Pengaruh Video Animasi Motion Graphic Terhadap Minat Belajar SKI di MI Hubbul Wathon
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i2.7162Keywords:
minat belajar, media pembelajaran, ejarah kebudayaan Islam, video animasi motion graphicAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa dalam mata pelajaran SKI di MI Hubbul Wathon Pandaan. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh media video animasi motion graphic terhadap minat belajar siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan analisis regresi linier sederhana. Sampel berjumlah 26 siswa kelas III yang dipilih secara purposive. Instrumen utama berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, serta dilengkapi data observasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa media video animasi motion graphic berpengaruh signifikan terhadap minat belajar, dengan nilai R² sebesar 0,389 atau 38,9%, dan signifikansi 0,001 (< 0,05). Koefisien regresi menunjukkan bahwa peningkatan penggunaan media diikuti peningkatan minat belajar. Temuan ini membuktikan bahwa media ini efektif dalam meningkatkan perhatian, ketertarikan, dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran SKI.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Azhara, S., & Syarifah, S. (2024). Penerapan Media Video Pembelajaran Animasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 1A Sekolah Dasar Negeri 7 Ciamis. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 2(2), 74–80.
Azizah, A., Suryani, D. I., & Taufik, A. N. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Motion graphic pada Tema Ecoenzyme Si Cairan Serbaguna untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(2), 521–531. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1604
Badaruddin, S. (2024). Efektivitas Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam The Effectiveness of the Role-Playing Method in Enhancing Students ’ Interest in the Islamic Cultural History Subject. Jurnal Pendidikan Dasar & Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 63–78.
Bararah, I. (2020). Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA, 10(2), 351–370. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i2.7842
Fatmawati, I. (2025). Transformasi Pembelajaran Sejarah dengan Deep Learning Berbasis Digital untuk Gen Z. Jurnal REVORMA, 5(1), 25–39. https://doi.org/https://doi.org/10.62825/revorma.v5i1.140
Fuadiyah, A. (2024). Efektivitas Penggunanan Media Audio Visual Film Animasi Untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VII di MTS Ma’arif Klego Ponorogo. Skripsi S1 - Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Ponorogo.
Goli, N. H., & Achadi, M. W. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Pada Kelas 10 Di Ma 1 Yogyakarta. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 3(3), 2503–3506.
Hadiah Tullah, N., Widiada, I. K., & Tahir, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Animasi terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 3 Rumak Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 821–826. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.587
Kurniati, E., Fiqry, R., Nurgufriani, A., Diana, N., & Adiansha, A. A. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbasis Aplikasi Wordwall terhadap Minat Belajar Siswa pada Materi Hidup. Pendidikan Matematika Dan IPA, 5(2), 533–543. https://doi.org/https://doi.org/10.53299/jagomipa.v5i2.1644
Laura, S. N., & Sahronih, S. (2022). Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 1 Bojongnegara. Jurnal Sains Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 1–6. https://doi.org/10.58660/periskop.v3i2.36
Lubis, D. M. R., Manik, E., Mardianto, & Nirwana Anas. (2021). Strategi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Islamic Education, 1(2), 68–73. https://doi.org/10.57251/ie.v1i2.72
Milenia, P. F., Sutiyarti, U., & Rini, W. (2022). Analisis Penggunaan Media Mind Map Pada Pembelajaran Bahasa Jepang Secara Daring Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Bahasa Sman 1 Batu. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 8(1), 37–44. https://doi.org/10.23887/jpbj.v8i1.40873
Miranda, V., & Sulaiman, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Berbasis Multimedia terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti. As-Sabiqun, 4(5), 1300–1315. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i5.2243
Rambe, N., Siregar, J. S., & Ulya, B. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Shalat Gerhana Dan Shalat Jenazah Mata Pelajaran Pendididkan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas VIII Di UPTD SMP Negeri 1 Sei Kanan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 348–357. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26143
Revlinasari, D. A. A., Degeng, I. N. S., & Wedi, A. (2021). Animasi Motion Graphics Dinamika Litosfer Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X Sma. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 168–177. https://doi.org/10.17977/um038v4i22021p168
Rusdiansyah, S., & Leonard, L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Motion Graphic Matematika Berbasis Android pada Siswa Kelas V SD Semester 1. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 135–143. https://doi.org/10.24042/terampil.v7i2.6996
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syahri, I. P. (2024). Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI Kelas IV SDN 09 Lanai Sinuangon. Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 01(02), 417–423.
Widodo, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Molivia Cafe (Studi Kasus pada Konsumen Molivia Cafe, Jalan H.M. Joni, Teladan Timur, Kota Medan). Jurnal Manajemen Tools, 13(1), 101–122.
Yamin, M., Ismail, I., & Rodiyah, S. (2025). Pengembangan E-Modul Interaktif pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMPN 3 Palopo. ISLAMIKA, 7(2), 309-324.
Zahra, F. M., Lutfiana, L., Abdullah, M. N. H., Harsono, S., & Fatimah, S. (2024). Penerapan Video Animasi Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar SKI Siswa Kelas IV di MIS Al- Hidayah Karangtanjung. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs), 7(3), 711–710. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91649
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 robiatul Adawiyah, Askhabul Kirom

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.