Integrasi Metode Tradisional dan Modern Dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pesantren Fatihul Ulum Al Mahfudz Manggisan Tanggul

Authors

  • Maulana Malik Ibrahim Universitas Al falah Assuniyyah, Indonesia
  • Mukhsin Universitas Al Falah As Sunniyah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i2.7434

Keywords:

Kitab kuning, metode tradisional, metode modern, pesantren, ntegrasi pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi integrasi metode tradisional dan modern dalam pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Fatihul Ulum Al Mahfudz, Manggisan, Tanggul. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, data diperoleh melalui observasi dan wawancara mendalam dengan ustadz dan santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesantren ini berhasil menyinergikan metode tradisional seperti sorogan, bandongan, dan musyawarah dengan metode modern seperti study teks dan ceramah berbasis problem solving. Integrasi ini memperkuat pemahaman santri terhadap teks klasik Islam sekaligus meningkatkan keterampilan abad 21 melalui pemanfaatan teknologi informasi, aplikasi digital, dan penguatan kurikulum komprehensif. Strategi pembelajaran yang diterapkan terbukti mampu mempertahankan nilai-nilai keilmuan pesantren salaf sekaligus menjawab tantangan pendidikan modern. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan model pendidikan pesantren yang kontekstual, adaptif, dan berdaya saing.

References

Abbas, M. H. (2023). Peningkatan literasi teknologi demi penguatan industri kreatif di pondok pesantren. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 3(2), 1951–1957. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/690/542

Azzahra, A. H. (2025). Implementasi strategi pembelajaran ekspositori dalam pendidikan agama Islam. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 3(3), 155–169. https://doi.org/10.61132/jmpai.v3i3.1100

El-Yunusi, M. Y. (2023). Eksistensi kurikulum pesantren sebagai sub sistem pendidikan nasional (Konteks kasus Pondok Modern Gontor Ponorogo). Jurnal Kependidikan Islam, 13(1), 30–43. https://doi.org/10.15642/jkpi.2023.13.1.30-43

Fikri, A. M. (2025). Manajemen pembelajaran kitab kuning dalam rangka membina karakter santri di pesantren. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(1), 1–15. https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12816

Hadi, M. S. (2022). Pembelajaran Fathul Qorib berbasis masalah melalui forum syawir (musyawarah) di Pondok Pesantren Denanyar Jombang. Risâlah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(2), 473–489. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.266

Hamzah, S. A. (2023). Analisis model pendidikan pondok pesantren modern dan sekolah Islam terpadu. Journal of Islamic Education Leadership, 3(1), 69–86. https://doi.org/10.30984/jmpi.v3i1.527

Hanani, N. A. (2020). Pembelajaran bahasa Arab kontemporer: Konstruksi metodologis pembelajaran bahasa Arab berbasis komunikatif-sosiolinguistik. CV Cendekia Press. https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/jmpi/article/view/527

Humam, M. S. (2025). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan keterampilan kritikal siswa di era modern. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(1), 262–281. https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i1.3592

Muzayaroh, A. (2021). Penguatan pendidikan agama dan karakter dasar di Madrasah Diniyah Ali Maksum Yogyakarta. Millah: Journal of Religious Studies, 20(2), 245–274. https://doi.org/10.20885/millah.vol20.iss2.art3

Nugroho, S. S. (2020). Identifikasi faktor penyebab perilaku bullying di pesantren: Sebuah studi kasus. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 17(2), 1–14. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2020.vol17(2).5212

Nurseha, A. (2022). Penggunaan metode sorogan dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur'an. Jurnal Keislaman, 5(2), 186–195. https://doi.org/10.54298/jk.v5i2.3440

Paramansyah, A. (2022). Karakteristik pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren. As-Syar'i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 4(2), 221–247. https://doi.org/10.47467/as.v4i2.1101

Roji, B. S. (2024). Implementasi metode pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan santri memahami kitab kuning. Translitera: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 13(1), 81–89. https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/translitera/article/download/3641/1856

Safarudin, R. E. (2023). Penelitian kualitatif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9680–9694. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1536

Saiful, S. (2022). Metode pembelajaran di pesantren tradisional. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 9(1), 85–96. https://doi.org/10.37598/pjpp.v9i1,%20April.1327

Siregar, R. F. (2024). Penggunaan metode ceramah interaktif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang akhlak mulia di RA Nur Faijah Pandan. EduSpirit: Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 1(1), 802–807. https://journal.makwafoundation.org/index.php/eduspirit/article/view/1235/807

Sulistyawan, G. D. (2025). Menganalisa pembelajaran IPS tradisional dan modern dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 di SD Negeri 2 Semedo Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(4), 419–429. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i4.8642

Syarifah, S. (2023). Metode pembelajaran kitab kuning di MMA Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 199–213. http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2680

Takdir, M. (2018). Modernisasi kurikulum pesantren. IRCiSoD. http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2680

Downloads

Published

2025-07-28

Citation Check