Efektivitas Strategi Pembelajaran Ekspositori Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMPN 6 Alla Kabupaten Enrekang
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i2.7363Keywords:
Pembelajaran Ekspositori, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini mengkaji efektivitas strategi pembelajaran ekspositori terhadap motivasi belajar siswa kelas VII mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 6 Alla, Kecamatan Curio, Kabupaten Enrekang. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas strategi pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 6 Alla, Kecamatan Curio, Kabupaten Enrekang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe one-group pretest-posttest. Penelitian ini melibatkan 25 siswa sebagai subjek penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one-group pretest-posttest. Analisis data menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII mata pelajaran PAI pasca penerapan strategi pembelajaran ekspositori yang signifikan secara statistik. Skor rata-rata pretest (M = 36,92) meningkat secara signifikan (p < 0,05) menjadi 63,04 pada posttest. Besarnya peningkatan tersebut, sebagaimana diukur dengan normalized gain (N-Gain), mencapai 0,41, yang mengindikasikan peningkatan sedang. Hasil uji-t (t = 14,269; p < 0,05) mendukung penolakan hipotesis nol dan penerimaan hipotesis alternatif, yang menyatakan adanya pengaruh signifikan strategi pembelajaran ekspositori terhadap motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada keenam indikator motivasi belajar yang diteliti: hasrat berprestasi, dorongan internal untuk belajar, orientasi masa depan, apresiasi terhadap pembelajaran, minat pada aktivitas belajar, dan persepsi terhadap lingkungan belajar yang kondusif. Temuan ini mendukung kesimpulan bahwa strategi pembelajaran ekspositori terbukti efektif meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, berdampak positif pada aspek afektif dan kognitif proses pembelajaran.
References
Aisyah, N., & Fitriyah, N. (2024). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa. Journal of Education Research, 5(1), 301–313. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.770
Ariani, N. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Aryati, A. (2023). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Surabaya: PT. Bumi Aksara.
Azzahra, A. H., & Gusmaneli, G. (2025). Implementasi Strategi Pembelajaran Ekspositori dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 3(3), 155–169. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/jmpai.v3i3.1100
Hidayatullah, M., & Sholihah, H. (2023). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih melalui Strategi Ekspositori di MI Tarbiyatul Khairat Semarang. Jurnal Ilmiah Sultan Agung, 2(2), 200–211.
Indonesia, R. (2018). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kresna Bina Insan Prima.
Irmayanti, E., Surindra, B., Prastyaningtyas, E. W., & Ayatik, T. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Ekspositori Untuk Meningkatkan Motivasi, Keaktifan, Kemampuan Memecahkan Masalah, Kolaborasi, Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Lesson Study. Efektor, 6(2), 165–172. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/e.v6i2.13754
Magdalena, I., Anggita, A. D., Aulia, N., & Fadiniyah, Q. (2023). Implementasi Strategi Pembelajaran Ekspositori Di Kelas 3 SDN Sukatani VI Kota Tangerang. Seroja : Jurnal Pendidikan, 3(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.572349/seroja.v2i1.236
Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
Nirwana, H. (2022). Studi Literatur: Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 350–359. https://doi.org/https://doi.org/10.56480/eductum.v1i2.767
Rahman, M. R., Syahid, A., Setiawati, N., Nurlaelah, N., & Surani, S. (2025). Penerapan Model Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar PAI di SMPN 1 Takkalalla. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 17(1), 313–322. https://doi.org/https://doi.org/10.47435/al-qalam.v17i1.3866
Ristanti, O., Suri, A., Choirrudin, C., & Dinanti, L. K. (2020). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Telaah Terhadap UU No. 20 Tahun 2003. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 152–159. https://doi.org/https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i2.2826
Sanjari, J. (2025). Strategi Pembelajaran Ekspositori Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Pada Pelajaran PAI Di SDN Gunung Koneng Kota Tasikmalaya. HASBUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 108–128. https://doi.org/https://doi.org/10.70143/hasbuna.v6i1.487
Sari, M., & Nucifera, P. (2023). Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Ekspositori dan Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Teks Cerita. Hortatori: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 70–78. https://doi.org/https://doi.org/10.30998/jh.v7i1.1221
Suwartini, S. (2019). Efektivitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Ekspositori Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas I SD Negeri 4 Barenglor. Jurnal Pendidikan Modern, 4(2), 29–37. https://doi.org/https://doi.org/10.37471/jpm.v4i2.18
Syihbudi, R., Nurlaelah, N., & Ismail, M. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta Didik. Mujaddid: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Islam, 2(1), 78–90. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.795
Wulandari, S., Bunyamin, A., & Surani, S. (2023). Efektivitas Strategi Pembelajaran Ekspositori Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Mujaddid: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Islam, 1(2), 110–120. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.410
Mira, M., Nurdin, K., & Yamin, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Powtoon pada Mata Pelajaran Akidah Ahlak di Kelas VIII MTs Muhammadiyah Balebo. Jurnal Pendidikan Refleksi, 13(1), 25-38.
Yamin, M., Ismail, I., & Rodiyah, S. (2025). Pengembangan E-Modul Interaktif pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMPN 3 Palopo. ISLAMIKA, 7(2), 309-324.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Nurhalisa Aripin, Subaedah Subaedah, Abdul Wahab, Nurlaelah Nurlaelah, Akhmad Syahid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.