Pembentukan Karakter Santri melalui Pembiasaan Kegiatan Harian di Pondok Pesantren Khairul Hikmah

Authors

  • Mariaty Podungge IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Kasidi Kasidi IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Basri Basri IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i2.7305

Keywords:

Pembentukan Karakter, Karakter, Santri, Metode Pembiasaan, Kegiatan Harian, Khairul Hikmah

Abstract

Pendidikan karakter merupakan upaya untuk membentuk karakter peserta didik khususnya untuk menghadapi tantangan dalam kehidupan mereka di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pembentukan Karakter Santri Melalui Kegiatan Harian di Pondok Pesantren Khairul Hikmah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan kegiatan harian membentuk karakter santri untuk menjadi santri yang memiliki nilai karakter religius,mandiri dan disiplin. Nilai karakter religus tampak pada keaktifan santri pada rutinitas harian khususnya pada pelaksanaan sholat lima waktu , pembacaan al-Qur’an dan pembelajaran ilmu agama Islam dengan jadwal tertentu baik dalam proses belajar di kelas ataupun di luar kelas; Sedangkan nilai karakter mandiri tampak pada kemampuan santri untuk melaksanakan kegiatan secara mandiri tanpa bantuan orang lain dan disiplin tampak pada ketepatan waktu untuk menjalani aktivitas sehari-hari

References

Ainissyifa, Hilda. 2014. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan UNIGA 8(1): 1–26. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/68 (July 11, 2025).

Al-Mahfani, M. Khalilurrahman. 2013. Fakta Dan Keajaiban Shalat Shubuh. I. Jakarta Selatan: Wahyu Qalbu.

Bahtiar, Achmad., Abd. Mukti, and Junaidi. Arsyad. 2023. Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an Dan Hadis Di Sekolah. I. ed. Rizka. Harfiani. Medan: UMSU Press.

Balitbang Kemdiknas. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter.

Fadhilah et al. 2021. Pendidikan Karakter. ed. M. Ivan Ariful Fathoni. Jawa Timur: Agrapana Media.

Hamid, Abdulloh. 2017. Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren. Pelajar Dan Santri Dalam Era IT Dan Cyber Culture. I. ed. Rizal Mumazziz Z. Surabaya: Imtiyaz.

Latifah, Atik. 2020. “Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.” Journal Pendidikan Raudhatul Athfal 3(2): 101–12.

Mansur, Rosichin. 2018. “LINGKUNGAN YANG MENDIDIK SEBAGAI WAHANA PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK.” Vicratina : Jurnal Ilmiah Keagamaan 2(2): 33–46. https://jim.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/730 (June 7, 2025).

Martapura, Hijrah. 2023. “Metode Pendidikan Karakter Di Pesantren Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam.” JIS: Journal Islamic Studies 1(3): 391–98. https://yptb.org/index.php/jis/article/view/527 (June 9, 2025).

Mei-Ju, Chou, Yang Chen-Hsin, and Huang Pin-Chen. 2014. “The Beauty of Character Education on Preschool Children’s Parent-Child Relationship.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 143: 527–33. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042814043596 (July 16, 2025).

Miles, B.M., and A.M. Huberman. 1992. Analisis Data Qualitative. Jakarta: UII Press.

Mujahid, Rozi, and Anita Puji Astutik. 2024. “Pembentukan Karakter Islami Santri Melalui Pembiasaan Amal Saleh.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11(1): 747–60. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2348 (July 15, 2025).

Munawaroh, Kamilatul, Lilis Karwati, and Lulu Yuliyani. 2023. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Pesantren Tradisional.” JoCE (Journal of Community Education) 3(1): 6–13. https://journal.unsika.ac.id/joce/article/view/6273 (July 15, 2025).

Munfaridatus Sholihah, Abdah., and Windi Zakiya. Maulida. 2020. “Pendidikan Islam Sebagai Fondasi Pendidikan Karakter.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 12(1): 49–58. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/214 (July 15, 2025).

