Program P5RA dalam Meningkatkan Kebinekaan Global dan Kreativitas Siswa Berdasarkan Model CIPP di MTsN 32 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i2.7269Keywords:
P5RA, karakter siswa, kreativitas, keberagaman global, model CIPP, pendidikan madrasahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan lil Alamin (P5RA) di MTsN 32 Jakarta dalam menumbuhkan nilai-nilai kebinekaan global dan kreativitas peserta didik. Program ini mengintegrasikan dua dimensi karakter dalam satu proyek tematik untuk membentuk kompetensi holistik siswa sesuai dengan tujuan pendidikan nasional dan keislaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi terhadap empat informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi P5RA berjalan efektif, relevan, dan bermakna, dengan temuan bahwa pada aspek context program sesuai dengan visi madrasah dan kebutuhan penguatan karakter, pada aspek input didukung kurikulum tematik, keterlibatan guru, orang tua, serta sumber daya lokal, pada aspek process kegiatan proyek dilaksanakan secara partisipatif melalui seni budaya dan kewirausahaan, sedangkan pada aspek product program berhasil meningkatkan toleransi, kolaborasi, kemandirian, dan kreativitas siswa melalui pembelajaran berbasis pengalaman dan proyek.
References
Aldhika, Riana, Azrin, Pika, Fazia, Asri, … Galih. (2023a). Laporan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamiin. Retrieved from Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Lebak website: https://mtsn2lebak.sch.id/read/37/contoh-laporan-p5ppra-tema-kewirausahaan-mts-n-2-lebak
Aldhika, Riana, Azrin, Pika, Fazia, Asri, … Galih. (2023b). Laporan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamiin.
Antariksa, W. F., Fattah, A., & Utami, M. A. P. (2022). Evaluasi Program Pendidikan Pesantren Mahasiswa Model Cipp (Context, Input, Process, Product). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 75–86. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.848
Arina Hidayati, Ibrahim Ibrahim, Dewi Asri, Imelda Imelda, & Indah Pajar Wati. (2024). Implementasi P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di MI Ikhlasiyah Palembang. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 2(3), 18–34. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i3.199
Azizah, V. N., Hidayah, N., & Mar, A. (2024). Evaluasi Program Kegiatan P5-PPRA Dengan Model CIPP di MTsN 2 Kediri. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 8(1), 18–28. https://doi.org/10.30762/ed.v8i1.3295
Creswell, J. W. (2019). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Pustaka Pelajar.
Darodjat, & M, W. (2015). Model Evaluasi Program Pendidikan. Islamadina, XIV(1), 1–28.
Desi, D., Mujamil, J., Lesmini, B., & Hidayat, I. (2019). Student Creativity through Project-based Learning Experiences. SEJ (Science Education Journal), 3(2), 67–82. https://doi.org/10.21070/sej.v3i2.2651
Direktorat KSKK, M. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kementerian Agama Republik Indonesia.
Erina, K., Nurul, F., & Luluk, N. (2024). Evaluasi Pembelajaran Proyek P5 dengan Model CIPP di SDIT Bina Bangsa. Edukasia Islamika: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 155–169.
Khair, I., & Agustini, I. (2024). Peran Madrasah sebagi Lembaga Pendidikan Islam pada Zaman Peradaban Modern Saat Ini. Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif Volume, 5(7), 141–147.
Maghfiroh, H. K. (2025). Pengarusutamaan Moderasi Beragama melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Membentuk Generasi yang Inklusif dan Berkarakter. IAIN Ponorogo.
Melati, P. D., Rini, E. P., Musyaiyadah, M., & Firman, F. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikukulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas (SMA). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 2808–2819. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.6762
Munfa’ati, K. (2023). Integrasi Nilai Islam Moderat Pada Pendidikan Karakter di MI Miftahul Ulum Driyorejo Gresik. BHINNEKA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 1(1), 106–116.
Nurcahyati, E., Miyono, N., & Rasiman. (2025). Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatal Lil’alamin (P5RA) Pada Dimensi Berkebinekaan Global di MA NU 01 Banyuputih Batang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 201–213.
Rama, A., Ambiyar, A., Rizal, F., Jalinus, N., Waskito, W., & Wulansari, R. E. (2023). Konsep model evaluasi context, input, process dan product (CIPP) di sekolah menengah kejuruan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 8(1), 82. https://doi.org/10.29210/30032976000
Ramadhani, N. H., Prayudha, R., Bone, N. R., Zahroddar, & Hasibuan, S. (2024). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(1), 223–233.
Rizal, Y. K. (2024). Evaluasi Program P5 di Sekolah Penggerak dengan Model CIPP. Universitas Pendidikan Indonesia.
Romdona, S., Junista, S. S., & Gunawan, A. (2025). Teknik Pengumpulan Data: Observasi, Wawancara dan Kuesioner. JISOSEPOL: JURNAL ILMU SOSIAL EKONOMI DAN POLITIK, 3(1), 39–47.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Sulkifli, Nade, E., Khumairah, E. S., & Riska. (2024). Pendekatan CIPP dalam Evaluasi Program Pendidikan: Tinjauan Literatur pada Program Pendidikan di Indonesia. Jurnal Manajemen, Pendidikan, Dan Pemikiran Islam, 2(2), 2988–2141. https://doi.org/10.71305/jmpi.v2i2.90
Suryadin, A., Sari, W. P., & Nurfitriani. (2022). Evaluasi Program Model CIPP (Context, Input, Process, and Product) antara Teori dan Praktiknya. Samudra Biru.
Susanto, D., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 53–61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60
Wani, A. S., Yasmin, F. A., Rizky, S., Syafira, S., & Siregar, D. Y. (2024). Penggunaan Teknik Observasi Fisik dan Observasi Intelektual Untuk Memahami Karakteristik Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3737–3743.
Yamin, M. (2023). Pembinaan Literasi Anak berbasis Masjid di Desa Buntu Batu. Room of Civil Society Development, 2(3), 101-105.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Salsabila Azahra, Abu Bakar Shiddiq, Chesia Chaerany, Aziza Sulistyawati, Suhardi Suhardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.