Meningkatkan Mutu Lulusan SMK Melalui Sinergi Kurikulum, Kemitraan Industri, Profesionalisme Guru, dan Pendanaan
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i2.7084Keywords:
SMK, mutu lulusan, kurikulum vokasi adaptif, emitraan dunia industriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana sinergi antara kurikulum, kemitraan industri, profesionalisme guru, dan pendanaan dapat meningkatkan mutu lulusan di SMKN 1 Buntok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru produktif, siswa kelas XII, alumni, dan mitra industri yang dipilih secara purposive. Analisis data menggunakan metode analisis tematik dengan tahapan reduksi, kategorisasi, hingga penarikan tema utama, serta diterapkan triangulasi untuk memastikan validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum berbasis industri melalui teaching factory telah diterapkan dengan melibatkan lima mitra aktif, kemitraan kerja berjalan aktif untuk praktik kerja lapangan dan penyerapan lulusan, serta pelatihan guru dilakukan secara bertahap dalam bidang digitalisasi dan teaching factory. Namun, tantangan masih ada pada aspek pemerataan pelatihan guru dan keterbatasan alat praktik industri terkini. Pendanaan melalui BOS belum mencukupi kebutuhan pengembangan teknologi pembelajaran, sehingga diperlukan diversifikasi sumber pendanaan dari sektor swasta melalui program CSR. Implikasi penelitian ini menunjukkan perlunya perencanaan kolaboratif dan berkelanjutan antara sekolah, industri, dan pemerintah agar strategi peningkatan mutu lulusan dapat terwujud secara optimal dan adaptif terhadap dinamika dunia kerja.
References
Ardhana, A. Y. A., Syazeedah, H. N. U., Fitriyaningrum, R. I., & Gunawan, A. (2025). Analisis Ketidaksesuaian antara Pendidikan dengan Kebutuhan Dunia Kerja di Indonesia. Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 3(4), 1020-1026. https://doi.org/10.57141/kompeten.v3i4.156
Arisanti, I., Rasmita, R., Kasim, M., Mardikawati, B., & Murthada, M. (2024). Peran Aplikasi Artificial Intelligences Ai Dalam Mengembangkan Dan Meningkatkan Kompetensi Profesional Dan Kreatifitas Pendidik Di Era Cybernetics 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5195-5205. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8455
Bijani, H. L., Siregar, E. N., Mutia, Z., & Rizqa, M. (2024). Urgensi Administrasi Pendidikan Bagi Peningkatan Mutu Pendidikan. PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum, 2(2), 29-43. https://doi.org/10.59966/pandu.v2i2.925
Dewi, T. K., & Hidayati, N. (2024). Model Program Magang Guru Industri untuk Meningkatkan Kompetensi dan Keterampilan Guru Pendidikan Vokasi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4 Nopember), 5243-5252. https://doi.org/10.58230/27454312.1206
El Abidi, A., Ichwanto, M. A., & Sokhe, A. (2025). Analisis Kesesuaian Kurikulum DPIB SMK dengan Kebutuhan Pasar Kerja: Studi Wawancara dengan Lulusan dan Pengusaha Konstruksi. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 29-38. https://doi.org/10.55681/nusra.v6i1.3286
Karsikah, K., Sulaeman, D., Fauzan, I. I., Sofiyah, S., Eniyah, E., Sulastri, S., & Silfina, S. (2025). Sinergi SMK dan Dunia Usaha Melalui Perencanaan SDM Berbasis Kebutuhan Industri. Lebah, 18(3), 199-208. https://doi.org/10.35335/lebah.v18i3.317
Kovalchuk, V., Maslich, S. V., Tkachenko, N., Shevchuk, S. S., & Shchypska, T. P. (2022). Vocational education in the context of modern problems and challenges. Journal of Curriculum and Teaching, 8(11), 329-338. https://www.sciedupress.com/journal/index.php/jct/article/view/22832
Muaddab, H., Zunitasari, I., & Martha, J. A. (2024). PROBLEMATIKA GREEN SKILL TERHADAP KESIAPAN KERJA LULUSAN SMK DI SEKTOR INDUSTRI HIJAU. Research and Development Journal Of Education, 10(1), 460-470. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.23324
Mumtazati, H., Astutik, S., Silitonga, A., & Basuki, I. (2025). PERAN MANAJEMEN STRATEGIS DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING LULUSAN PENDIDIKAN KEJURUAN DI PASAR KERJA GLOBAL. Jurnal Kreasi Ekonomi Nusantara, 6(2).
Nur, F. E., Andretta, Z., & Djafar, A. R. A. (2025). Peran Instagram dalam Pembentukan Citra Organisasi Kemahasiswaan. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Komunikasi, 5(2), 364-378. https://doi.org/10.55606/juitik.v5i2.1089
Nuzula, M. F., Aslamiah, A., & Cinantya, C. (2024). ANALISIS HUBUNGAN AKREDITASI SEKOLAH LUAR BIASA DENGAN MUTU PENDIDIKAN DI SLB-C NEGERI PEMBINA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(7), 5099-5108.
Raihan, M., Abdullah, M. N. A., & Mujayapura, M. R. R. (2025). KETIDAKSESUAIAN PENDIDIKAN DAN LAPANGAN KERJA BAGI LULUSAN PERGURUAN TINGGI. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 12(4), 1385-1389.
Ramdhani, M. R., & Adawiyah, R. (2023). Strategi peningkatan kompetensi guru sekolah kejuruan (SMK) islam swasta pada era 4.0. Progressive of Cognitive and Ability, 2(3), 180-191. https://doi.org/10.56855/jpr.v2i3.510
Saputra, A. M. A., & Farman, I. (2025). Optimalisasi E-Learning Interaktif Berbasis Mobile untuk Meningkatkan Keterlibatan Belajar Siswa Vokasi. Education and Information Technologies, 1(1), 16-21.
SARI, H., NOR, T., SURIANSYAH, A., & SULISTYANA, S. (2025). MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PENGGERAK MENUJU PENDIDIKAN BERMUTU INTERNASIONAL. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 5(1), 9-16. https://doi.org/10.51878/educational.v5i1.4458
Suriansyah, A. (2023). Best Practices Kepemimpinan Era Revolusi Industry 4.0 Dan Masyarakat 5.0-Damera Press. Damera Press.
Suwito, D., & Sulistyowati, A. (2025). PENGARUH TEACHING FACTORY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SMK NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 330-342. https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26663
Taufiqurrohman, T., Hidayati, D., & Maryani, I. (2024). MANAJEMEN KEMITRAAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU: PENDEKATAN BERBASIS KOLABORASI DENGAN INDUSTRI. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(3), 274-283. https://doi.org/10.34125/jmp.v9i3.347
Wicaksono, J. A. (2021). Kebijakan Pendidikan Nasional Perspektif Pembiayaan Pendidikan. An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 8(2), 375-407. https://doi.org/10.36835/annuha.v8i2.459
Yamin, M. (2020). Perilaku Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Siswa dalam Pembelajaran Praktikum di SMKN 2 Sidenreng. ., 1(3), 207-214
Yasmin, L., & Mulyadi, M. A. (2024). Studi Literatur: Analisis Relevansi Kompetensi Lulusan SMK Dengan Dunia Kerja. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 9(4), 51-58. https://doi.org/10.24815/jimpkk.v9i4.33068
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Dwi Septian, Ahmad Suriansyah, Ratna Purwanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.