Implementasi Metode Pembelajaran Stream Of Questions Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SDN Karangjati
inggris
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i2.7265Keywords:
Stream of Question, pendidikan agama Islam , Hasil Belaja, Berpikir Kritis, Sekolah Dasar.Abstract
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah dasar sering dihadapkan pada rendahnya keterlibatan dan hasil belajar siswa, khususnya pada materi sejarah keislaman seperti kisah hijrah Nabi Muhammad SAW. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode Stream of Question dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karangjati III. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang dianalisis dengan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini mampu mendorong partisipasi aktif siswa, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, serta memperkuat pemahaman nilai-nilai keagamaan. Kendala seperti keterbatasan waktu dan kebiasaan menyusun pertanyaan bertingkat diatasi melalui strategi guru berupa latihan bertahap dan pendampingan. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode Stream of Question efektif dalam menciptakan suasana belajar yang aktif, dialogis, dan reflektif. Kontribusinya terletak pada penerapan sistematis metode ini dalam konteks pembelajaran PAI di sekolah dasar, yang masih jarang dikaji secara mendalam.
References
Akbar, M. F., & Firdaus, A. H. (2023). Landasan Psikologi Kurikulum. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2,2, 218–225. https://jurnal.diklinko.id/index.php/tarbiyah/
Erlina, N., & Samsudin. (2023). Penerapan Metode Tanya Jawab Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI IPS SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Sultan Agung, September, 182–189. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/JIMU/article/view/33567
Halimah, L., Mirawati, M., Sari, M. P., & Hopiani, A. (2022). Implementasi pelatihan pendekatan STREAM berbasis project based learning dalam kurikulum pendidikan anak usia dini. TEKMULOGI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 31–42. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/tmg.v2i1.52950
Mahmudi, M. A. S., Jumahir, Haluti, F., Safingah, K., Ilham, Syukur, T. A., Inayati, I. N., & Sudirman. (2016). PENGANTAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Y. A. Putra (ed.); 2024th ed.). CV HEI PUBLISHING INDONESIA.
Maria, S. K. (2023). Pelaksanaan Keterampilan Bertanya pada Pembelajaran IPS Kelas V di SD Inpres Waioti. Journal on Education, 6(1), 3132–3142. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3284
Mouwn Erland. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Y. Novita (Ed.), Rake Sarasin (Issue March). PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
Nofri Yandi, Asnibar, & Juliana Batu Bara. (2023). Konsep Pendidikan Agama Islam Menurut Perspektif Hadist. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5492–5502. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1234
Parnawi, A. (2023). Penerapan Metode Konstruktivisme Dalam Pendidikan Agama Islam Untuk Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis. 12(November), 361–370. https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.7570
Sugiono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.)). ALFABETA.
Tristiana, V., & Rusnilawati, R. (2024). Pendekatan Steam Model Inquiry Learning Berbantuan Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 394–410. https://doi.org/https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.382
Waruwu, A. N., Rahmadhanty, A., Hutagalung, A., Sari, I. P., & Almsy, Z. (2023). Keterampilan Bertanya dalam Proses Pembelajaran di Kelas. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-Journal), 9(1), 65. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.44757
Yamin, M., Ismail, I., & Rodiyah, S. (2025). Pengembangan E-Modul Interaktif pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMPN 3 Palopo. ISLAMIKA, 7(2), 309-324.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Isna Nur Isnaeni, uhammada

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.