Naldi, Afri et al. 2024. “Metode Membentuk Akhlak Mulia Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam 2(2): 244–48. https://journal.aripafi.or.id/index.php/jmpai/article/view/202 (July 17, 2025).

Perawironegoro, Djamaluddin, Hendro Widodo, Wantini Wantini, and Mhd. Lailan Arqam. 2020. “INTERNALISASI NILAI-NILAI PESANTREN BERBASIS MANAJEMEN ASRAMA.” JAMP : Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan 3(4): 320–31. https://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/15815 (June 23, 2025).

Prasetya Aji, Singgih., and Nur. Azizah. 2021. “Pembentukan Karakter Ssantri Melalui Pembiasaan Pembacaan Asmaul Husna.” Didaktika, Jurnal Kependidikan 15(2): 148–57.

Ramdhani, Muhammad Ali. 2014. “Lingkungan Pendidikan Dalam Implementasi Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan UNIGA 8(1): 28–37. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/69 (July 11, 2025).

Ranam, Sanudin, Ibnu Fiqhan Muslim, and Priyono Priyono. 2021. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PESANTREN MODERN EL-ALAMIA DENGAN MEMBERIKAN KETELADANAN DAN PEMBIASAAN.” Research and Development Journal of Education 7(1): 90–100. https://www.journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/8192 (July 15, 2025).

Rokhman, Fathur, M. Hum, Ahmad Syaifudin, and Yuliati. 2014. “Character Education for Golden Generation 2045 (National Character Building for Indonesian Golden Years).” Procedia - Social and Behavioral Sciences 141: 1161–65. http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.197.

Rozi, Fathor, and Uswatun Hasanah. 2021. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter : Penguatan Berbasis Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Pesantren.” Manazhim : Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan 3(1): 111–26. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/manazhim/article/view/1075.

Shabrina Tasya, Hafnianda., Sumarno. Sumarno, and Nuruliarsih. Nuruliarsih. 2024. “Upaya Penanaman Pendidikan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Pembiasaan Harian.” Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) 5(3): 270–79. https://journal.ainarapress.org/index.php/ainj/article/view/488 (July 11, 2025).

Silfiyasari, Mita, and Ashif Az Zhafi. 2020. “Peran Pesantren Dalam Pendidikan Karakter Di Era Globalisasi.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 5(1): 127–35. https://www.ojs.pps-ibrahimy.ac.id/index.php/jpii/article/view/218 (June 1, 2024).

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tilong, Adi D. 2015. Dahsyatnya Bangun Pagi, Lari Pagi Dan Berpikir Positif Bagi Kehidupan Anda. I. ed. Kinnara Disavana. Yogyakarta: Diva Press.

Triyono, Agus. 2017. “PERAN PESANTREN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA.” As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 6(1): 91–108. https://staidarussalamlampung.ac.id/ejournal/index.php/assalam/article/view/83 (July 17, 2025).

Ulum, Miftachul. 2018. “PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS PONDOK PESANTREN.” Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2(2): 382–97. https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/161 (June 7, 2025).

Ulwan, Abdullah Nashih. 2013. Tarbiyatul Aulad : Pendidikan Anak Dalam Islam. I. Jakarta Selatan: Khatulistiwa Press.

Wahidah, Yusri, and M Fatikhun. 2022. “Pembangunan Keahlian Public Speaking Melalui Kegiatan Khitobah Di Pondok Pesantren Asaasunnajaah Kesugihan Cilacap.” Hujjah: Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Penyiaran Islam 6(2): 108–22. https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/hjh/article/view/494 (June 23, 2025).

Yasin, Muhammad. 2022. “Pelaksanaan Manajemen Kurikulum Pesantren Dalam Membentuk Karakter Mandiri Santri.” DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 1(1): 72–79. https://journal.yp3a.org/index.php/diajar/article/view/192 (June 23, 2025).

Downloads

Published

2025-07-28

Citation Check