Pengaruh Meaningful Instructional Design Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Qur’an Hadits
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i2.7389Keywords:
MID, MEANINGFUL INTRUCTIONAL DESIGN, KEMAMPUAN KOGNITIF, SISWA MI, QURAN HADIST, PEMBELAJARAN BERMAKNAAbstract
Penelitian ini mengkaji bagaimana keterampilan kognitif siswa madrasah ibtidaiyah dalam mempelajari Al- Qur'an Hadits dipengaruhi oleh pendekatan Meaningful Instructional Design (MID). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan kognitif siswa akibat penggunaan metode konvensional yang kurang bermakna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan MID terhadap peningkatan kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran Qur'an Hadits.taum Desain quasi- eksperimental dengan kelompok kontrol non-ekuivalen digunakan dalam penelitian ini, yang melibatkan 34 siswa kelas V MI Masholihul Huda Krapyak. Data pre-tes dan pos-tes dikumpulkan, dan statistik deskriptif, uji-t Welch, dan skor N-Gain digunakan untuk analisis. Skor rata-rata pre-tes kelompok eksperimen adalah 88,24, yang menunjukkan perbedaan substansial dalam kapasitas kognitif dibandingkan dengan skor kelompok kontrol sebesar 73,18. Telah dibuktikan bahwa MID berhasil meningkatkan hasil kognitif dan menawarkan pengalaman pendidikan yang lebih terlibat, introspektif, dan bertujuan.
References
Azis, A. A. (2021). Pengaruh metode meaningful instructional design (MID) terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Qur'an hadist kelas X di MAN 1 Kudus. Journal IKLILA: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 4(1), 1–29. https://ejournal.iaikhozin.ac.id/ojs/index.php/iklila/article/view/49/28
Ba'bud, S. (2024). Pengaruh penerapan metode hafalan dalam pembelajaran Al-Qur'an hadits terhadap minat belajar siswa di MA Al-Islamiyah Kebayoran Lama. Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir, 2, 179–194. https://jurnal.iaijamiatkheir.ac.id/index.php/jtjk/article/view/32
Bahrudin. (2019). Strategi pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam pembinaan keagamaan siswa SMA Negeri 1 Seberida [Thesis]. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. https://repository.uin-suska.ac.id/49389/
Bransford, J. D. (2000). How people learn: Brain, mind, experience, and school (Expanded ed.). National Academy Press. https://doi.org/10.17226/9853
Hidayah, N. (2024). Penggunaan metode pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan penghayatan siswa terhadap nilai-nilai Islam di MI Alkhairaat Smoker Nabire Papua Tengah. EduSpirit: Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 449–455. https://journal.makwafoundation.org/index.php/eduspirit/article/view/1216
Krathwohl, D. R. (2008). A revision of Bloom's taxonomy: An overview. Theory Into Practice, 41(4), 212–218. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4104_2
Man, G., & Bone, K. (2019). Keunggulan media audiovisual dalam pembelajaran Al-Quran hadis di MAN 1 Bone. Al-Qayyimah, 2(1), 43–59. https://doi.org/10.30863/aqym.v2i1.597
Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa: Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Mufidah, L. L. N. (2020). Evaluasi ranah afektif pembelajaran pendidikan agama Islam dalam perspektif kurikulum 2013. AL-WIJDÃN: Journal of Islamic Education Studies, 5(1), 82–90. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v5i1.400
Mufidah, R. (2024). Implementasi metode pembelajaran interaktif Islam di kalangan pelajar SMA Integral Rahmatullah Tolitoli. Unisan Jurnal: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 3, 1–15. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2509
Nofmiyati, N., Miftahuddin, M., & Zatrahadi, M. F. (2023). Analisis partisipasi siswa dalam pembelajaran agama Islam: Analisis studi literatur. Jurnal Administrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.24014/japkp.v4i1.24983
Novak, J. D. (2010). Learning, creating, and using knowledge: Concept maps as facilitative tools in schools and corporations (2nd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203862001
Nurmarliana, F., & Abdullah, M. N. A. (2024). Keterampilan 4C sebagai strategi pengembangan kompetensi critical thinking Gen Z di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. SABANA: Jurnal Sosiologi, Antropologi, Dan Budaya Nusantara, 3(1), 66–71. https://doi.org/10.55123/sabana.v3i1.3299
Putra, F. G. (2024). Effectiveness of meaningful instructional design in improving students' mathematical skills. Journal of Physical Education and Sports, 3(2), 64–65. https://doi.org/10.53898/jpes2024325
Sari, I. (2023). Pembelajaran pendidikan agama Islam bermakna [Thesis]. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59536/
Setiawan, L. P., Sumarna, E., & Subakti, G. E. (2024). Efektivitas metode pembelajaran Al-Qur'an dalam meningkatkan pemahaman keberagamaan siswa (Studi deskriptif: SMA IT As-Syifa Boarding School Wanareja). Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 7(2), 186–195. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/ummatanwasathan/article/view/6259
Setiawati, W., Asmira, O., & Ariyana, Y. (2016). Penilaian berorientasi higher order thinking skills [Modul belajar mandiri]. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. https://kimiaindah.wordpress.com/wp-content/uploads/2019/11/buku-penilaian-hots.pdf
Supiarmo, M. G. (2024). Internalisasi nilai-nilai Islam terhadap siswa sekolah dasar melalui pembelajaran matematika terintegrasi Al-Qur'an. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), 124–133. https://doi.org/10.32505/lentera.v6i2.9273
Suriadi, S., Supriyatno, T., & Walid, M. (2020). Implementasi pendekatan contextual teaching and learning pada pembelajaran Qur'an hadist. Educative: Journal of Educational Studies, 5(1), 78–95. https://doi.org/10.30983/educative.v5i1.3181
Syaifuddin, R., & Sholikha, R. A. (2024). Analisis pembelajaran Al-Qur'an dan hadis berbasis kurikulum merdeka di madrasah ibtidaiyah: Implementasi pembelajaran abad 21. Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(2), 517–535. https://doi.org/10.51729/92805
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Fayyadl Rizieq, Eka Setya Budi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.