Peran Guru PAI dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah MTS Al-Qodiri Gumukmas
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i2.7347Keywords:
Guru PAI, karakter, peserta didik, MTS, Pendidikan agama islamAbstract
Krisis moral yang berkembang di kalangan generasi muda menjadi latar belakang penting dalam penguatan pendidikan karakter di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk karakter peserta didik di MTs Al-Qodiri Gumukmas. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI berperan sebagai pendidik profesional, motivator, suri teladan, dan penghubung antara ajaran agama dengan realitas kehidupan siswa. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada pemaparan peran guru PAI secara holistik dalam membentuk karakter melalui integrasi nilai-nilai spiritual dan pendekatan pembelajaran kontekstual. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya inovasi dalam metode pembelajaran serta penguatan kerja sama antara sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam mendukung pembentukan karakter peserta didik.
References
Abnisa, A. P. (2020). Konsep motivasi pembelajaran. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(2), 124–142. https://doi.org/10.36769/asy.v21i02.114
Asy’arie, B. F., Ma’ruf, R. A., & Ulum, A. (2023). Analisis pendidikan agama Islam dan pendidikan akhlak perspektif Al-Ghazali. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 15(2), 155–166. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v15i2.2279
Assa, R., Kawung, E. J. R., & Lumintang, J. (2022). Faktor penyebab anak putus sekolah di Desa Sonuo Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Riswan. Jurnal Ilmiah Society, 2(1), 1–12.
Azis, A., & Abnisa, A. P. (2024). Peranan guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah siswa: Proses pembelajaran yang efektif memungkinkan hasil belajar yang optimal pula. Jurnal, 5(5), 5753–5758.
Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem pendidikan nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48
Ittaqwa, I., & Purnomo, T. J. (2024). Pembelajaran pendidikan jasmani model cooperative learning tipe jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar ranah kognitif. Proceedings of International, 4(3).
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter peserta didik. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37.
Karwadi. (2022). Pendidikan Islam ideal menurut Harun Nasution. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 1–14. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.4178
Kulsum, U., & Muhid, A. (2022). Pendidikan karakter melalui Pendidikan Agama Islam di era revolusi digital. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 12(2), 157–170. https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2287
Lubis, N. A. (2016). Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. As-Salam, 1(1), 67–84.
Mardatillah, O., Wardah, Q., & Gusmaneli. (2025). Implikasi dasar dan landasan pendidikan Islam terhadap pengembangan kurikulum dan pembelajaran. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan, 2(1), 144–149.
Nahar, S. (2009). Standar kompetensi kepribadian guru.
Octavia, A. A., & Winarto, A. (2023). Internalisasi profil pelajar Pancasila dalam upaya penguatan pendidikan karakter di lembaga pendidikan. Al-Rabwah: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(1), 17–26. https://jurnal.staiskutim.ac.id/index.php/al-rabwah/
Ponimin, Rumainah, & Aisyah, S. (2025). Strategi modelling the way dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan dalam melakukan sholat wajib pada siswa kelas 3 SDN 80/I Muara Bulian. Islamika, 7(1), 79–92. https://doi.org/10.36088/islamika.v7i1.5474
Rozak, A. A. A., Muna, N., & Dahlia. (2025). Manajemen peserta didik dalam meningkatkan minat belajar siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Ma’arif Ma’ahidul ‘Irfan Bandongan. Jurnal Tahsinia, 6(3), 434–448.
Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran guru dalam mewujudkan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163.
Siswanto, S., Nurmal, I., & Budin, S. (2021). Penanaman karakter religius melalui metode pembiasaan. Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2627
Thalib, M. A. (2022). Pelatihan analisis data model Miles dan Huberman untuk riset akuntansi budaya. Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 5(1), 23–33. https://doi.org/10.30603/md.v5i1.2581
Yufarika, S. D. A., Supriyatno, T., & Zuhriyah, I. A. (2025). Strategi pembentukan karakter religius di Madrasah Ibtidaiyah SDA. Al-Madrasah, 9(2), 552–573. https://doi.org/10.35931/am.v9i2.4852
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Alfan Rizqi, Nanang Budianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.