Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kinerja Guru PAI di SMK Plus Al-Mujahidi
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i2.7348Keywords:
Kepala Sekolah , Kinerja Guru PAI, Sekolah Menengah Kejuruan, supervisorAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap secara mendalam peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Al-Mujahidi. Pendekatan kualitatif yang berupa studi kasus diterapkan untuk menyelidiki dinamika supervisi yang terjadi, dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik supervisi yang dijalankan masih bersifat administratif dan belum menyentuh aspek pedagogik serta pengembangan profesional guru secara menyeluruh. Supervisi dilakukan secara berkala namun cenderung minim umpan balik konstruktif yang mampu mendorong refleksi dan inovasi dalam pembelajaran PAI. Ditemukan pula bahwa kendala utama terletak pada pemahaman supervisi yang masih bersifat formalitas, keterbatasan sumber daya, dan belum terbangunnya budaya supervisi kolaboratif. Penelitian ini merekomendasikan perlunya transformasi pendekatan supervisi kepala sekolah menuju model yang lebih partisipatif dan kontekstual, khususnya di sekolah kejuruan berbasis keagamaan di pedesaan, agar dapat menjawab kebutuhan pembelajaran PAI yang sarat dengan nilai moral dan spiritual. Temuan ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis bagi pengembangan model supervisi yang lebih aplikatif dan berdampak pada peningkatan mutu pembelajaran.
References
Ajepri, F., Vienti, O., & Rusmiyati, R. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Mindset: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 12(01), 130–149. https://doi.org/10.58561/mindset.v1i2.53
Ansori Firdaus, M. I., & Sutarasih, C. (2020). Implementasi Teknik Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran. Jurnal Administrasi Pendidikan, 17(1), 1–10. https://doi.org/10.17509/jap.v27i1.24371
ASTUTI, A. (2019). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 62–68. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v5i1.79
Kamaludin, Widodo, J., Handoyo, E., & Masyhar, A. (2020). Kewenangan Supervisi Akademik Dalam Perbaikan Pembelajaran Berkelanjutan. Prosiding Seminar …, 2019, 916–927. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/685/605
Nilda, N., Hifza, H., & Ubabuddin, U. (2021). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 11–18. https://doi.org/10.54069/attadrib.v3i1.160
Nurjaman, A. (2023). Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di SMA IT Nurul. UNISAN, 3(02), 188–200.
Opidianto, M. (2025). Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Majalah Lontar, 36(2), 103–109. https://doi.org/10.26877/jml.v36i2.14494
Rawung, R. K. S., Rawis, J. A. ., Wullur, M. M., & Rotty, V. N. J. (2021). Indikator Tantangan Efektivitas Supervisi Instruksional Kepala Sekolah. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(2), 41. https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i2.115417
Saputra, M. R., Kuntarto, E., & Sholeh, M. (2025). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 185–200. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.24054
Siregar, W., Lubis, M. J., & Darwin, D. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Manajemen Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3867–3874. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2766
Syafri. (2020). Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Indonesia Journal Of Islamic Educational Manajement, 3(2), 65–81. http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v3i2.8140
Zaidan, Melita Andriani, K., Maysela Azzahra, I., & Satria Wiranata, R. R. (2021). Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik di SD Negeri 1 Kangkung OKU Timur. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 104–116. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i1.140
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Nufal Nur Azizi, Nanang Budianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.