARI, H., NOR, T., SURIANSYAH, A., & SULISTYANA, S. (2025). MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PENGGERAK MENUJU PENDIDIKAN BERMUTU INTERNASIONAL. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 5(1), 9-16. https://doi.org/10.51878/educational.v5i1.4458

Suriagiri, S., Akrim, A., & Norhapizah, N. (2022). The Influence of School Principal Supervision, Motivation, and Work Satisfaction on Teachers' Performance. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(7), 2523-2537.

Suryadi, I., Pamungkas, R. W. P., Wahyudi, F. S., & Setiawan, T. (2023). Peran kepemimpinan efektif dalam meningkatkan kualitas manajemen pendidikan. Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2).

Trisnawati, L., Syamsuadi, A., Hartati, S., & Reskiyanti, I. (2021). Koordinasi pemerintah dan swasta dalam program corporate social responsibility (csr) school improvement di Kabupaten Pelalawan. Journal of Governance and Local Politics (JGLP), 3(2), 115-123. https://doi.org/10.47650/jglp.v3i2.295

Downloads

Published

2025-07-28

Citation Check